Kenali Hiperakusis dan Cara Penanganannya
Gangguan Pendengaran

Kenali Hiperakusis dan Cara Penanganannya

5/5 (4)

Hiperakusis didefinisikan sebagai sensitivitas abnormal terhadap suara yang menghasilkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Anda mungkin merasakan rasa penuh di telinga Anda atau sensasi berdebar. Satu telinga mungkin tidak seperti yang lain. Jika Anda mengalami pusing atau merasa tidak stabil, Anda mungkin menderita apa yang disebut  hiperacus vestibular . 

Sekitar sepertiga orang yang mendengar dering atau dengungan tinnitus juga menderita hiperakusis. Bagi mereka, suara dering di telinga mungkin terasa lebih buruk ketika mereka melewati mesin pemotong rumput atau mendengar suara keras lainnya.

Bagi orang yang mengalami rasa sakit, hiperakusis tampaknya bisa datang setiap saat. Setelah terkena suara keras baru, Anda mungkin merasa sakit setiap hari selama berhari-hari atau berminggu-minggu dipicu oleh berbagai suara. Rasa sakitnya bisa berupa sakit kepala yang terasa sangat berdenyut, atau seperti tikaman tajam di kepala.

Sensitivitas Kebisingan, Misofonia, dan Fonofobia

Hyperacusis adalah salah satu dari beberapa reaksi yang tidak biasa terhadap kebisingan, dan Anda kadang-kadang dapat mengalami lebih dari satu. Beberapa orang didiagnosis dengan “sensitivitas suara.” Lingkungan yang bising dapat membuat mereka sakit kepala atau membuat mereka lelah, bahkan jika tidak ada suara yang terlalu keras. Banyak orang dengan hyperacusis juga mengembangkan ketidaksukaan yang ekstrem untuk kebisingan tertentu, seperti mengunyah — masalah yang disebut “misofonia.” “Phonophobia” adalah ketakutan ekstrem akan suara keras.

Kehilangan Pendengaran dan Mengejutkan dengan Suara Keras

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, Anda mungkin juga kadang-kadang mendengar peningkatan mengejutkan dalam volume suara-suara tertentu. Anda mungkin memiliki apa yang dikenal sebagai rekrutmen pendengaran , yang berbeda dari hyperacusis dan umumnya tidak menyakitkan.  

Apa yang Menyebabkan Hiperakusis? 

Jika sinyal radio buruk, Anda dapat menaikkan volume untuk mengkompensasi. Demikian pula dengan sistem pendengaran otak. Anda dapat mengubah kontrol volumenya “naik” jika tidak merasa mendengar. Nama medis untuk fenomena ini adalah “perolehan pendengaran” —untuk mengimbangi kerusakan saraf yang menyebabkan informasi yang tidak lengkap. 

Penyebab hiperakusis meliputi:

  • polusi suara, seringkali terkait pekerjaan
  • cedera kepala
  • kerusakan pada satu atau kedua telinga karena obat atau racun
  • infeksi virus (Bell’s palsy) yang mempengaruhi telinga bagian dalam atau saraf wajah Anda.

Sebuah artikel di jurnal Noise & Health  melaporkan bahwa beberapa penyakit lebih umum daripada biasanya di antara orang-orang dengan hiperakusis — dan mungkin berbagi penyebab bersama akan memicu hiperakusis sebagai gejala. Penyebabnya termasuk depresi, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), gangguan sendi temporomandibular (TMJ), penyakit Lyme, penyakit Tay-Sachs, migrain, beberapa jenis epilepsi, sindrom kelelahan kronis, penyakit Meniere , dan gangguan spektrum autisme.

Pilihan Pengobatan Hiperakusis

Untuk mendiagnosis hyperacusis, audiolog dapat menguji tingkat kenyaringan ketika Anda merasa tidak nyaman. Tapi itu hanya akan menjadi salah satu bagian dari evaluasi, yang kemungkinan akan mencakup riwayat kasus  termasuk pengalaman Anda, riwayat medis, obat-obatan, riwayat paparan kebisingan dan tanda-tanda gangguan stres pasca trauma (PTSD) atau kecemasan dan depresi. 

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran dan hiperakusis, alat bantu dengar dapat diprogram khusus untuk membantu Anda, jelas Dr. Ruth Reisman , seorang audiolog dan manajer untuk Northwell Health Lennox Hill di New York City. Semua pengaturan alat bantu dengar untuk hyperacusis harus mengurangi volume suara keras dan memperkuat suara yang lebih lembut agar sesuai dengan gangguan pendengaran Anda.

Namun, Anda akan memerlukan evaluasi medis – kemungkinan besar dari dokter telinga, hidung, dan tenggorokan (THT atau otolaryngologist) – untuk mengidentifikasi atau menyingkirkan penyakit yang mungkin menyebabkan gejala ini.

Anda mungkin perlu bekerja dengan spesialis dalam desensitisasi suara. Mengenakan perangkat di satu atau kedua telinga, Anda akan mendengarkan suara statis yang sangat hening setiap hari dan secara bertahap bertambah hingga volume yang lebih tinggi, dalam proses yang disebut terapi pelatihan ulang tinnitus (TRT). Anda mungkin melihat peningkatan dalam waktu enam bulan hingga satu tahun. Mengapa mengekspos diri Anda pada kebisingan membantu? Sebagian karena peningkatan informasi dapat membujuk otak Anda untuk menurunkan volume.

Tergantung pada penyebab masalah pendengaran Anda, ada perawatan khusus. Terapi integrasi auditori (AIT) , yang melibatkan mendengarkan musik pada volume yang berbeda, kadang-kadang digunakan dengan pasien gangguan spektrum autisme, misalnya.

Bagaimana Melindungi Diri Dari Suara Keras?

Jika Anda mengalami siklus rasa sakit, penting untuk mencegah paparan kejutan pada pendengaran Anda. Pendekatan paling sederhana adalah memakai headphone atau penyumbat telinga peredam bising. Ada penyumbat telinga canggih yang dirancang untuk musisi dengan kontrol volume dan penyumbat telinga pintar lainnya yang dibuat untuk militer.

Jika Anda harus bekerja di lingkungan yang bising, majikan Anda wajib melindungi Anda dari bahaya kesehatan terkait pekerjaan. Jika Anda mengalami gangguan pendengaran, tinitus, atau hyperacusis saat bekerja di lingkungan yang bising, Anda mungkin berhak mendapatkan kompensasi pekerja dan sejumlah uang untuk membayar biaya perawatan pendengaran Anda. Klaim yang berhubungan dengan pendengaran lebih mudah dibuktikan ketika usia Anda masih muda. Hal ini biasanya dikarenakan sebagian perusahaan enggan membayar klaim kesehatan pendengaran ketika tua karena dianggap itu suatu kondisi wajar terkait usia.

Lantas bagaimana cara agar bisa mengetahui masalah gangguan hiperakusis ini?. Pertama tama Anda perlu mendatangi seorang dokter kesehatan telinga. Kemudian jika dokter sudah memberikan diagnosis dan menyatakan jenis gangguan pendengaran Anda harus diatasi dengan alat bantu dengar, maka Anda bisa menghubungi seorang audiolog atau tenaga perawatan pendengaran profesional terdekat di kota Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53076-Hyperacusis-when-ordinary-loud-sounds-hurt-your-ears

Please rate this

and share :