Gangguan Pendengaran yang Tidak Diatasi Meningkatkan Risiko Jatuh
Gangguan Pendengaran

Gangguan Pendengaran yang Tidak Diatasi Meningkatkan Risiko Jatuh

No ratings yet.

Jika Anda adalah orang dewasa yang lebih tua atau memiliki orang tua, kakek nenek, atau teman yang tidak sekuat dulu, Anda mungkin pernah berpikir atau berbicara tentang jatuh.

Jatuh adalah beberapa cedera yang paling sering diderita oleh orang dewasa yang lebih tua. Mereka juga bisa menjadi yang paling menakutkan. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC):

  • Jatuh adalah penyebab utama kedua kematian cedera yang tidak disengaja di seluruh dunia.
  • 3 juta jatuh cukup parah sehingga memerlukan perhatian medis setiap tahun.
  • Jatuh adalah penyebab paling umum dari cedera otak traumatis.
  • Orang dewasa yang berusia lebih dari 60 tahun paling banyak mengalami jatuh yang fatal.

Meskipun tidak ada yang tahan jatuh, semakin tua usia kita, semakin besar peluang kita untuk jatuh. Ada banyak alasan mengapa orang dewasa yang lebih tua lebih rentan jatuh – mulai dari kelemahan atau efek samping pengobatan hingga masalah penglihatan, refleks yang lebih lambat, dan banyak lagi.

Gangguan pendengaran yang tidak diatasi juga dapat meningkatkan risiko jatuh — baik pada orang dewasa yang lebih tua maupun yang lebih muda. Bahkan, menggunakan data dari beberapa survei kesehatan nasional,peneliti di Johns Hopkins Medicine menemukan bahwa orang dengan gangguan pendengaran ringan hampir tiga kali lebih mungkin memiliki riwayat jatuh!

Para ahli memiliki beberapa teori mengapa hal ini terjadi:

  • Kehilangan pendengaran merusak kesadaran, yang membuat tersandung dan jatuh lebih mungkin.
  • Menggeser “beban kognitif” otak — artinya semakin banyak otak kita perlu mengeluarkan energi untuk satu hal (dalam hal ini, mendengarkan dan memahami apa yang kita dengar), semakin sedikit energi yang dimilikinya untuk hal lain (dalam hal ini, menjaga keseimbangan dan gaya berjalan, yang keduanya menuntut).
  • Mempengaruhi sistem vestibular kita, bagian dari telinga bagian dalam yang merupakan kunci keseimbangan dan posisi tubuh.

Mengobati gangguan pendengaran dapat membantu menurunkan risiko jatuh

Kabar baik! SEBUAHStudi Fakultas Kedokteran Universitas Washington menemukan bahwa “meningkatkan pendengaran tampaknya meningkatkan keseimbangan pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran.” Dan, baru-baru ini, aInvestigasi klinis 2019 menyimpulkan bahwa penggunaan alat bantu dengar dikaitkan dengan risiko jatuh yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua dengan gangguan pendengaran.

Salah satu cara yang jelas untuk meningkatkan pendengaran adalah dengan alat bantu dengar. Tidak hanya kita yang bisaAlat bantu dengar AI Evolv membantu dengan mudah meningkatkan pendengaran, tetapi jika pemakainyamelakukan jatuh, mereka adalah satu-satunya alat bantu dengar dengan sensor bawaan yang dapat mendeteksi jatuh dan mengirimkan peringatan langsung ke kontak yang dipilih.

Setelah jatuh terdeteksi, peringatan pesan teks dikirim ke kontak darurat yang diprogram ke pendampingAplikasi Kontrol Pendengaran Berkembang. Kontak tersebut dapat langsung menjangkau atau meminta bantuan, bahkan dapat melihat peta keberadaan pemakainya.

Nikmati peningkatan kemandirian dan ketenangan pikiran

Jatuh tidak hanya umum dan berpotensi berbahaya, tetapi juga dapat merampas kemerdekaan kita dan menjadi sumber kesedihan dan kekhawatiran yang besar bagi mereka yang mencintai kita. Teknologi ini memungkinkan pemakainya menjadi lebih mandiri dan orang yang dicintai tidak terlalu khawatir. Bahkan memiliki potensi untuk menyelamatkan nyawa!

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur deteksi jatuh Evolv AI atau mencobanya sendiri,klik disini dan ketik kode pos Anda. Anda akan membuat daftar profesional perawatan pendengaran dan audiolog di dekat Anda yang dapat Anda konsultasikan tentang gangguan pendengaran Anda dan yang memungkinkan Anda mencoba Evolv AI, bebas risiko, setidaknya selama sebulan. Biaya profesional mungkin berlaku.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2022/08/does-hearing-loss-increase-the-risk-of-falling

Please rate this

and share :