alat bantu dengar
Solusi Masalah Pendengaran

Mengapa Harus Menggunakan Dua Alat Bantu Dengar?

No ratings yet.

Bagi orang yang mengalami gangguan pendengaran pada salah satu maupun kedua telinga biasanya cenderung memilih untuk hanya menggunakan satu buah alat bantu dengar. Biaya yang lebih mahal menjadi alasan utama mengapa mereka memilih untuk menggunakan hanya satu alat bantu dengar saja. Memang benar bahwa satu alat bantu dengar sudah cukup membantu, namun tidak cukup membantu bagi Anda yang mengalami gangguan pendengaran pada kedua telinga. Dokter THT dan Audiologis akan menyarankan menggunakan dua alat bantu dengar, berikut ini adalah beberapa alasannya.

Kejelasan dan keakurasian suara tetap terjaga

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa menggunakan dua alat bantu dengar akan membuat kejelasan dan keakurasian suara tetap terjaga. Dengan demikian, pengguna pun bisa mendengar suara yang jelas dengan lebih mudah dan nyaman. Hal ini dikarenakan sedikitnya efek distorsi yang ditimbulkan jika menggunakan dua alat bantu dengar. Berbeda jika hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Efek distorsi yang ditimbulkan oleh satu alat bantu dengar akan terasa lebih kuat karena pengaturan volume suara yang harus lebih keras.

Meningkatkan kewaspadaan dan perasaan aman

Karena menggunakan dua alat bantu dengar, tentunya  kemampuan mendengar juga menjadi lebih baik. Dengan kemampuan mendengar yang lebih baik, maka pengguna pun menjadi lebih waspada terhadap suara di sekitarnya. Ditambah lagi, pengguna juga akan merasa lebih aman karena tidak takut melewatkan suatu informasi atau suara peringatan disebabkan gangguan pendengaran yang dialami. Aktivitas sehari-hari berjalan dengan baik karena tidak ada masalah dalam mendengar.

Saraf pendengaran tetap terhubung satu sama lain

Dalam gangguan pendengaran terdapat istilah Efek Deprivasi Mendengar yakni menurunnya kemampuan seseorang dalam memahami bahasa dan percakapan karena hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Ketika kedua telinga mengalami gangguan pendengaran namun hanya menggunakan satu alat bantu dengar, maka telinga yang tidak menggunakan alat bantu dengar berpotensi akan semakin kehilangan fungsinya. Karena pada dasarnya manusia memiliki dua buah telinga, maka secara alami kedua indera pendengaran bekerja bersamaan. Jika hanya salah satu telinga yang menggunakan alat bantu dengar dan telinga yang lain dibiarkan saja tanpa menggunakan alat bantu, tentu akan terjadi ketidakstabilan diantara keduanya dalam menjalankan fungsi mendengar. Untuk itulah mengapa dokter THT atau ahli pendengaran selalu menyarankan untuk menggunakan dua alat bantu dengar.

Jangkauan mendengar yang lebih jauh dan lebih luas

Ini merupakan hal wajar yang didapatkan oleh pengguna dua alat bantu dengar. Jangkauan suara yang bisa didengar oleh seseorang yang menggunakan dua alat bantu dengar bahkan bisa 4 kali lebih jauh dari pada seseorang yang hanya menggunakan satu alat bantu dengar. Katakanlah jika dengan satu alat bantu dengar seseorang bisa mendengar dalam jarak 5 meter, maka mereka yang menggunakan dua alat bantu dengar akan mampu mendengar dalam jarak 20 meter.

Fungsi keseimbangan tubuh lebih terjaga

Kita telah mengetahui bahwa jika telinga mengalami masalah, maka fungsi keseimbangan tubuh juga ikut terganggu. Jika kedua telinga sama-sama mengalami gangguan pendengaran namun hanya satu telinga yang menggunakan alat bantu dengar, maka terjadi ketidakstabilan dalam proses distribusi suara yang berdampak pada ketidakseimbangan pada salah satu sisi tubuh. Berbeda jika menggunakan dua alat bantu dengar. Kedua telinga pun akan memiliki kemampuan yang sama dalam mendistribusikan suara sehingga tidak terjadi masalah dalam fungsi keseimbangan tubuh.

Menggunakan dua alat bantu dengar memang bukan suatu kewajiban bagi penderita gangguan pendengaran. Namun beberapa poin di atas cukup memberikan alasan mengapa menggunakan dua alat bantu dengar lebih baik dari pada hanya menggunakan satu alat bantu. Semua kembali pada pilihan dan pengertian masing-masing individu untuk memutuskan mana hal yang lebih baik untuk dilakukan sebagai solusi dari gangguan pendengaran yang dialami.

 

Dapatkan alat bantu dengar berkualitas di sini

 

Please rate this

and share :