gangguan pendengaran lansia
Gangguan Pendengaran

3 Hal Penting Tentang Gangguan Pendengaran Pada Lansia

No ratings yet.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kerabat yang lebih tua tampaknya mengalami kesulitan dalam mendengarkan Anda?Meskipun situasi ini terlihat sangat umum.  Tetapi dalam banyak kasus, masalah-masalah seperti ini dapat mengindikasikan bahwa orang yang lebih tua (atau bahkan orang paruh baya), dan lansia sedang dipengaruhi oleh semakin buruknya pendengaran yang semakin parah.

Anda mungkin sudah tahu ini: gangguan pendengaran kronis menjadi sangat umum seiring bertambahnya usia. The National Institute on Aging laporan bahwa satu dari tiga orang dewasa berusia 65-74 memiliki gangguan pendengaran, dan hampir setengah dari mereka yang berusia 75 + mengalami kesulitan dengan pendengaran.

Kehilangan pendengaran juga mempengaruhi sejumlah besar orang di awal kehidupan. Ini adalah masalah kesehatan masyarakat yang utama, untuk orang dewasa yang lebih tua dan juga untuk banyak orang dewasa paruh baya yang mengalami gangguan pendengaran. 

3 Hal Utama yang Perlu Diketahui tentang Gangguan Pendengaran pada Lansia

  1. Tidak baik menunda mengatasi gangguan pendengaran.

Mengapa ini penting:

  • Korteks pendengaran otak Anda membutuhkan input pendengaran untuk tetap dalam kondisi yang baik!
  • Mendengar melibatkan input melalui telinga Anda dan saraf terkait, DAN kemudian otak Anda harus memproses input sensorik ini dalam apa yang dikenal sebagai “korteks auditori.”
  • “Gunakan atau hilangkan” berlaku di sini. Korteks pendengaran otak Anda akan semakin buruk dalam memproses suara, jika Anda tidak memberikan input berkualitas yang cukup baik untuk bekerja dengannya.
  • Kehilangan pendengaran dikaitkan dengan dampak negatif pada fungsi kognitif.
  • Kemampuan kognitif (misalnya ingatan dan berpikir) dapat menurun lebih cepat pada orang dengan gangguan pendengaran.
  • Penelitian telah mengaitkan gangguan pendengaran dengan risiko demensia yang lebih tinggi. Untuk lebih lanjut tentang ini, lihat: Apa hubungan antara pendengaran dan kesehatan kognitif?
  • Lebih mudah dan lebih baik untuk otak jika Anda mencoba untuk memperbaiki gangguan pendengaran lebih cepat daripada nanti.
  • Semakin cepat Anda meningkatkan input pendengaran yang masuk ke otak, semakin baik bagi otak. Ini juga jauh lebih baik untuk hubungan sosial, hubungan kerja, keselamatan, dan banyak lagi.
  • Alat bantu dengar juga membutuhkan periode adaptasi dan pembelajaran. Ini menjadi lebih sulit seiring dengan bertambahnya usia otak. Ini juga menjadi lebih sulit karena gangguan pendengaran menjadi lebih parah seiring waktu.
  • Kehilangan pendengaran memiliki dampak signifikan pada hubungan sosial.
  • Teman dan keluarga menjadi bosan dengan semua upaya ekstra yang diperlukan untuk berkomunikasi ketika ada gangguan pendengaran, dan mungkin kurang terlibat dengan seseorang. Pasangan, khususnya, bisa menjadi sangat frustasi.
  • Kinerja dan hubungan di tempat kerja dapat terpengaruh, dan ini dapat berdampak negatif pada pekerjaan orang tua dan kemampuan untuk mempertahankan pekerjaan mereka.
  • Orang dengan gangguan pendengaran yang tidak teratasi lebih cenderung menjadi terisolasi secara sosial.

 

  1. Jangan berasumsi bahwa dokter perawatan primer Anda akan melihat gangguan pendengaran atau memulai evaluasi yang sesuai.

Mengapa ini penting:

  • Penelitian menunjukkan bahwa gangguan pendengaran biasanya diabaikan dalam perawatan primer .
  • Pasien dan keluarga harus proaktif dalam memunculkan gangguan pendengaran dan dalam meminta penyedia layanan kesehatan mereka untuk mengatasinya.
  • Jika orang tua Anda atau kerabat Anda mengalami gangguan pendengaran, dorong mereka untuk berbicara dengan penyedia layanan kesehatan mereka tentang hal itu.
  1. Kehilangan pendengaran yang berhubungan dengan usia mempengaruhi suara frekuensi yang lebih tinggi pada khususnya, dan menyebabkan distorsi (tidak meredam) suara. 

Mengapa ini penting:

  • Inilah mengapa orang yang lebih tua dengan gangguan pendengaran akan mengatakan bahwa mereka dapat mendengar.
  • Mereka benar, mereka BISA mendengar! Tetapi gangguan pendengaran mereka membuat mereka lebih sulit untuk mendengar frekuensi bicara tertentu, yang menyebabkan distorsi suara.
  • Penting untuk disadari bahwa gangguan pendengaran terkait usia menyebabkan distorsi, bukan meredam.
  • Inilah sebabnya mengapa biasanya tidak membantu untuk berteriak pada seseorang dengan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia. Anda hanya akan membuat suara terdistorsi lebih keras.
  • Inilah sebabnya mengapa mengartikan ucapan menjadi sulit bagi seseorang dengan gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia.
  • Banyak konsonan diucapkan pada frekuensi yang relatif tinggi.
  • Ketika gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia mempengaruhi kemampuan untuk mendengar konsonan yang berbeda, ucapan manusia menjadi lebih sulit untuk diuraikan.
  • Inilah sebabnya mengapa orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran mungkin mengalami kesulitan memahami anak-anak , dan suara-suara bernada tinggi lainnya.
  • Anak kecil sering memiliki suara bernada tinggi. Ini bisa sulit bagi orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran untuk menguraikan, kecuali gangguan pendengaran ditangani.

 

Apa yang harus dilakukan jika Anda khawatir tentang gangguan pendengaran

Secara khusus, mengatasi gangguan pendengaran lebih awal lebih baik untuk otak, lebih baik untuk hubungan, dan bahkan dapat membantu seseorang bekerja lebih baik di tempat kerja.

Tentu saja ada hambatan umum yang muncul untuk mengatasi gangguan pendengaran. Yang utama adalah bahwa orang yang terkena sering tidak menyadari kehilangan pendengaran mereka atau menghindari mengatasinya. Mereka tidak ingin merasa tua.  Untuk mengatasi hambatan semacam ini, Anda bisa memberi saran-saran dengan langkah tepat untuk sebuah solusi tanpa harus menyinggung perasaannya.

Jika Anda tidak yakin ke mana harus mencari bantuan pendengaran, Anda harus mencari audiolog berlisensi seperti yang ada di ABDI. Seorang audiolog memiliki pelatihan dan pengalaman untuk mendiagnosis berbagai masalah pendengaran dan merekomendasikan solusi yang tepat. Seorang audiolog akan memberikan layanan dan perawatan terbaik untuk masalah pendengaran Anda setiap saat.

Please rate this

and share :