4 Lingkungan Berpotensi Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran
Gangguan Pendengaran

4 Lingkungan Berpotensi Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, gangguan pendengaran merupakan kondisi kesehatan kronis paling umum ketiga yang dihadapi oleh orang dewasa. Satu dari empat orang dewasa mengalami gangguan pendengaran karena kebisingan. Maka dari itu, Anda harus lebih waspada terhadap suara-suara yang Anda temui setiap hari untuk menjaga kesehatan pendengaran agar tetap dalam kondisi yang baik.

Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dapat disebabkan oleh paparan suara singkat dan intens – yang dikenal sebagai suara “impuls” – atau oleh paparan suara keras dalam jangka waktu yang lama.

Tingkat kekerasan suara diukur dalam desibel (dB). Suara 85dB keatas dianggap berbahaya. Jika Anda terpapar suara tersebut dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Semakin keras suara, semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk merusak pendengaran Anda

Lingkungan Penyebab Gangguan Pendengaran

Kebanyakan dari kita tentunya tahu dan sadar saat kita berada di tempat yang sangat berisik. Konser indoor, misalnya. Di sebelah landasan pacu bandara. Tempat olahraga paling luas. Arena latihan tembak. Membatasi paparan dan menggunakan pelindung pendengaran selalu disarankan di lingkungan yang penuh dengan kebisingan ini.

Lingkungan yang Tidak Terlalu Bising Namun Berpotensi Menjadi Penyebab Gangguan Pendengaran

Beberapa tempat lain yang tidak terlalu berisik, ternyata masih dapat menjadi penyebab gangguan pendengaran karena kebisingan. Dan banyak dari tempat-tempat ini merupakan lingkungan yang sering kita kunjungi.

Lingkungan Perkotaan yang Sibuk

Jika Anda tinggal atau bekerja di kota, Anda akan mudah terpapar kebisingan yang lebih keras dari 85 dB. Suara sirine polisi dan ambulans adalah penyebab gangguan pendengaran paling umum. 

Tempat Kerja

Faktanya, hampir satu dari lima pekerja industri mengalami gangguan pendengaran karena terpapar kebisingan di tempat kerja yang berbahaya. Pekerjaan seperti konstruksi atau di transportasi umum dapat membuat pendengaran rusak secara perlahan. Bahkan seorang musisi klasik juga dapat mengalami gangguan pendengaran karena terpapar suara musik dengan tingkat desibel yang terlalu tinggi dan dalam waktu yang terlalu lama.

Bagaimana solusinya? Gunakan pelindung pendengaran yang tepat, seperti penutup telinga atau ear plug khusus pekerjaan industri, dan cobalah untuk membatasi paparan kebisingan keras saat di luar hari kerja.

Restoran

Survey dari Zagat and Consumer Reports menemukan bahwa kebisingan yang berlebihan merupakan salah satu keluhan utama dari pengunjung di restoran. Tercatat tingkat kebisingan yang direkam mulai dari 80 dB di bar saat makan malam, kebisingan hingga 86 dB di food court saat makan siang, dan hingga 90 dB di pub minuman tempat orang biasa berpesta semalaman.

Ingatlah selalu hal ini : jika Anda perlu berteriak agar orang di seberang meja dapat mendengar yang Anda katakan, kemungkinan besar lingkungan sekitar Anda terlalu berisik.

Taman Belakang Rumah

Mesin pemotong rumput, gergaji listrik untuk perbaikan rumah, dan mesin blower dapat membuat Anda terpapar kebisingan hingga 100 dB. Pastikan untuk mengenakan peralatan pelindung pendengaran, baik saat Anda sedang mendorong mesin pemotong rumput atau menggergaji kayu. 

Gangguan Pendengaran Karena Kebisingan Dapat Dicegah

Kabar baiknya adalah gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan dapat dicegah. Namun semua kembali lagi kepada diri Anda sendiri. Apakah Anda ingin melindungi pendengaran dengan membatasi paparan suara keras? Jika iya, gunakan alat pelindung pendengaran dan kunjungi tempat yang lebih tenang saat Anda sedang tidak bekerja.

Tidak yakin bagaimana mengukur kebisingan di sekitar Anda? Gunakan aplikasi SoundCheck Hearing, Anda dapat menggunakan smartphone untuk memeriksa tingkat kebisingan di lingkungan manapun secara real time.

Dan jika Anda khawatir akan kesehatan pendengaran Anda maupun orang-orang terdekat, kami dapat membantu. Cukup hubungi 0800-100-2234 atau klik disini. Kami akan menghubungkan Anda dengan ahli kesehatan pendengaran berpengalaman terdekat yang dapat menjawab semua pertanyaan Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/10/everyday-loud-places

Please rate this

and share :