Mengenal gejala gangguan pendengaran
Gangguan Pendengaran

Mengenal Gejala Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Gangguan pendengaran dapat bermanifestasi dalam berbagai cara. Tergantung pada tingkat atau keparahan gangguan pendengaran. Gejala dapat berkisar dari kesulitan sesekali memahami kata-kata hingga ketidakmampuan untuk berkomunikasi dengan orang lain serta isolasi sosial. Pelajari gejala-gejala gangguan pendengaran sehingga Anda mengetahui kapan harus mencari bantuan.

Gejala Umum Gangguan Pendengaran

Mendengarkan televisi atau radio dengan volume tinggi

Ketika seseorang di sekitar Anda mulai mendengarkan televisi atau radio dengan volume tinggi, bisa jadi, pada saat itu fungsi pendengarannya sudah mulai menurun atau terganggu sehingga penerimaan terhadap suara sudah tidak seperti sedia kala.

Terganggunya Pemahaman masalah bicara, terutama di lingkungan yang bising

Tempat bising memang cenderung mengaburkan suara utama yang bisa kita tangkap secara normal. Namun bagi orang yang mulai menderita gejala gangguan pendengaran, hal ini terasa lebih sulit meskipun tingkat kebisingan yang terjadi di sekitarnya tidak terlalu tinggi.

Persepsi bahwa orang lain bergumam

Beberapa orang yang memiliki gejala awal gangguan pendengaran selalu memiliki kesimpulan bahwa orang yang menjadi lawan bicaranya sedang bergumam dan tidak memiliki artikulasi suara yang  jelas sehingga merasa kesulitan untuk menangkap setiap kata dari lawan bicaranya.

Kesulitan mendengar percakapan di telepon

Telepon merupakan alat komunikasi yang cara penggunaannya harus diletakkan di dekat telinga. Jika Anda sudah mulai tidak dapat mendengarkan suara secara jelas melalui telepon meskipun sudah didekatkan pada telinga, bisa jadi Anda sudah mulai terkena gejala gangguan pendengaran.

Sering meminta orang untuk mengulang

Ketika Anda sering merasa tidak bisa menangkap sebagian besar ucapan lawan bicara, secara tidak langsung Anda akan sering memintanya untuk mengulang. Waspadalah jika hal ini mulai terjadi.

Menghindari situasi sosial

Gejala selanjutnya dari gangguan pendengaran yang merupakan dampak dari sulitnya mendengarkan pembicaraan orang lain adalah kecenderungan untuk menghindari situasi sosial. Hal ini bisa terjadi, karena kita tidak dapat memahami pembicaraan orang lain sehingga kita cenderung menarik diri karena takut terjadi salah paham atau salah penafsiran.

Kelelahan setelah menghadiri acara sosial

Dalam sebuah situasi acara sosial, Anda akan selalu dikondisikan untuk bertemu dan menyapa banyak orang. Ketika Anda sudah mulai mengalami gangguan pendengaran, maka butuh usaha keras bagi Anda untuk dapat fokus menangkap pembicaraan orang di depan Anda. Akibatnya banyak energi yang Anda butuhkan, sehingga bisa saja Anda sering merasa lelah ketika acara telah berakhir.

Tinnitus, atau telinga berdering

Di banyak kasus, tinnitus sering dikaitkan dengan gangguan pendengaran. Bayangkan jika Anda selalu memiliki suara berdering di telinga secara terus menerus, tentu saja secara tidak langsung kemampuan mendengar Anda juga terganggu karena adanya suara berdering atau berdenging di telinga Anda menghilangkan suara utama yang ingin Anda dengar.

Sulit mendengarkan pembicaraan yang terlalu cepat

Pembicaraan yang cepat menuntut pemahaman dan pendengaran yang jelas. Biasanya seseorang yang pendengarannya terganggu akan kesulitan untuk menangkap pembicaraan yang cepat, karena kemampuan mereka untuk memahami sebuah pembicaraan juga menurun.

Seseorang mulai mengatakan bahwa pendengaran Anda terganggu

Ini merupakan tanda yang paling jelas, yang harus Anda waspadai. Ketika orang-orang di sekitar Anda mulai menangkap kesulitan Anda untuk mendengarkan sebuah pembicaraan, dan kemudian mebicarakan hal tersebut maka sudah saatnya Anda melakukan tes pendengaran dan mendatangi ahli perawatan pendengaran professional di kota Anda untuk mendapatkan sebuah solusi.

Kehilangan pendengaran sementara dan permanen

Umumnya sering disebabkan oleh paparan suara keras seperti menghadiri konser, suara tembakan atau kembang api, atau paparan pekerjaan.
Kehilangan pendengaran sementara ditandai dengan Pergeseran Ambang Sementara (TTS) dan sering disertai tinnitus. Hal ini biasanya dapat berlangsung hanya beberapa jam atau beberapa hari sebelum pendengaran kembali normal.

Tidak seperti kehilangan pendengaran sementara, kehilangan pendengaran permanen tidak dapat dibalik dan biasanya melibatkan kerusakan pada saraf pendengaran atau sel-sel rambut kecil dari telinga bagian dalam. Untuk kehilangan pendengaran yang paling permanen, solusi terbaik adalah alat bantu dengar yang dipasang dengan benar.

Langkah Selanjutnya

Sekarang setelah Anda mengetahui gejala-gejala gangguan pendengaran pada orang dewasa Anda dapat mulai mewaspadai jika salah satu gejala tersebut mulai Anda rasakan atau dirasakan oleh orang di sekitar Anda. Pada orang dewasa, gangguan pendengaran
seringkali dapat dimulai jauh sebelum gejala terlihat, dan kehilangan dapat berkembang perlahan seiring waktu.

Jika Anda mencurigai kehilangan pendengaran pada diri sendiri atau seseorang yang dekat dengan Anda, segera panggil seorang profesional perawatan pendengaran. Dapatkan tes pendengaran awal dan tindak lanjut setiap tahun untuk mencari perubahan di sini. Karena semakin cepat Anda mencari bantuan, maka semakin baik hasil yang akan Anda terima.

Sumber : https://www.starkey.com/improve-your-hearing/see-the-signs-of-hearing-loss

Please rate this

and share :