Otitis Eksterna, Infeksi Telinga Yang Umum Terjadi Pada Perenang
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Otitis Eksterna, Infeksi Telinga Yang Umum Terjadi Pada Perenang

No ratings yet.

Infeksi telinga yang umum terjadi pada para perenang atau biasa disebut sebagai Swimmer’s ear. Ini merupakan infeksi yang terdapat pada liang telinga luar, yaitu daerah yang memanjang dari daun telinga bagian luar (pinna) hingga gendang telinga (membran timpani). Istilah medis untuk swimmer’s ear atau telinga perenang adalah otitis eksterna. Telinga perenang terjadi ketika kelembaban terperangkap di ruang telinga luar, menciptakan tempat berkembang biak yang sempurna untuk pertumbuhan bakteri, yang dapat menyerang kulit saluran telinga.

Penyebab Infeksi Telinga Otitis Eksterna

Tidak mengherankan, otitis eksterna paling sering disebabkan oleh kelembaban atau kotoran yang tertahan di saluran telinga karena berenang. Saat mandi atau berada lingkungan lembab lainnya juga bisa menjadi sumber kelembaban yang tertahan. Telinga perenang harus ditanggapi dengan serius, dan harus dirawat untuk mencegah efek negatif yang mungkin timbul pada pendengaran Anda serta untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Faktor-faktor lain dapat menyebabkan telinga perenang, termasuk :

  • Paparan bakteri berlebihan, sering ditemukan di bak mandi untuk berendam air panas atau air yang tercemar.
  • Membersihkan saluran telinga yang berlebihan dengan cotton bud (atau alat lain yang dapat merusak kulit).
  • Luka atau kondisi kulit di liang telinga (eksim, seborrhea, dll.) yang menciptakan celah bagi bakteri untuk menembus kulit
  • Kontak dengan bahan kimia seperti semprotan rambut atau pewarna rambut yang bermigrasi ke saluran telinga

Apa Saja Gejala Otitis Eksterna?

Kasus otitis eksterna ringan kemungkinan akan dimulai dengan rasa gatal disertai iritasi pada saluran telinga dan rasa sakit yang memburuk saat Anda menarik-narik telinga luar (pinna). Telinga mungkin terasa bengkak atau tersumbat. Cairan bening dan tidak berbau mungkin juga ada.

Kasus otitis eksterna lebih lanjut mungkin dapat menimbulkan :

  • Demam
  • Pendengaran berkurang
  • Nyeri hebat yang menyebar ke leher, wajah atau kepala
  • Kemerahan dan/atau pembengkakan pada kulit di sekitar telinga
  • Terdapat cairan yang keluar dan berbau

Swimmer’s ear atau telinga perenang atau dalam bahasa medis disebut otitis eksterna biasanya tidak dianggap sebagai kondisi berbahaya. Kondisi ini dapat sembuh dengan cepat setelah perawatan. Namun, jika tidak diatasi, telinga perenang bisa menjadi sangat menyakitkan dan berpotensi berbahaya, terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau memiliki masalah dengan sistem kekebalan, termasuk lansia.

Komplikasi dari Otitis Eksterna

Jika tidak diatasi, infeksi ini dapat menyebabkan komplikasi berupa :

  • Gangguan pendengaran
  • Infeksi telinga berulang (otitis eksterna kronis): tanpa pengobatan, infeksi dapat bertahan
  • Kerusakan tulang dan tulang rawan: infeksi yang tidak diatasi dapat menyebar ke dasar tengkorak, otak atau saraf kranial (penderita diabetes dan lansia berisiko lebih tinggi untuk komplikasi semacam ini)

Cara Mencegah Infeksi Telinga Otitis Eksterna atau Swimmer’s ear

Sangat direkomendasikan untuk mengambil langkah-langkah pencegahan untuk melindungi telinga Anda dari Swimmer’s Ear. Beberapa rekomendasi untuk menghindari infeksi telinga ini meliputi:

  • Keringkan telinga setelah terkena air, terutama setelah berenang. Miringkan kepala Anda ke satu sisi untuk membiarkan air mengalir keluar, lalu ulangi di sisi lain. Jangan pernah menggunakan kapas untuk mengeringkan telinga! Handuk kering atau tisu juga bisa digunakan hanya untuk bagian luar atau daun telinga dan lipatan daun telinga.
  • Jauhkan air dari telinga. Anda dapat menggunakan penghalang seperti penyumbat telinga saat berenang. Penyumbat telinga tersedia bebas dipasaran tetapi paling efektif jika dibuat khusus oleh profesional pendengaran sesuai dengan bentuk saluran telinga masing-masing.
  • Menjaga kebersihan kotoran telinga yang tepat. Kotoran telinga atau serumen berperan penting dalam melindungi saluran telinga bagian luar. Serumen yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa menjadi masalah. Metode pembersihan telinga yang tidak tepat seperti cotton bud atau ear candling dapat menyebabkan kerusakan saluran telinga yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Menjaga kesehatan kulit yang tepat. Kulit di saluran telinga memainkan peran besar dalam pencegahan otitis eksterna. Kulit kering dan pecah-pecah (seringkali akibat kondisi kesehatan) dapat menjadi penyebab infeksi.
  • Lindungi telinga Anda dari bahan kimia. Jauhkan bahan kimia seperti hair-spray dan pewarna rambut dari saluran telinga.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran Anda, kami dapat membantu menghubungkan Anda dengan profesional kesehatan pendengaran berpengalaman terdekat yang ada di kota Anda. Hubungi saja 0800-100-2234 atau klik di sini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/06/swimmers-ear-deep-dive

 

Please rate this

and share :