Sering Merasa Telinga Tersumbat? Ketahui Penyebabnya!
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Sering Merasa Telinga Tersumbat? Ketahui Penyebabnya!

5/5 (1)

Ada saat-saat ketika Anda dengan sengaja menyumbat atau menutup telinga dengan jari atau penyumbat telinga. Kemudian, ada juga saat-saat ketika telinga Anda terasa tersumbat tanpa alasan yang jelas. Mengapa suara teredam ketika tidak ada apapun yang menutupi saluran telinga Anda?

Penyebab Telinga Tersumbat

Berikut adalah empat alasan paling umum mengapa telinga Anda mungkin terasa tersumbat.

Kotoran telinga yang menumpuk

Biasanya, kotoran telinga adalah cara tubuh melindungi telinga. Konsistensi lengketnya menjebak kotoran dan polutan lainnya. Bertindak sebagai pelumas dan dapat keluar secara alami dari saluran telinga dengan sendirinya, berfungsi sebagai agen pembersih alami. Namun, kadang-kadang, hal itu dapat berdampak dan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendengar.

Menurut American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery, gejala berikut menunjukkan bahwa kotoran telinga menyebabkan masalah:

  • Perasaan bahwa telinga tersumbat.
  • Sakit telinga.
  • Gangguan pendengaran pada salah satu telinga.
  • Tinnitus, atau dering di telinga.
  • Gatal, bau atau keluar cairan.
  • Batuk.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah menemui dokter atau ahli kesehatan pendengaran Anda. Harap dicatat bahwa tidaklah benar membersihkan sendiri kotoran telinga dengan menggunakan kapas, baby oil, atau hidrogen peroksida. Hal tersebut dapat menusuk gendang telinga atau mendorong kotoran telinga lebih dalam ke saluran dan menyebabkan impaksi. Selain itu juga menghilangkan pelumas pelindung alami yang dapat menyebabkan telinga menjadi kering dan gatal.

Baca juga : kotoran telinga sebagai penyebab gangguan pendengaran

Cairan di telinga

Perenang profesional cenderung akrab dengan kondisi menyakitkan ini. Namun, bahkan yang bukan perenang pun dapat mengalami telinga mengeluarkan cairan. Cairan dapat berkembang di telinga karena beberapa alasan berbeda seperti:

  • Infeksi telinga.
  • Setelah berenang atau mandi.

Cara mengatasinya :

  1. Miringkan kepala Anda ke samping dan tarik daun telinga dengan lembut.
  2. Gunakan kompres hangat. Ini membantu membuka tabung Eustachius sehingga air dapat mengalir secara alami.
  3. Menguap, mengunyah, menarik napas dalam-dalam atau menggunakan Manuver Valsava dengan memegang hidung Anda dan meniup dengan lembut.

Tekanan sinus

Anda mungkin terbiasa dengan kondisi hidung mampet dan wajah yang menjadi lembek karena disebabkan oleh tekanan sinus. Tetapi apakah Anda tahu itu juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara?.  Rongga sinus, ruang berongga yang terletak di tulang dekat hidung dan di antara mata, juga terletak di samping saluran telinga. Ketika Anda mengalami peradangan di rongga sinus, itu dapat menyebabkan tabung Eustachius membengkak. Ketika itu terjadi, saluran antara telinga tengah dan tenggorokan menjadi tertutup. Hal ini dapat memberikan tekanan pada gendang telinga yang menyebabkan perasaan telinga yang tersumbat.

Sebelum Masalah Muncul

Meskipun kami telah membahas beberapa alasan paling umum mengapa telinga Anda mungkin tersumbat, namun selalu bijaksana untuk mencari saran dari ahli kesehatan pendengaran kapanpun Anda mengalami kesulitan mendengar. Temukan klinik di komunitas Anda dan evaluasi pendengaran Anda sebelum masalah dimulai. Informasi dasar yang disediakan tes awal akan menjadi tolok ukur yang baik untuk digunakan tim medis Anda dalam situasi darurat dan untuk memantau kesehatan pendengaran Anda.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/52879-Why-do-my-ears-feel-clogged

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI