WhatsApp Image    at
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran Ringan Dapat Mempengaruhi Fungsi Otak

No ratings yet.

Sebuah penelitian baru-baru ini telah menemukan, bahwa anak-anak muda yang memiliki gangguan pendengaran ringan, berpotensi untuk mengalami perubahan fungsi otak melalui cara yang biasanya hanya dialami oleh orang dewasa atau orang yang lebih tua. Akibatnya, mereka memiliki peluang lebih besar  untuk terkena demensia.

Peneliti Yune Lee dan timnya memantau aktivitas otak peserta penelitian dengan rentang usia  18 hingga 41 tahun ketika mereka mendengarkan kalimat yang semakin kompleks. Tim peneliti tersebut ingin tahu apakah otak mereka bekerja lebih sulit untuk memahami pesan yang lebih kompleks.

Namun dari penelitian tersebut mereka justru menemukan fakta baru, bahwa peserta dengan gangguan pendengaran yang ringan (pendengaran semua orang diuji sebelum pemantauan berlangsung) menunjukkan aktivitas di korteks frontal kanan otak, bagian yang biasanya tidak digunakan untuk memproses bahasa sampai jauh di kemudian hari.

Keterkaitan Kehilangan Pendengaran dan Demensia

Dengan semakin banyak bukti yang menghubungkan kehilangan pendengaran dengan demensia, Lee mencatat temuan itu bisa mengkhawatirkan. Logikanya :  “Jika Anda mengerahkan semua energi Anda untuk mendengar, maka Anda akan  menguras sumber daya kognitif yang dapat digunakan untuk hal-hal lain seperti memori dan perhatian.”

Lee melanjutkan dengan mengatakan bahwa jika, seperti yang disimpulkan oleh studi ini, gangguan pendengaran telah  terjadi lebih awal (karena, mungkin, gangguan pendengaran yang halus yang disebabkan oleh penggunaan headphone yang semakin meningkat), maka Anda harus melakukan persiapan atau pemeriksaan  lebih banyak dan lebih intensif.

Hal Itu juga menjadi satu alasan lagi mengapa pencegahan terhadap gangguan  pendengaran – dan pemeriksaan pendengaran secara teratur, sangatlah penting di setiap usia, dan mengapa perawatan kehilangan rasa sakit  sangatlah dianjurkan.

Anda dapat memulai dengan tes pendengaran online gratis kami. Atau, hubungi 0800-100-2234 atau  klik di sini dan kami akan membantu Anda menjadwalkan evaluasi pendengaran lengkap dengan penyedia layanan kesehatan pendengaran yang berpengalaman di area Anda.

Please rate this

and share :