Bagaimana Memberitahu Orang Lain Bahwa Kita Mengalami Gangguan Pendengaran?
Gangguan Pendengaran Solusi Masalah Pendengaran

Bagaimana Memberitahu Orang Lain Bahwa Kita Mengalami Gangguan Pendengaran?

No ratings yet.

Gangguan pendengaran pada seseorang memang tidak terlihat. Sehingga sangat mudah bagi penderita gangguan pendengaran untuk menutupi hal tersebut. Orang-orang dengan gangguan pendengaran berasal dari berbagai usia, ras dan kepercayaan. Namun faktanya, 65% orang dengan gangguan pendengaran berusia di bawah 65 tahun.

Karena tidak terlihat, gangguan pendengaran seringkali diabaikan atau tidak ditanggapi dengan serius. Hingga saat ini masyarakat beranggapan bahwa gangguan pendengaran adalah bagian normal dari bertambahnya usia, dan bukan masalah yang besar. Mulai saat ini Anda harus mengetahui bahwa itu adalah pendapat yang salah.

Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda lakukan jika Anda mengalami gangguan pendengaran.

Bicarakan Gangguan Pendengaran yang Anda Miliki

Karena gangguan pendengaran tidak terlihat, maka ini terserah kita untuk memberitahu orang lain tentang gangguan pendengaran yang kita alami. Pada awal pertemuan di sebuah kelompok yang besar atau bahkan ketika bertemu dengan seseorang, lalu Anda merasa agak kesulitan mendengar, maka disarankan sejak awal untuk memberitahu tentang gangguan pendengaran yang Anda miliki. Ini akan memberi kesempatan untuk menjelaskan pada kelompok tersebut tentang bagaimana mereka dapat membantu Anda mendengar dengan lebih baik, seperti menatap ketika mereka berbicara kepada Anda, tidak menutup mulut mereka, dan berbicara dengan jelas dan tidak terlalu cepat.

Saat lawan bicara mengetahui kondisi pendengaran kita maka mereka akan lebih memahami kondisi kita. Contohnya, dengan bertukar tempat duduk sehingga Anda dapat melihat pembicara dengan lebih baik atau mengulangi sesuatu yang penting yang dikatakan pembicara kepada kita.

Mintalah Apa yang Anda Perlukan

Anda harus bisa mengutarakan secara spesifik sesuatu yang berhubungan dengan cara Anda berkomunikasi. Bagi sebagian penderita gangguan pendengaran, melihat gerakan bibir dari lawan bicaranya sangatlah penting untuk membantu mereka memahami apa yang mereka dengar. Mintalah untuk duduk di tempat yang dapat meminimalkan latar belakang suara yang bising dan gangguan lainnya. Mintalah pembicara untuk menggunakan mikrofon saat berada di dalam kelompok yang besar dan mintalah orang untuk dapat berbicara satu per satu, tidak berebut. Semua orang akan mendapat manfaat dengan saling menghargai seperti ini.

Buatlah Alat Bantu Pendengaran Anda Lebih Terlihat

Beberapa orang suka menambahkan aksesoris pada alat bantu dengar atau implan koklea mereka untuk membuatnya lebih terlihat. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membawa kartu yang menunjukkan bahwa Anda memiliki gangguan pendengaran yang dapat digunakan untuk menyebarang jalan atau interaksi tatap muka lainnya.

Ingatkan Lagi dan Terus

Bersiaplah untuk mengingatkan orang tentang apa yang Anda butuhkan, dan tidak perlu sungkan untuk mengingatkan mereka lagi. Tanpa indikator  visual, seringkali sulit bagi seseorang untuk mengingat dan menjaga agar suara mereka tetap keras atau mengubah pola bicara mereka yang khas ketika berbicara dengan Anda. Ini adalah kasus untuk orang yang baru saja Anda temui. Namun sayangnya, hal ini juga sering terjadi pada keluarga dan teman Anda. Menangkupkan telinga Anda dengan tangan adalah cara yang baik untuk mengingatkan seseorang agar berbicara lebih keras tanpa mengganggu alur percakapan yang sedang berlangsung.

Tetap Berperilaku Positif

Jika Anda merasa nyaman dengan gangguan pendengaran Anda, orang lain pun akan merasa demikian. Cobalah menggunakan humor yang baik jika Anda melewatkan sesuatu, dan orang lain tidak akan merasa keberatan untuk mengulangi kalimatnya sehingga Anda dapat memahaminya. Pastikan Anda tertawa ketika Anda salah mendengar suatu hal karena itu bisa jadi cukup lucu.

Gangguan pendengaran bisa sangat melelahkan, jadi menjaga energi itu penting. Tidur yang cukup, makan makanan yang baik dan sehat, serta berolahraga dapat menjaga ketajaman otak Anda. Lakukan meditasi untuk membantu telinga berdenging yang mungkin juga Anda miliki dan untuk mengatur rasa frustrasi yang kadang-kadang Anda rasakan karena masalah pendengaran ini.

Terimalah Dukungan Apapun Untuk Gangguan Pendengaran Anda Dengan Senang Hati

Semakin banyak orang tahu tentang gangguan pendengaran, maka gangguan pendengaran akan semakin dimengerti dan dimaklumi. Doronglah diri Anda sendiri dan orang lain untuk melakukan hal yang sama. Informasikan kepada orang lain tentang bagaimana mereka bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang yang memiliki gangguan pendengaran. Setiap interaksi yang Anda buat –entah itu meminta manajer restoran untuk menurunkan volume musik yang diputar atau meminta disediakannya subtitle ketika Anda menonton fim di bioskop– adalah kesempatan untuk membantu menyebarkan informasi ini kepada dunia. Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk bergabung dan selalu berhubungan dengan orang lain yang juga memiliki gangguan pendengaran melalui organisasi atau perkumpulan lainnya.

Please rate this

and share :