Hindari Gangguan Pendengaran Akibat Nonton Film Bioskop
Gangguan Pendengaran

Hindari Gangguan Pendengaran Akibat Nonton Film Bioskop

Pernahkah Anda pergi nonton film bioskop dan pulang dengan kondisi telinga berdenging ? Tingkat volume yang memekakkan telinga menjadi keluhan umum di kalangan individu yang gemar nonton film bioskop.

Sebuah penelitian di AS yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Hawaii menemukan bahwa beberapa film memiliki kekerasan suara hingga 130 desibel. Diantaranya selama adegan kejar-kejaran mobil, perkelahian senjata, dan suara ledakan. Kerasnya suara ini setara dengan berdiri 100 meter dari pesawat jet saat lepas landas. Mereka juga menemukan bahwa beberapa film anak-anak juga memiliki paparan rata-rata yang mirip dengan film-film laga. Dan berpotensi menyebabkan gangguan pendengaran pada anak-anak.

Mengapa Suara Saat Nonton Film Bioskop Berbahaya?

Idealnya suara saat nonton film bioskop dan di sistem home theatre harus antara 80 dan 85 desibel maksimal. Suara keras apapun di atas 85 desibel dianggap berpotensi berbahaya bagi sel-sel saraf koklea di telinga. Panjang paparan juga penting karena audiolog menganggap periode lebih dari 20 menit paparan suara berlebihan akan berpotensi merusak pendengaran. Ini adalah karena fakta bahwa refleks pelindung di telinga tengah, yang ada di tempat khusus untuk melindungi koklea, tidak dapat menahan posisinya selama lebih dari periode waktu itu. Mendengarkan suara keras dalam waktu lama dapat merusak sel-sel rambut di telinga bagian dalam. Film yang keras lebih lanjut dapat menyebabkan sakit kepala, tinitus (dering di telinga) dan pergeseran pendengaran jangka pendek. Tingkat kebisingan yang tinggi juga dapat meningkatkan tekanan darah, detak jantung dan meningkatkan tingkat stres.

Dengarkan Apa yang Dikatakan Telinga Anda

Perhatikan bagaimana perasaan telinga Anda saat berada di teater. Sebagai contoh : seorang pria pergi menonton film bioskop untuk melihat salah satu film action favoritnya dan memperhatikan bahwa film tersebut  terasa terlalu keras. Alih-alih menutupi telinganya atau mengambil tindakan perlindungan lainnya karena takut terlihat bodoh, ia bertahan dengan pengalaman yang terlalu keras. Bisa ditebak setelah keluar dari gedung bioskop ia akan mengalami gangguan pendengaran ringan dan tinitus sesaat setelah itu. Jika Anda merasa tidak nyaman, sakit, atau berdengung di telinga karena suara agresif, lepaskan diri Anda dari sumber kebisingan. Kehilangan pendengaran, khususnya gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan, tidak dapat dipulihkan dan tanda peringatan tersebut tidak boleh diabaikan.

Jadikan Perlindungan Pendengaran Anda Sebagai Prioritas

Meskipun mungkin terdengar seperti upaya yang sangat besar, namun jika Anda pergi untuk menonton bioskop dan merasakan bahwa suara film tersebut terlalu keras bagi telinga Anda, maka keluarlah, tidak peduli seberapa mengasyikkannya. Ingat bahwa kerusakan pendengaran bersifat kumulatif dan sekali kerusakan terjadi maka akan bertambah parah di kemudian hari. Tidak ada pengalaman menonton film bioskop yang layak untuk dapat merusak pendengaran Anda secara permanen.

Karena tidak memiliki penonton lain untuk menyerap suara, maka sebuah gedung bioskop yang kosong mungkin terbukti lebih berbahaya daripada rumah yang penuh sesak. Agar aman, selalu pilih tempat duduk yang paling jauh dari speaker. Dan ingat untuk membawa penutup telinga bersama Anda. Sepasang penyumbat telinga yang dibeli dengan cepat di apotek setempat mungkin akan menjadi penghalang antara Anda dan kehilangan pendengaran yang tidak dapat diubah.

Bagaimana Jika Gangguan Pendengaran Permanen Karena Nonton Film Bioskop Terlanjur Terjadi

Gangguan pendengaran akibat paparan suara bising ketika menonton film bioskop memang cukup disayangkan. Terlebih karena hal ini sebenarnya bisa dihindari. Namun jika ternyata hal ini terlanjur terjadi, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengikuti tes pendengaran. Tes pendengaran akan memperlihatkan pada Anda sejauh mana pendengaran Anda telah terpengaruh akibat paparan suara keras ketika menonton film bioskop.

Jika hasil dari tes tersebut menunjukkan adanya gangguan pendengaran yang harus segera ditangani, maka Anda harus menghubungi audiolog setempat untuk mendapatkan penanganan dari gangguan pendengaran secara tepat. Seorang audiolog akan memberi Anda pandangan tentang perlunya penggunaan alat bantu dengar sesuai dengan kebutuhan pendengaran yang Anda miliki.

jika Anda belum memiliki rekomendasi tentang seorang audiolog terdekat, Anda bisa menghubungi kami di sini. kami akan membantu Anda untuk membuat janji temu sesuai dengan area terdekat  dari tempat Anda tinggal.

Segera atasi masalah gangguan pendengaran Anda, dan jangan biarkan hobi Anda untuk menonton film bioskop terhalang akibat gangguan pendengaran yang Anda miliki.

and share :