Presbikusis : Memahami Gangguan Pendengaran Terkait Usia
Gangguan Pendengaran

Presbikusis : Memahami Gangguan Pendengaran Terkait Usia

No ratings yet.

Jika seorang profesional kesehatan pendengaran mendiagnosis Anda dengan presbikusis, bisa jadi saat ini usia Anda sudah tidak lagi muda. Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders, sekitar sepertiga dari lansia yang berusia antara 65 dan 70 memiliki beberapa tingkat gangguan pendengaran. Dan sekitar setengah dari semua orang yang berusia 75 dan lebih tua memiliki gangguan pendengaran.

Apa Itu Presbikusis

Secara medis, presbikusis adalah sejenis gangguan pendengaran sensorineural yang terjadi seiring bertambahnya usia. Sebagian besar, presbikusis biasanya terjadi secara bertahap selama kurun waktu bertahun-tahun. Kondisi ini biasanya mempengaruhi kedua telinga secara bersamaan (dikenal sebagai “kehilangan pendengaran bilateral”). Hal ini terjadi karena perubahan yang berkaitan dengan usia pada telinga bagian dalam dan di sepanjang jalur saraf pendengaran ke otak.

Sebagian besar perubahan ini terkait dengan kesehatan sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalam yang membantu kita mendengar. Sel-sel rambut ini menerjemahkan gelombang suara yang dikumpulkan telinga dan menerjemahkannya menjadi sinyal listrik. Kemudian akan ditafsirkan oleh otak sebagai suara yang dapat dikenali. Karena sel-sel rambut tidak beregenerasi atau tumbuh kembali, gangguan pendengaran yang kita alami sebagai akibat dari kerusakan ini bersifat permanen.

Faktor-faktor lain yang dapat berkontribusi pada presbikusis meliputi :

  • Faktor keturunan seperti neural presbycusis.
  • Kondisi medis tertentu yang mempengaruhi suplai darah ke telinga tengah. Seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes dan masalah peredaran darah lainnya.
  • Obat ototoksik, yaitu obat yang dapat mempengaruhi pendengaran. Misalnya, efek samping dari obat-obatan tertentu. Seperti aspirin dan antibiotik, dapat berdampak negatif pada pendengaran Anda.
  • Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan (NIHL). Paparan yang terlalu lama pada kebisingan yang berlebihan di tempat kerja, di rumah atau selama aktivitas santai dapat menyebabkan gangguan pendengaran jenis ini.

Gejala Presbikusis

Karena presbikusis terjadi secara bertahap, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka mengalami kesulitan mendengar. Jika Anda lebih tua dan memiliki masalah pendengaran, berikut adalah beberapa gejala yang menunjukkan Anda mungkin menderita presbikusis :

  • Orang lain tampaknya sedang bergumam dan bahasa mereka sulit dipahami.
  • Percakapan sulit dipahami, terutama ketika ada kebisingan latar belakang.
  • Suara-suara tertentu tampak terlalu keras atau mengganggu.
  • Anda mengalami kesulitan mendengar suara bernada tinggi, seperti dering telepon atau kicau burung.
  • Suara pria lebih mudah dipahami daripada suara wanita.
  • Anda mengalami bunyi dering, berdengung atau mendesis di salah satu atau kedua telinga Anda, juga dikenal sebagai tinitus, yang tidak akan hilang.

Cara Mendiagnosa Presbikusis

Jika salah satu gejala diatas mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendengar, buatlah janji untuk bertemu dengan seorang profesional kesehatan pendengaran sesegera mungkin untuk evaluasi pendengaran. Hasil evaluasi ini akan membantu menentukan penyebab dan tingkat gangguan pendengaran Anda, serta solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Pengobatan Untuk Presbikusis

Seperti kebanyakan tipe gangguan pendengaran sensorineural, tidak ada obat untuk presbikusis. Namun, untungnya, sebagian besar kasus gangguan pendengaran sensorineural dapat diobati.

  • Alat bantu dengar. Mereka yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang dapat mengambil manfaat dari memakai alat bantu dengar. Setelah evaluasi pendengaran menyeluruh, seorang profesional kesehatan pendengaran akan merekomendasikan alat bantu dengar sesuai dengan tingkat keparahan gangguan pendengaran, preferensi gaya hidup dan anggaran.
  • Implan koklea. Jika Anda didiagnosis menderita gangguan pendengaran yang parah atau sangat parah, Anda dapat memanfaatkan implan koklea. Perangkat medis ini ditanamkan secara operasi di belakang telinga Anda untuk membantu mendeteksi suara dan memahami ucapan.
  • Perangkat bantu dengar (ALD). Teknologi tersedia untuk memperkuat suara dari televisi, telepon, dan perangkat elektronik pribadi Anda. ALD dapat digunakan dengan atau tanpa alat bantu dengar, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda.

Cara Mendapatkan Bantuan Untuk Presbikusis

Kuncinya adalah melakukan evaluasi pendengaran dan mengikuti kursus perawatan yang direkomendasikan jika Anda didiagnosis dengan gangguan pendengaran. Untuk daftar profesional kesehatan pendengaran di komunitas Anda, bersama dengan ulasan pasien otentik, penanganan dengan penggunaan alat bantu dengar, Anda dapat mengunjungi website kami di sini, atau menghubungi no layanan yang kami sediakan 0800-100-2234.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52510-Presbycusis-understanding-age-related-hearing-loss

Please rate this

and share :