Cara Memahami Hasil Audiogram Anda
Pendengaran

Cara Memahami Hasil Audiogram Anda

4.67/5 (3)

Audiogram adalah grafik atau bagan yang menampilkan hasil tes pendengaran Anda . Awalnya, mungkin terlihat seperti banyak garis dan simbol yang tidak dapat dipahami. Tetapi begitu Anda belajar membaca dan menafsirkan audiogram Anda, Anda akan lebih memahami gangguan pendengaran Anda . Yang lebih penting, profesional perawatan pendengaran Anda akan menggunakan hasilnya untuk membantu menentukan  jenis alat bantu dengar terbaik  untuk Anda.

Audiogram Mengukur Kemampuan Pendengaran

Tujuan dari pengujian audiometrik adalah untuk mengukur kemampuan pendengaran Anda di berbagai frekuensi di setiap telinga secara independen. Pengujian ini menghasilkan grafik yang disebut audiogram.

Ambang Pendengaran

Audiogram memplot ambang pendengaran Anda di berbagai frekuensi, atau nada, di lingkungan pendengaran yang tenang. Ambang pendengaran didefinisikan sebagai suara paling lembut yang dapat Anda deteksi sekitar 50 persen dari waktu. Jadi jangan heran jika Anda merasa “merindukan” beberapa suara. 

Yang penting untuk diingat adalah bahwa audiogram itu kuantitatif, bukan kualitatif. audiogram menggunakan sistem numerik tertentu untuk mengukur kemampuan pendengaran residual di ruangan yang tenang; itu tidak secara subyektif menggambarkan kualitas kemampuan pendengaran Anda. Itu juga tidak dapat mendeteksi jika Anda memiliki gangguan pendengaran tersembunyi . 

Cara Membaca Audiogram

Ketika melihat grafik audiogram, Anda akan melihat dua sumbu: 

Sumbu horizontal (sumbu x) mewakili frekuensi (pitch) dari terendah ke tertinggi. Frekuensi terendah yang diuji biasanya 250 Hertz (Hz), dan yang tertinggi biasanya 8000 Hz. Anda dapat memikirkan sumbu frekuensi seperti tombol pada piano di mana suara menjadi lebih tinggi ketika Anda maju dari kiri ke kanan. Sebagian besar ucapan berada dalam kisaran 250 hingga 6000 Hz , dengan suara vokal di antara frekuensi terendah dan konsonan seperti S, F, SH, CH, H, TH, T dan K terdengar di antara frekuensi tertinggi.

Sumbu vertikal (sumbu y) dari audiogram mewakili intensitas (kenyaringan) suara dalam  desibel (dB), dengan level terendah di bagian atas grafik. Meskipun bagian kiri atas grafik berlabel -10 dB atau 0 dB, itu tidak berarti tidak adanya suara. Zero desibel sebenarnya mewakili tingkat suara terlembut yang didengar rata-rata orang dengan pendengaran normal, untuk frekuensi apa pun. 

Apa Itu Pendengaran Normal?

Jika melihat pada audiogram anda akan mengetahui bahwa kemampuan pendengaran normal diwakili dalam area yang diarsir biru di atas garis 25-dB yang melintasi grafik dari kiri ke kanan. Jika simbol ambang jatuh di area berbayang biru, kemampuan pendengaran Anda dipertimbangkan dalam batas normal. Setiap simbol di bawah area yang diarsir, mengindikasikan gangguan pendengaran pada frekuensi tersebut. 

Profesional perawatan pendengaran Anda akan mengklasifikasikan tingkat keparahan gangguan pendengaran Anda, atau  tingkat gangguan pendengaran , di mana simbol jatuh pada grafik. Gangguan pendengaran sering diklasifikasikan sebagai sedikit, ringan, sedang, sedang-berat, parah atau berat. Mereka juga akan menggambarkan pola kerugian Anda, umumnya datar, miring atau naik.

Ruang antara area pendengaran normal dan simbol ambang Anda mewakili semua suara yang hilang karena gangguan pendengaran Anda. Semakin besar ruang, semakin banyak suara yang tidak Anda dengar. Bagi kebanyakan orang dengan gangguan pendengaran, alat bantu dengar bisa menjadi solusi untuk menjembatani kesenjangan itu dan mengembalikan suara yang hilang.

Orang dewasa digolongkan memiliki kemampuan pendengaran normal jika respons mereka menunjukkan bahwa mereka mendengar suara antara 0 dan 25 dB di seluruh rentang frekuensi. Seorang anak dianggap memiliki kemampuan pendengaran dalam batas normal jika respons mereka antara 0 hingga 15 dB di seluruh rentang frekuensi. 

Simpan Salinan dan Hasil Tes Lainnya

Setelah kunjungan Anda ke pusat pendengaran, mereka harus memberi Anda laporan kunjungan Anda. Jika tidak disertakan dengan laporan, minta salinan hasil tes audiometrik Anda. Hasil ini tidak hanya akan berfungsi sebagai resep untuk Anda, tetapi juga akan berfungsi sebagai dasar untuk Anda dan profesional perawatan pendengaran Anda untuk memantau setiap perubahan dalam pendengaran Anda di ujung jalan.

Jika Anda kesulitan mendengar atau memperhatikan dering di telinga Anda, gunakan direktori kami untuk menemukan pusat pendengaran di dekat Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52516-The-abc-s-of-audiograms

Please rate this

and share :