Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Penderita Tinitus
Tinnitus

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Penderita Tinitus

No ratings yet.

Lebih dari 50 juta orang di Amerika mengalami tinitus atau telinga berdenging. Saat Anda pertama kali menyadari bahwa Anda menderita tinitus, mungkin akan sulit mengetahui apa yang harus dilakukan. Jika tidak segera diatasi, tinitus akan semakin parah. Anda akan lebih sering mendengar bunyi tinitus (berdenging, berdengung, berdesis, bergemuruh, bersiul) dan dalam waktu yang semakin lama. Berikut adalah daftar hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan bagi orang-orang penderita tinitus.

Yang Sebaiknya Dilakukan

  1. Temui dan konsultasikan dengan dokter THT, audiolog atau konsultan pendengaran jika tinitus mempengaruhi kemampuan Anda untuk tidur, membaca, berkonsentrasi, atau melakukan aktivitas normal.
  2. Pahami respon setiap individu. Setiap orang merespons tinitus secara berbeda. Tidak ada cara yang benar atau salah.
  3. Terapkan teknik pengurangan stres untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.
  4. Telusuri aplikasi dan perangkat yang dapat membantu saat tidur untuk membuat proses tidur lebih mudah. Hindari suara lingkungan yang terlalu bising, Anda dapat menggunakan earplug atau alat penutup telinga jika diperlukan.
  5. Ketahuilah bahwa tinitus dapat diatasi/dikelola dengan baik meskipun tidak dapat disembuhkan.
  6. Tinitus dapat dihasilkan karena faktor/gejala kesehatan lainnya seperti tekanan darah tinggi, gangguan pendengaran, anemia, dan lain sebagainnya. Jadi penting untuk memeriksakan kesehatan Anda secara berkala.

Tidak Boleh Dilakukan

  1. Jangan percaya mengenai informasi apapun yang Anda terima/baca tentang tinitus yang bisa disembuhkan dengan ramuan atau suplemen. Perawatan tinitus yang tepat melalui terapi suara dan alat bantu dengar adalah dua cara yang paling direkomendasikan untuk mengatasi tinitus Anda.
  2. Hindari untuk mengkonsumsi hal-hal yang dapat memperparah tinitus seperti kafein dan bahkan aspirin.
  3. Hindari kurang tidur, cemas dan stres karena hal tersebut akan semakin memperburuk tinitus.
  4. Jangan berpikir kamu sendirian! Tidak hanya kamu saja yang menderita tinitus, karena satu dari enam orang menderita tinitus.
  5. Jangan sampai Anda tidak mengenakan pelindung pendengaran atau earplug jika Anda berada dilingkungan yang bising. Suara dan lingkungan yang keras/bising dapat memicu dan memperburuk tinitus Anda.

Umumnya penderita tinitus akan merasa terganggu jika suara yang dihasilkan tinitus semakin sering dan dalam waktu yang lama. Hal tersebut akan membuat Anda sulit tidur dan mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari-hari. Segera hubungi dokter THT, audiolog atau konsultan pendengaran terdekat jika Anda mencurigai adanya tinitus. Semakin cepat Anda mengatasi tinitus maka akan terhindar dari dampak yang dihasilkan tinitus.

Sumber  :
https://www.starkey.com/blog/articles/2019/02/Dos-donts-of-living-with-tinnitus

Please rate this

and share :
connect with us facebook-ABDI facebook-ABDI facebook-ABDI

Leave a Reply

Your email address will not be published.