e
Solusi Masalah Pendengaran

5 Tips Utama Memilih Alat Bantu Dengar yang sesuai

5/5 (1)

Alat bantu dengar memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya seperti meningkatkan kemampuan dalam mendengar hingga meningkatkan kualitas hidup penggunanya. Jika Anda baru saja terdeteksi untuk menggunakan alat bantu dengar, tentu tidak ingin salah dalam memilih alat bantu dengar seperti apa yang tepat untuk kebutuhan pendengaran Anda. Sebagai permulaan, Anda harus memahami terlebih dahulu jenis gangguan pendengaran yang Anda alami. Setelah itu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter THT atau audiologis yang terpercaya untuk membantu dalam memilih alat bantu dengar yang sesuai. Terdapat berbagai jenis alat bantu dengar yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan pengguna. Bahkan ada beberapa alat bantu dengar yang dibuat sesuai permintaan dengan menyesuaikan bentuk  liang telinga calon penggunanya. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam memilih alat bantu dengar yang tepat.

  • Temui dokter THT untuk memeriksakan seberapa parah gangguan pendengaran yang dialami

Sebelum memutuskan menggunakan alat bantu dengar, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi telinga ke dokter THT untuk mengetahui seberapa besar tingkat gangguan pendengaran yang Anda alami. Dokter akan membantu dan memberikan beberapa penjelasan mengenai hasil pemeriksaan Anda. Selain itu, Anda juga perlu berkonsultasi mengenai alat bantu dengar yang ingin Anda gunakan. Dokter THT yang bijak akan memberikan alasan-alasan logis untuk menjadi pertimbangan Anda dalam memilih alat yang tepat.

  • Pilih alat bantu dengar sesuai kebutuhan

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat beragam alat bantu dengar yang tersedia di pasaran. Setidaknya ada 3 macam model alat bantu dengar tergantung dari letak pemakaiannya. Pertama adalah di belakang telinga (Behind The Ear/BTE), di dalam telinga (Inside The Ear/ITE), dan di dalam saluran telinga (Inside The Canal/ITC). Warna yang disediakan pun juga dapat dibuat sesuai permintaan. Namun, apapun model dan warnanya, pastikan Anda memilih alat bantu dengar yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pastikan alat tersebut dapat berfungsi dengan baik dalam menangkap dan mendistribusikan suara.

  • Cari tahu kelebihan dan kekurangannya

Dalam mencari informasi seputar alat bantu dengar yang sesuai dengan kondisi gangguan pendengaran Anda, jangan lupa untuk mencari tahu juga tentang kelebihan dan kekurangan alat terebut. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Harga yang mahal belum tentu dapat memenuhi kebutuhan pendengaran Anda. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam memilih dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan alat tersebut. Anda dapat mencari tahu melalui internet ataupun langsung datang ke penyedia layanan alat bantu dengar.

  • Pilih alat bantu dengar yang berkualitas dan bergaransi

Harga alat bantu dengar memang tidak murah. Untuk itu pastikan Anda membuat keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan kualitasnya. Selain itu, penting untuk memilih alat bantu dengar yang memiliki garansi. Sehingga jika terjadi kerusakan atau hal yang tidak diinginkan lainnya di waktu mendatang, Anda tidak terlalu kuatir karena harus membeli yang baru.

  • Pastikan Anda puas dengan hasilnya ketika mencoba

Jika Anda ragu-ragu dalam memilih sebuah alat bantu dengar, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan pilihan lainnya. Sebelum membeli, pastikan Anda telah mencobanya terlebih dahulu di berbagai tempat untuk memastikan apakah alat tersebut benar-benar berfungsi dengan baik.

Kelima hal di atas adalah tips yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih alat bantu dengar yang paling tepat untuk kebutuhan pendengaran Anda. Mungkin Anda akan merasa sedikit tidak nyaman pada saat awal penggunaannya. Namun lama-kelamaan Anda akan mulai terbiasa. Bahkan, akan ada saatnya dimana Anda merasa ‘ada yang kurang’ ketika Anda sudah terbiasa menggunakan alat bantu dengar kemudian tidak menggunakannya karena alasan tertentu.

Berbagai macam pilihan alat bantu dengar tersedia di sini

 

Please rate this

and share :