4 Cara Alat Bantu Dengar Mambantu Mengatasi Stres
Alat Bantu Dengar

4 Cara Alat Bantu Dengar Mambantu Mengatasi Stres

5/5 (1)

Mengalami gangguan pendengaran seringkali membatasi aktivitas kita seperti menghindari percakapan saat kumpul bersama keluarga/teman, terlibat percakapan di tempat ramai dengan semua latar belakang suara yang bising, atau mungkin Anda terlalu berkonsentrasi pada pembicaraan atau membaca gerak bibir sehingga kita kelelahan secara fisik sehingga hal tersebut membuat kita stres. Lalu bagaimana cara mengatasi stres karena gangguan pendengaran yang membatasi hubungan sosial Anda?

Kabar baiknya, mengatasi gangguan pendengaran dapat berperan besar dalam mengatasi stres. Alat bantu dengar memungkinkan Anda membantu lebih mudah terlibat dalam kehidupan dan memperhatikan orang lain, dua faktor yang merupakan kunci untuk menghilangkan stres, menurut World Health Organization. Dan ingat, mengelola stres sangatlah penting, karena mengingat dampak buruk dari stres terhadap tubuh dan kesehatan Anda.

Berikut empat cara khusus untuk mengatasi gangguan pendengaran dengan alat bantu dengar yang dapat membantu Anda berinteraksi, terhubung kembali, dan mengatasi stres Anda :

1. Alat Bantu Dengar Membantu Mengatasi Kecemasan dan Isolasi Sosial

Menurut Mayo Clinic, melakukan kontak sosial adalah pereda stres yang baik karena memberikan Anda dukungan. Menggunakan alat bantu dengar dan mendengar lebih baik dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri untuk bertemu dengan keluarga atau teman, atau terlibat dalam aktivitas sosial lainnya seperti menjadi sukarelawan, mengikuti kelas pendidikan masyarakat, menghadiri tempat ibadah, dan sebagainya. Dengan penggunaan alat bantu dengar, Anda dapat mengurangi risiko mengalami masalah kesehatan mental.

2. Alat Bantu Dengar Membantu Meredam Tinitus

Tidak heran jika stres emosional dan tinitus bisa berjalan beriringan, namun dengan menggunakan alat bantu dengar dapat membantu Anda melaluinya. Dalam sebuah penelitian, 60 persen orang mengalami tinnitus peredaan tinnitus dari ringan hingga signifikan ketika mereka menggunakan alat bantu dengar. Dengan alat bantu dengar, Anda juga dapat mengakses fitur Tinnitus di aplikasi Thrive yang dimiliki Starkey, yang memberikan bantuan tinitus melalui suara yang nyaman dan dapat disesuaikan melalui alat bantu dengar Anda.

3. Alat Bantu Dengar Membantu Anda Tetap Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik dipercaya sebagai pelawan stres, berkat perasaan gembira yang Anda rasakan seiring dengan peningkatan endorfin otak, dan tindakan mengalihkan perhatian Anda dari masalah ke gerakan tubuh. Dengan menggunakan alat bantu dengar dapat membantu Anda tetap aktif baik saat berolahraga atau berkebun dengan mengurangi kemungkinan tersandung atau terjatuh. Bagaimanapun, pendengaran yang lebih baik membantu membuat Anda lebih sadar akan lingkungan sekitar sekaligus mendukung keseimbangan dan gaya Anda. Dengan alat bantu dengar tidak hanya membantu Anda dalam hal mendengar, tetapi juga dapat berkontribusi pada gaya hidup yang lebih aktif dan sehat secara fisik.

4. Alat Bantu Dengar Membantu Anda Lebih Ceria

Tertawa benar-benar merupakan obat terbaik untuk stres. Menurut Mayo Clinic, tertawa mengurangi beban mental Anda dan memberikan dampak positif pada tubuh Anda dengan memicu dan mendinginkan stres Anda. Jadi, manfaatkan alat bantu dengar Anda untuk menonton acara komedi spesial atau makan malam bersama teman terdekat Anda yang terkenal dengan olok-olok lucunya, Anda mungkin akan merasa lebih baik dan bersenang-senang melakukannya. mendengar lebih baik melalui alat bantu dengar, Anda dapat merasa lebih ceria dan menikmati momen-momen bahagia dalam hidup dengan lebih baik.

Mulailah dengan hidup sehat dengan mengatasi gangguan pendengaran Anda segera. Kunjungi konsultan pendengaran profesional di dekat Anda dengan klik tautan ini, dan konsultan pendengaran ABDI akan dengan senang hati membantu Anda di setiap langkah.

Sumber :
https://www.starkey.com/blog/articles/2023/04/how-hearing-aids-can-help-with-stress

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.