Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Membuat Anda Sulit Mengingat?
Gangguan Pendengaran

Apakah Gangguan Pendengaran Dapat Membuat Anda Sulit Mengingat?

No ratings yet.

Apakah Anda kadang-kadang bertemu dengan orang baru tetapi lupa namanya dengan segera?. Atau mengetahui sebuah menu spesial di sebuah restoran namun merasa kesulitan mengingat hal tersebut ketika tiba saatnya untuk memesan? Atau mulai lupa dengan beberapa arah jalan padahal Anda biasa melewatinya?. Jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “iya”, bisa jadi Anda mulai mendapat dampak dari adanya gangguan pendengaran.

Baru-baru ini Shari Eberts seorang penulis untuk artikel kesehatan pendengaran. Menghadiri presentasi untuk meningkatkan pengalaman museum bagi orang-orang dengan gangguan pendengaran. Dalam sesi yang luar biasa tersebut Shari mendapat pengetahuan luar biasa yang membantu membangun kesadaran akan pilihan akomodasi yang dapat digunakan oleh seseorang dengan gangguan pendengaran. Yang bertujuan untuk mendengar lebih baik sehingga mampu mengingat banyak hal ketika berjalan jalan di museum.

Seorang audiolog menyarankan petugas museum untuk berbicara lebih lambat jika terdapat penderita gangguan pendengaran dalam kelompok wisata terutama ketika mereka banyak mengajukan pertanyaan. “Orang dengan gangguan pendengaran, memiliki kesulitan mengingat informasi secara verbal.” Menurut audiolog tersebut, seseorang dengan gangguan pendengaran akan bekerja sangat keras untuk mendengar. Sehingga kapasitas otak yang tersisa untuk mengingat sangat kurang.

Shari Eberts menemukan nasihat sang Audiolog tersebut sangat menarik sehingga memutuskan untuk melakukan penelitian. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah komentarnya didasarkan pada bukti anekdotal atau jika seseorang secara ilmiah mempelajari masalah ini. Ternyata ada bukti ilmiah bahwa orang dengan gangguan pendengaran memiliki masalah dengan ingatan jangka pendek. Dimana pelakunya adalah beban kognitif, yang didefinisikan sebagai jumlah total upaya mental yang digunakan dalam memori kerja.

Penelitian Tentang Gangguan Pendengaran dan Kesulitan Mengingat

Dalam sebuah studi pada tahun 1995 yang  diterbitkan oleh Acoustical Society of America, para peneliti mempelajari kemampuan orang dewasa muda dan tua untuk mendengarkan dan mengingat pembicaraan dalam kebisingan. Mereka menemukan bahwa ketika kondisi pendengaran lebih sulit (baik karena gangguan pendengaran atau kondisi kebisingan atau keduanya), maka pekerjaan untuk mengingat kata menjadi sangat sulit.. Berikut ini kutipan dari makalah penelitian tersebut.

“Hasilnya  dapat ditafsirkan bahwa kebisingan atau faktor penuaan menjadikan proses sumber daya penerimaan kata menjadi sulit sehingga otak juga mengalami kesulitan untuk memproses memori dalam jangka panjang. Karena realokasi ini, sumber daya ini tidak tersedia untuk proses kognitif yang lebih sentral. Seperti fungsi penyimpanan dan pengambilan memori yang bekerja, sehingga pemrosesan informasi pendengaran terpengaruh secara negatif.”

Baca juga : Gangguan pendengaran rentan menimpa lansia

Dengan kata lain, ketika lebih sulit untuk mendengar sesuatu, maka tidak ada banyak kapasitas yang tersisa untuk mengingat. Dan masalah inilah yang terjadi pada penderita gangguan pendengaran.

Sekarang Anda telah tahu tentang masalah ini, adakah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan kita mengingat ucapan dalam kondisi sulit mendengarkan? Berikut Ini adalah beberapa saran yang dapat dapat membantu Anda.

Banyak Beristirahat

Jika Anda tahu Anda akan mendengarkan dengan serius, pastikan Anda beristirahat dengan baik dan cukup makan. Semakin kuat tubuh dan pikiran Anda, semakin baik kekuatan kognitif yang akan Anda miliki nantinya.

Mengurangi kebisingan dan gangguan luar

Ini tidak selalu mungkin, tetapi menghindari atau mengurangi faktor kebisingan akan membuat situasi mendengarkan lebih mudah. Sehingga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat apa yang Anda dengar.

Tuliskan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pelajar menyimpan lebih banyak informasi ketika mereka mencatat dan membuat tulisan tangan. Dibandingkan menyimpan informasi secara elektronik karena ketika Anda menulis maka gerakan fisik merangsang proses kognitif yang berbeda.

Pada akhirnya, apa pun yang mengurangi kekacauan dalam memori kerja kita akan membantu kita mengingat apa yang kita dengar dan memprosesnya lebih efektif secara real time.

Jika Anda merasa bahwa masalah gangguan pendengaran sudah mulai mengganggu kemampuan Anda untuk mengingat , Anda bisa mulai melakukan tes pendengaran lebih awal dan membuat janji temu dengan para profesional pendengaran lokal yang dapat menguji pendengaran Anda, dengan menghubungi  0800-100-2234 atau klik di sini dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Sumber : https://livingwithhearingloss.com/2016/10/25/does-hearing-loss-make-it-harder-to-remember-things/

Please rate this

and share :