Cara Melindungi Alat Bantu Dengar Dari Kelembaban
Alat Bantu Dengar

Cara Melindungi Alat Bantu Dengar Dari Kelembaban

No ratings yet.

Melindungi alat bantu dengar dari kelembaban adalah satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan, jika ingin alat bantu dengar Anda bekerja tanpa gangguan. Alat bantu dengar adalah perangkat elektronik yang digunakan di tubuh. Mereka penuh dengan komponen berteknologi tinggi dan mikroelektronika, serta sangat rentan terhadap efek korosif dari kelembaban dan keringat.

Selama bertahun-tahun, produsen alat bantu dengar telah membuat kemajuan besar dalam produk mereka yang waterproof. Selain itu ada juga perangkat dengan nano-shield. Beberapa alat bantu dengar bahkan mengklaim dapat digunakan dibawah air yang dangkal. Terlepas dari peningkatan ini, kelembaban terus menjadi masalah serius untuk alat bantu dengar. Mengetahui dasar-dasar perawatan yang lebih baik, terutama cara menjaganya tetap kering, dapat membantu Anda menghindari kerusakan akibat kelembaban.

Bagaimana Cara Melindungi Alat Bantu Dengar Dari Kelembaban?

Menjaga alat bantu dengar Anda tetap kering bisa sesederhana memasukkannya ke dalam wadah pengering dan membiarkannya semalaman. Atau untuk pengeringan total, banyak audiolog menawarkan sistem pengeringan komersial yang lebih canggih.

Sistem pengeringan biasanya mengubah semua kelembapan yang terkumpul di alat bantu dengar Anda menjadi uap air. Termasuk jamur. Sistem ini bahkan akan mengeringkan tetesan air yang mengganggu yang menghalangi suara melewati tubing alat bantu dengar model belakang telinga.

Tergantung pada iklim tempat Anda tinggal dan seberapa lembab telinga Anda, ada berbagai solusi yang dapat dipilih:

1. Beras: “teknologi” pengeringan tertua di dunia

“Teknologi” pengeringan berusia 8.000 tahun ini tersedia secara luas. Namun, hanya ada sedikit ilmu untuk membuktikan apakah metode ini lebih efektif daripada meninggalkan alat bantu dengar Anda di atas meja. Dan sayangnya, beras membuat barang elektronik berharga Anda terkena debu kecil dan partikel pati yang berisiko merusak lebih besar daripada yang disebabkan oleh kelembaban saja.

2. Set Alat Pengering

Perangkat ini umumnya berupa tabung kecil yang dapat ditutup rapat yang memiliki pengering (berupa manik-manik kecil seperti silika gel) yang menyerap kelembaban dari alat bantu dengar. Set alat pengering ini dapat ditemukan di sebagian besar toko obat. Mereka adalah investasi kecil dan layak disimpan untuk penggunaan biasa, dan untuk masalah kelembaban kecil yang biasanya dapat diselesaikan dalam semalam.

Pengering itu sendiri, dan silika gel perlu diganti secara rutin setiap beberapa bulan sesuai petunjuk.

3. Heat and fan system

Sistem ini adalah pilihan yang lebih baik daripada set alat pengering standar untuk orang yang tinggal di lingkungan dengan kelembaban tinggi. Mereka dirancang untuk merawat alat bantu dengar menggunakan udara hangat dan panas, mirip dengan pengering pakaian, dan sering direkomendasikan untuk penggunaan semalaman. Beberapa memiliki sinar UV di dalamnya yang dirancang untuk membunuh penumpukan bakteri, yang dapat mengurangi rasa gatal di telinga Anda yang disebabkan oleh pemakaian alat bantu dengar.

Perhatikan bahwa “dry-brick” pengering yang diperlukan pada sistem ini perlu diganti setiap dua bulan.

Kesimpulan

Alat bantu dengar Anda mungkin tidak murah, dan mereka pasti akan menghadapi masalah kelembaban di beberapa bagian selama masa penggunaannya. Pengering alat bantu dengar menawarkan cara terbaik untuk melindungi investasi pendengaran Anda agar dapat bekerja dengan optimal dan tahan lama.

Sumber : https://www.hearingtracker.com/how-to-protect-your-hearing-aids-from-moisture

Please rate this

and share :