Jelang Penuaan dengan Pendengaran yang Lebih Baik
Pendengaran

Jelang Penuaan dengan Pendengaran yang Lebih Baik

No ratings yet.

Menurut Columbia University Irving Medical Center (pusat medis terkemuka dari Columbia), beberapa manfaat paling umum dari penuaan, termasuk penerimaan yang lebih baik terhadap diri sendiri dan orang lain, kebijaksanaan dari pengalaman hidup, dan dorongan yang lebih kuat untuk berhubungan dengan orang lain. Termasuk pendengaran yang lebih baik.

Ada satu keputusan penting yang dapat Anda ambil dan secara signifikan mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan: Periksakan pendengaran Anda secara berkala dan segera atasi segala gangguan pendengaran yang mungkin Anda alami. Inilah alasan mengapa pendengaran yang lebih baik selalu dibutuhkan, bahkan ketika menjelang usia lanjut.

Pendengaran yang baik dapat membantu Anda tetap terhubung dengan orang yang berada di sekitar Anda, menjaga kualitas hidup Anda, dan mencegah masalah kesehatan lainnya terkait dengan gangguan pendengaran, seperti risiko demensia dan isolasi sosial. Dengan mengambil langkah-langkah sederhana seperti mengikuti tes pendengaran secara berkala dan menggunakan alat bantu dengar jika diperlukan, Anda dapat menjaga pendengaran Anda dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dalam kehidupan Anda.

1. Membantu Tetap Bersosialisasi

Seberapa pentingkah tetap bersosialisasi seiring bertambahnya usia? Sangat penting. National Institute on Aging (lembaga penelitian yang berfokus pada masalah penuaan dan kesehatan orang tua di Amerika Serikat) mengatakan penelitian telah menghubungkan antara isolasi sosial dan kesepian dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, depresi, penurunan kognitif, dan masalah kesehatan lainnya.

Dapat mendengar melalui alat bantu dengar adalah  sekutu terbesar Anda untuk tetap terhubung dengan orang lain. Hal ini memungkinkan Anda untuk terus berpartisipasi dalam percakapan, membuat rencana dengan orang lain, pergi ke restoran atau pertemuan keluarga, dan banyak lagi.

Dan jika Anda berasumsi bahwa, mereka yang menikmati hubungan sosial cenderung hidup lebih lama — ya, Anda tidak salah.

2. Membantu Pikiran Tetap Tajam

Mempelajari keterampilan baru, menekuni hobi, dan menjaga hubungan sosial adalah beberapa cara agar otak Anda tetap peka dan menikmati hidup seiring bertambahnya usia. Namun ketika Anda mengalami gangguan pendengaran, otak Anda menghabiskan terlalu banyak energi untuk mencoba memproses apa yang didengarnya, sehingga mengurangi energi yang digunakan untuk berpikir dan mengingat. Hal inilah yang dapat menyebabkan demensia ( penurunan daya ingat dan berpikir).

Tahukah Anda bahwa gangguan pendengaran sebenarnya merupakan faktor risiko demensia terbesar? Menurut Lancet Commission on Dementia Prevention, Intervention and Care. Gangguan pendengaran dapat ditangani melalui perawatan seperti alat bantu dengar.

3. Membantu Mempertahankan Aktivitas Fisik

Bukan rahasia lagi bahwa aktivitas fisik  seperti berolahraga hingga berkebun dapat memberikan banyak manfaat seiring bertambahnya usia. Tidak hanya dapat mencegah atau menunda potensi masalah kesehatan, tetapi juga membantu memperkuat otot sehingga kita tetap dapat beraktivitas.

Pendengaran yang lebih baik mendukung hal ini dengan menjaga kita tetap aman saat kita beraktivitas. Melalui alat bantu dengar, kita mendapatkan kesadaran yang lebih besar terhadap lingkungan sekitar, dan dukungan untuk keseimbangan dan gaya berjalan kita.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa pendengaran yang lebih baik membuat kita dua kali lebih kecil kemungkinannya mengalami cedera yang tidak disengaja dan tiga kali lebih kecil kemungkinannya untuk terjatuh dibandingkan mereka yang mengalami gangguan pendengaran yang tidak diatasi.

4. Membantu Tetap Waspada dan Mandiri

Pendengaran yang baik berperan besar dalam membantu kita merasa percaya diri dan aman saat beraktivitas di luar rumah (sendirian atau bersama orang lain) adalah suatu kebanggaan besar dalam kualitas hidup seiring bertambahnya usia.

Pertama, pendengaran yang lebih baik membuka kesadaran spasial Anda, sehingga Anda dapat membedakan dan bereaksi terhadap isyarat suara (seperti klakson mobil dan alarm  kebakaran ) yang memperingatkan bahaya keselamatan.

Kedua, mengatasi gangguan pendengaran melalui alat bantu dengar membuat Anda tidak terlalu bergantung pada orang lain untuk “menerjemahkan” atau memperjelas apa yang Anda dengar.

5. Meningkatkan Kegembiraan

Tidak ada yang mewarnai kehidupan seperti suara. Hal ini membuat setiap momen terasa lebih indah, mulai dari dialog pertama (dan mungkin satu-satunya) cucu Anda memasuki tahap sekolah, hingga pemanggilan nama mereka dari panggung saat tahap kelulusan. Bahkan dalam contoh kecil kicauan burung atau ombak yang menerpa di sekitar Anda. Anda tidak perlu bekerja keras untuk “mencapai” kebahagiaan seiring bertambahnya usia, karena dengan pendengaran yang lebih baik, kebahagiaan ada di sekitar Anda.

Intinya: Memilih untuk mengatasi gangguan pendengaran Anda berarti memilih kesehatan dan kebahagiaan untuk masa depan Anda.

Menguji Pendengaran itu Mudah

Tes pendengaran tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan tes pendengaran bisa saja gratis. Dan jika ternyata Anda memang mengalami gangguan pendengaran, audiologis atau konsultan pendengaran dapat memeriksa, mengukur, dan berkonsultasi dengan Anda mengenai pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber:
https://www.starkey.com/blog/articles/2023/09/tips-for-aging-healthy

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.