Gangguan Pendengaran

Tips Menjaga Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Jika Anda memiliki gangguan pendengaran, maka Alat bantu dengar merupakan salah satu benda yang sangat penting untuk Anda miliki karena alat ini akan membantu Anda berkomunikasi dengan mereka yang Anda cintai dan membuat Anda tetap terhubung dengan lingkungan sekitar. Tidak dapat dipungkiri bahwa alat bantu dengar meningkatkan kualitas hidup penggunanya dengan memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan dunia, berbicara, dan mendengarkan dengan nyaman dalam berbagai situasi. Bayangkan jika satu hari saja Anda tidak menggunakan alat bantu dengar, tentu Anda dan orang-orang di sekitar akan merasa sangat kesulitan untuk berkomunikasi. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga dan merawat alat bantu dengar Anda agar dapat terus berfungsi dengan baik dan optimal. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diterapkan dalam merawat alat bantu dengar untuk mencegah timbulnya masalah atau kerusakan umum yang biasa terjadi pada alat bantu dengar dan untuk mengurangi frekuensi perbaikan yang mungkin diperlukan.

Tips Membersihkan

Agar suara dapat disampaikan dengan jelas dan tepat, maka telinga dan alat bantu dengar Anda harus dalam keadaan bersih. Berikut panduan untuk membersihkan alat bantu dengar Anda:

  1.      Bersihkan kotoran telinga yang mungkin menempel pada alat bantu dengar secara rutin dengan menggunakan sikat khusus bawaan dari tempat Anda membeli alat bantu dengar.
  2.      Jangan memasukkan alat pembersih apapun ke dalam mikrofon suara pada alat bantu dengar Anda.
  3.      Bersihkan tempat baterai sekaligus ketika Anda mengganti baterai. Biasanya baterai akan habis setelah 1 – 2 minggu penggunaan.

Tips agar baterai tahan lama

Pertanda baterai yang akan segera habis atau bahkan sudah habis dayanya adalah penyebab utama alat bantu dengar tidak berfungsi. Anda bisa meningkatkan ketahanan baterai alat bantu dengar dengan mengikuti tips berikut.

  1.      Ganti baterai sebelum dayanya benar-benar habis. Anda dapat mengira-ngira sendiri berapa lama waktu yang diperlukan sebelum baterai Anda mati kecuali jika alat bantu dengar memiliki indikator level baterai.
  2.      Matikan alat bantu dengar Anda ketika tidur dan di waktu-waktu lain ketika Anda sedang tidak menggunakannya.
  3.      Buka penutup kompartemen baterai ketika Anda sedang tidak memakainya. Hal ini dimaksudkan agar kompartemen baterai tetap terjaga dari lembab dan mengurangi resiko korosi pada alat.
  4.      Keluarkan baterai dari perangkat alat bantu dengar jika Anda berencana untuk tidak memakai alat bantu dengar dalam sementara waktu, seperti saat sedang tidur atau mandi.

 

Tips Perawatan

Meskipun beberapa alat bantu dengar menyediakan fitur tahan air, minyak, dan kotoran telinga, bukan berarti Anda boleh membiarkan alat bantu dengar Anda terpapar hal-hal tersebut terlalu sering. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat diperhatikan agar alat bantu dengar yang Anda miliki dapat bertahan lama dan tetap berfungsi optimal.

  1.      Lepaskan alat bantu dengar sebelum Anda berenang, mandi, atau sebelum menggunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut.
  2.      Ketika Anda tidak sedang menggunakan alat bantu dengar, simpanlah di tempat yang kering dan sejuk namun tidak lembab.
  3.      Simpan di dalam sebuah kotak sehingga membuat Anda menjadi lebih mudah untuk mengingat, karena bentuk alat bantu dengar yang cukup kecil membuatnya cukup mudah hilang.
  4.      Berhati-hatilah ketika memasang dan melepas alat bantu dengar Anda dari telinga.

Mengingat harga saat pembelian dan biaya perbaikannya yang  tidak murah, maka sudah seharusnya Anda merawat perangkat tersebut sebaik mungkin agar terhindar dari kerusakan.

Konsultasikan masalah alat bantu dengar Anda di Pusat Alat Bantu dengar No. 1 di Kota Anda

Please rate this

and share :