Gangguan Pendengaran Menyebabkan Peningkatan Risiko Jatuh
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Menyebabkan Peningkatan Risiko Jatuh

No ratings yet.

Gangguan pendengaran yang tidak diatasi ternyata dapat menyebabkan berbagai dampak yang mungkin selama ini tidak Anda sadari. Pendengaran kita ternyata memiliki peran yang jauh lebih besar daripada yang selama ini kita kira. Telinga adalah rumah bagi saraf pendengaran. Telinga juga merupakan rumah bagi koklea, dari sanalah kemampuan keseimbangan kita berasal. Di dalam koklea terdapat saluran setengah lingkaran dan organ otolitik yang bertanggung jawab atas keseimbangan.

Saraf pendengaran dan koklea terletak di area yang sama, yaitu pada telinga bagian dalam. Tidak mengherankan jika gangguan pendengaran dapat mempengaruhi keseimbangan. Padahal, tahukah Anda bahwa mereka yang mengalami gangguan pendengaran juga berisiko lebih tinggi mengalami jatuh?

Hubungan Gangguan Pendengaran dan Risiko Jatuh

Gangguan pendengaran dan masalah keseimbangan seringkali dapat dialami bersama-sama. Hal ini disebabkan karena adanya kedekatan antara saraf pendengaran dan koklea. Sehingga jika terdapat masalah pada telinga bagian dalam dapat berdampak pada pendengaran. Dimana kondisi ini juga meningkatkan risiko terjadinya masalah keseimbangan atau peningkatan jatuh.

Namun pada beberapa kasus, penurunan pendengaran dan masalah keseimbangan tidak selalu berjalan bersamaan. Anda dapat mengalami gangguan pendengaran tanpa pernah mengalami masalah dengan keseimbangan. Atau mungkin juga Anda sering mengalami pusing atau ketidakseimbangan meskipun tidak mengalami penurunan pendengaran. Bagaimanapun kondisinya, yang terbaik adalah bersikap proaktif jika merasa ada masalah pada keseimbangan atau mengalami kesulitan mendengar.

Dimana Harus Mendapatkan Bantuan?

Seorang audiolog atau ahli pendengaran dapat membantu Anda mengelola penurunan pendengaran. Jika Anda tidak yakin apakah Anda mengalami penurunan pendengaran atau tidak, maka melakukan tes pendengaran adalah langkah pertama yang dapat dilakukan. Tes pendengaran akan memungkinkan audiolog untuk mengidentifikasi tanda-tanda infeksi atau kerusakan telinga tengah/dalam yang mungkin menyebabkan masalah pendengaran atau ketidakseimbangan yang Anda alami.

Jika Anda baru saja mengalami kehilangan pendengaran secara tiba-tiba karena cedera kepala atau telinga, maka segeralah cari bantuan. Setiap trauma pada kepala atau telinga tidak hanya dapat mengakibatkan masalah pendengaran sensorineural, tetapi juga dapat menyebabkan peningkatan jatuh dan masalah keseimbangan lainnya.

Temukan ahli pendengaran terdekat melalui link berikut. Jangan biarkan dampak dari penurunan pendengaran mempengaruhi keseimbangan Anda, mulailah perjalanan menuju pendengaran yang lebih baik hari ini.

Sumber : https://www.earq.com/hearing-health/articles/hearing-loss-increased-falling

 

Please rate this

and share :