3 Pertanyaan Umum Tentang Gangguan Pendengaran
Pendengaran

3 Pertanyaan Umum Tentang Gangguan Pendengaran

No ratings yet.

Banyak orang yang masih enggan memeriksakan pendengarannya saat mulai mengalami gejala gangguan pendengaran, dan kenyataannya kondisi ini cukup umum terjadi. Gangguan pendengaran cenderung menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia, namun hal ini dapat menjadi masalah pada setiap tahap kehidupan. Audiolog atau konsultan pendengaran seringkali dapat memberikan solusi sederhana untuk meningkatkan kemampuan pendengaran pasiennya. Pasien harus segera mencari bimbingan audiolog atau konsultan pendengaran karena hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Namun, hal ini mungkin tampak menakutkan dan banyak pasien mungkin tidak tahu apa yang harus didiskusikan selama pertemuan tersebut. Inilah 3 pertanyaan umum yang biasa ditanyakan tentang gangguan pendengaran.

  1. Jenis Gangguan Pendengaran Apa yang Saya Alami?

Ada beberapa jenis gangguan pendengaran, diantaranya meliputi gangguan pendengaran sensorineural, konduktif, dan campuran. Gangguan pendengaran sensorineural seringkali bersifat permanen karena merupakan akibat dari perbedaan struktur di dalam telinga. Namun alat bantu dengar dapat digunakan untuk meringankan gejala gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran konduktif menunjukkan bahwa gelombang suara tidak berjalan dengan baik melalui telinga, seringkali karena adanya penyumbatan. Terakhir, gangguan pendengaran campuran merupakan kombinasi gangguan pendengaran sensorineural dan konduktif.

Dengan mengetahui jenis gangguan pendengaran yang Anda alami dapat membantu Anda memahami durasi gejala dan pilihan perawatan yang tepat untuk Anda. Informasi ini juga dapat membantu Anda memahami apakah masalahnya akan terus memburuk atau tetap sama, yang mungkin mempengaruhi frekuensi pertemuan. Alasan tambahan untuk mengetahui jenis gangguan pendengaran adalah bahwa beberapa masalah pendengaran memang mempunyai komponen genetik yang mungkin relevan dengan kerabatnya.

  1. Apakah Saya Mengalami Gangguan Pendengaran Pada Kedua Telinga?

Sangat mungkin untuk mengalami gangguan pendengaran hanya pada satu telinga, atau mengalami berbagai tingkat gangguan pendengaran pada satu telinga lainnya. Yang dapat Anda lakukan hanya memerlukan perawatan, baik itu menghilangkan sumbatan atau memakai alat bantu dengar, untuk satu telinga, bukan keduanya. Jika kedua telinga mengalami gangguan pendengaran namun dengan level yang berbeda, alat bantu dengar dapat disesuaikan ke pengaturan yang sesuai secara individual.

  1. Apa yang Perlu Saya Ketahui Tentang Alat Bantu Dengar?

Selain alat bantu dengar, ada banyak perangkat yang dapat membantu orang dengan gangguan pendengaran sangat berat untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Sangat wajar jika Anda bertanya kepada audiolog atau konsultan pendengaran tentang alat bantu dengar dan cara menggunakannya. Mengajukan pertanyaan tentang biaya dan pemeliharaan berbagai alat bantu dengar juga merupakan hal yang wajar. Ini akan membantu Anda memahami biaya apa saja yang mungkin ditanggung oleh asuransi atau Anda keluarkan sendiri, seberapa sering Anda perlu melakukan tindak lanjut, dan kekhawatiran lainnya.

Dengan menemui Audiolog atau konsultan pendengaran, Anda dapat mengajukan banyak pertanyaan tentang gangguan pendengaran. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena sudah ditangani oleh orang tepat. Dengan klik tautan ini Anda dapat menemukan konsultan pendengaran terdekat dengan domisili Anda.

Sumber :
https://uciaudiology.com/3-questions-to-ask-about-hearing-loss/

 

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.