Solusi Masalah Pendengaran

Manfaat Alat Bantu Dengar yang Perlu Anda Ketahui

5/5 (1)

Gangguan pendengaran dapat diatasi dengan berberapa macam solusi, salah satunya adalah dengan menggunakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar merupakan suatu perangkat akustik yang digunakan di dalam atau di belakang telinga seorang penderita gangguan pendengaran. Cara kerja alat bantu dengar adalah dengan memperkuat atau memperbesar suara di sekitar sehingga membantu penggunanya untuk dapat mendengar lebih jelas. Perlu diketahui bahwa alat bantu dengar tidak dapat menyembuhkan gangguan pendengaran yang dialami oleh seseorang. Namun tetap saja, alat ini sangat membantu bagi seseorang yang menderita gangguan pendengaran.  Berikut ini adalah 5 manfaat menggunakan alat bantu dengar.

Memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam mendengar 

Kemampuan pendengaran yang menurun tentu membuat seseorang merasa tidak nyaman dan cenderung kesulitan dalam mendengarkan sesuatu. Dengan cara kerja alat bantu dengar yang membantu memperjelas suara dan bunyi di sekitar, maka gangguan pendengaran yang dialami bukan lagi menjadi masalah yang besar. Alat bantu dengar akan membantu seseorang untuk mendengar lebih baik dan lebih nyaman seolah-olah tidak ada masalah pada pendengaran. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat alat bantu dengar tidak hanya tersedia dalam ukuran yang besar. Saat ini sudah banyak tersedia alat bantu dengar dengan ukurannya yang kecil dan warna yang serupa dengan kulit sehingga tidak terlihat ketika digunakan. Pengguna alat bantu dengar tidak perlu merasa malu lagi untuk menggunakan alat bantu dengar dalam kegiatan sehari-hari.

Mencegah penyakit pikun atau Demensia

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa gangguan pendengaran yang tidak segera diatasi dapat berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius, salah satunya adalah pikun atau demensia. Jika tidak ingin mengidap penyakit yang nampaknya sepele namun serius ini, maka jangan ragu-ragu lagi untuk menggunakan alat bantu dengar. Jika Anda masih belum yakin apakah Anda mengalami gangguan pendengaran atau tidak, segera periksakan pendengaran Anda ke dokter THT terdekat atau lakukan tes pendengaran online.

Meningkatkan keseimbangan

Anda tentu tahu bahwa telinga adalah adalah pusat keseimbangan tubuh manusia. Jika terdapat masalah pada indera pendengaran, maka salah satu dampak buruknya adalah hilangnya keseimbangan tubuh. Menggunakan alat bantu dengar akan membantu indera pendengaran berfungsi dengan baik sehingga keseimbangan tubuh pun akan kembali membaik.

Meningkatkan komunikasi dan kepercayaan diri

Poin berikut nampaknya merupakan salah satu poin utama dalam menggunakan alat bantu dengar. Fungsi alat bantu dengar adalah untuk membantu memperbesar volume dan memperjelas suara di sekitar, sehingga komunikasi yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Bahkan, kepercayaan diri penggunanya juga semakin meningkat karena tidak lagi mengalami masalah dengan pendengarannya. Setiap orang yang mengalami gangguan pendengaran tentunya ingin dapat mendengar layaknya orang lain dengan pendengaran normal. Hal ini bisa didapatkan dengan memanfaatkan alat bantu dengar.

Terhindar dari rasa terisolasi yang berujung pada depresi

Merasa terisolasi dan depresi adalah salah satu dampak terburuk dari gangguan pendengaran yang tidak diatasi. Karena merasa tidak mampu mendengar, seseorang akan merasa terisolasi karena tidak mampu mengikuti percakapan dengan kerabat maupun teman-temannya. Hal ini membuat orang dengan gangguan pendengaran cenderung memilih untuk menjauh. Lebih parahnya lagi hal tersebut dapat berujung pada depresi. Namun hal ini dapat dihindari dengan menggunakan alat bantu dengar segera setelah didiagnosa mengalami gangguan pendengaran. Alat bantu dengar akan membuat seseorang mampu mendengar dengan lebih baik sehingga komunikasi dengan teman dan kerabat tidak terganggu.

Meningkatkan kualitas hidup

Siapa yang menyangka bahwa gangguan pendengaran dapat menurunkan kualitas hidup seseorang. Ketidakmampuan dalam mendengar membuat komunikasi menjadi terganggu. Padahal sebagai makhluk sosial, komunikasi merupakan salah satu kebutuhan utama manusia. Alat bantu dengar akan membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat kemampuan mendengar menjadi lebih baik sehingga tidak ada masalah dalam berkomunikasi sehari-hari. Kualitas hidup pun akan meningkat karena hubungan sosial tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

Setelah mengetahui manfaat menggunakan alat bantu dengar, maka sebaiknya Anda segera mengikuti saran dokter untuk mulai menggunakan alat bantu dengar. Menunda untuk menggunakan alat bantu dengar akan membuat gangguan pendengaran semakin memburuk. Dengan kata lain, semakin lama Anda menunda menggunakan alat bantu dengar, semakin besar pula kesulitan Anda dalam mendengar di masa yang akan datang.

Dapatkan informasi berbagai macam alat bantu dengar di sini

 

Please rate this

and share :