Alat Bantu Dengar Anda Buruk? Simak Cara Mengatasinya
Alat Bantu Dengar

Alat Bantu Dengar Anda Buruk? Simak Cara Mengatasinya

No ratings yet.

Jadi, Anda telah menerima alat bantu dengar yang ditentukan oleh ahli kesehatan pendengaran Anda untuk gangguan pendengaran yang Anda alami dan Anda membencinya. Apa sekarang yang harus Anda lakukan? Haruskah Anda meninggalkan alat tersebut di laci lemari pakaian Anda dan memutuskan untuk hidup dengan gangguan pendengaran?seharusnya tidak. Mari kita simak alasan di bawah ini.

Jangan terlalu cepat membuang alat bantu dengar Anda. Memiliki seperangkat alat bantu dengar hanyalah langkah pertama. Belajar cara menggunakannya secara efektif adalah langkah berikutnya. Dengan sedikit usaha, keajaiban teknologi ini dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda secara keseluruhan serta kualitas hidup Anda.

Butuh Waktu Untuk Membiasakan Diri dengan Alat Bantu Dengar

Tidak seperti kacamata, alat bantu dengar membutuhkan waktu lebih lama untuk membiasakan diri, karena otak Anda mempelajari kembali suara yang dilupakannya. Anda juga harus menyesuaikan diri dengan sensasi sesuatu di telinga Anda, yang hanya akan terjadi setelah Anda memakainya secara konsisten. 

Ada berbagai alasan mengapa Anda tidak puas dengan perangkat pendengaran Anda. Salah satu alasan paling umum adalah Anda enggan mendapatkannya sejak awal. Jika itu masalahnya, evaluasi kembali perspektif Anda. Alat bantu dengar memberikan manfaat kesehatan yang penting, seperti kacamata dan sendi buatan.

Jika Anda berada di papan dengan diagnosis gangguan pendengaran di tempat pertama dan masih tidak puas dengan perangkat Anda, jangan menyerah. Ada tiga alasan utama mengapa orang tidak puas dengan perangkat mereka:

  1.   Alat tidak nyaman
  2.   Mereka tidak membantu orang tersebut untuk mendengar lebih baik 
  3.   Orang itu tidak tahu bagaimana cara mengoperasikannya

Namun, kabar baiknya: Ketiga alasan itu dapat diatasi, terutama ketika Anda bekerja dengan profesional kesehatan pendengaran yang berpengalaman.

Cara Mencintai Alat Bantu Dengar Anda

Case mengidentifikasi tiga aspek penting dalam mengembangkan hubungan yang baik dengan perangkat pendengaran:

  • Pastikan suara Anda sendiri dapat diterima. Jika suara berbeda dari yang Anda harapkan — nyaring, misalnya — bicarakan dengan penyedia Anda. Mereka mungkin dapat membuat beberapa penyesuaian pada perangkat Anda untuk membantu suara terdengar lebih alami.
  • Dapatkan perangkat yang pas di telinga Anda. Meskipun abiasanya membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, alat bantu itu seharusnya tidak menyakitkan untuk dipakai. Jika tidak nyaman atau amplifikasi terlalu keras, mintalah penyesuaian dari pusat pendengaran Anda. 
  • Tahu cara memasukkan perangkat. Jika Anda kesulitan saat memasangnya, mintalah bantuan. Seperti kebanyakan hal baru, ada kurva belajar — dan latihan menjadi sempurna.

Pertimbangkan Rehabilitasi Pendengaran

Jika Anda belum mendengar dengan baik untuk sementara waktu, kemungkinan Anda akan memerlukan beberapa jenis rehabilitasi aural. Jangan khawatir — sama seperti otot berhenti tumbuh ketika otot-otot tersebut belum digunakan dalam beberapa waktu, demikian juga sistem pendengaran kita. Perlu “berolahraga” untuk mendapatkan kembali apa yang telah hilang.

Sebagian besar profesional kesehatan pendengaran mencakup beberapa aspek rehabilitasi aural dengan perawatan mereka. Di Fountain Hills Hearing Health, Case melakukan penilaian komunikasi sebelum evaluasi pendengaran untuk memastikan bahwa teknologi yang ia tetapkan akan bekerja sesuai harapan. Dia juga menjadwalkan janji tindak lanjut untuk menentukan apakah ada area untuk perbaikan.

Pentingnya Profesional Kesehatan Pendengaran yang Berkualitas

Derajat gangguan pendengaran sangat bervariasi antara satu orang dengan lainnya, itulah sebabnya setiap orang harus dievaluasi oleh profesional kesehatan pendengaran. Profesional  kesehatan pendengarantidak hanya dapat menentukan seberapa baik Anda mendengar dan membantu Anda mengidentifikasi alat bantu dengar terbaik untuk mengobati gangguan pendengaran spesifik Anda, mereka juga memberikan perawatan lanjutan untuk memastikan perangkat Anda cocok dan bekerja sesuai yang ditentukan.

Jika Anda memiliki alat bantu dengar tetapi tidak memakainya karena tidak memenuhi harapan Anda, bawa keluar dari meja Anda dan berbicaralah dengan profesional kesehatan pendengaran Anda.

“Jangan menyerah. Itu yang utama, ”kata Case. “Ada bantuan dan harapan untuk kehidupan yang lebih baik.”

Untuk bantuan dalam menemukan profesional yang memenuhi syarat di komunitas Anda, kunjungi direktori profesional kesehatan pendengaran dan pusat pendengaran kami.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/53024-I-hate-my-hearing-aids

Please rate this

and share :