Masalah Pendengaran Dapat Menyebabkan Gangguan Keseimbangan
Gangguan Pendengaran

Masalah Pendengaran Dapat Menyebabkan Gangguan Keseimbangan

No ratings yet.

Masalah pendengaran tidak hanya mempengaruhi telinga Anda. Hal ini juga dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk berjalan, berdiri, dan menjaga keseimbangan. Berikut adalah beberapa informasi tentang gangguan keseimbangan, dan bagaimana kaitannya dengan pendengaran.

Telinga tidak hanya membantu kita mendengar. Banyak dari orang yang memiliki masalah dengan keseimbangan kemudian menemukan bahwa masalahnya ada di telinga mereka. Gangguan keseimbangan bisa membuat Anda merasa tidak stabil, goyah, atau merasa seperti terus bergerak. Sensasi vertigo ini dapat berdampak serius pada kemampuan Anda untuk berjalan, berdiri tegak, dan bahkan duduk.

Masalah Pendengaran Menyebabkan Masalah Keseimbangan?

Meskipun beberapa kondisi ini saling terkait, gangguan pendengaran dan masalah keseimbangan tidak selalu terjadi bersamaan. Tidak semua orang dengan gangguan keseimbangan mengalami gangguan pendengaran. Dan tidak semua orang dengan gangguan pendengaran mengalami kehilangan keseimbangan yang nyata. Namun, mereka terjadi bersamaan dari waktu ke waktu.

Penyakit Labyrinthitis dan Meniere dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan masalah keseimbangan. Labyrinthitis adalah infeksi pada telinga bagian dalam. Ini terjadi ketika labirin, struktur di dalam telinga bagian dalam menjadi bengkak dan meradang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, tinitus, vertigo, dan mual. Kondisi ini juga dikenal sebagai neuronitis vestibular, tetapi perbedaannya adalah neuronitis vestibular tidak melibatkan gangguan pendengaran. Kebanyakan orang tidak mengalami masalah pendengaran ketika menderita infeksi telinga bagian dalam. Saat itulah kondisinya menjadi Labyrinthitis. Sebagian besar kasus dari kondisi ini dapat diobati dan disembuhkan, tetapi infeksi yang parah dapat menyebabkan kerusakan yang berkelanjutan.

Penyakit Meniere, yang sebelumnya dikenal sebagai Endolymphatic Hydrops, adalah tekanan tinggi di labirin. Ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran, vertigo, dan tinitus . Biasanya, Meniere hanya mempengaruhi satu sisi, meskipun kasus bilateral telah dilaporkan. Tidak ada obat untuk penyakit Meniere, tetapi dapat dikelola dengan obat-obatan. Mereka yang menderita Meniere biasanya merasakan tekanan membangun sebelum episode kondisi. Setelah beberapa tahun, kondisinya dapat hilang secara alami.

Perawatan Untuk Gangguan Keseimbangan

Gangguan keseimbangan yang berkaitan dengan berkurangnya pendengaran hanya bisa ditangani oleh profesional perawatan pendengaran berlisensi yang dapat menilai pendengaran Anda dengan benar dan merekomendasikan alat bantu dengar yang tepat untuk Anda. Selama kunjungan Anda, pastikan untuk menyebutkan apakah Anda memiliki masalah keseimbangan, sehingga mereka dapat memberi saran jika evaluasi lebih lanjut atau opsi perawatan mungkin diperlukan.

Sumber : https://www.signiausa.com/blog/how-your-hearing-affects-your-balance/

Please rate this

and share :