Tinnitus Dan Kotoran Telinga, Apakah Saling Terkait?
Tinnitus

Tinnitus Dan Kotoran Telinga, Apakah Saling Terkait?

No ratings yet.

Banyak yang mengatakan bahwa untuk selalu membersihkan kotoran telinga. Namun, penumpukan kotoran telinga dapat memengaruhi seberapa baik alat bantu dengar bekerja, dan bagi sebagian orang penumpukan kotoran telinga dapat memicu tinnitus. Jika penumpukan kotoran telinga mengganggu, itu harus diatasi.

Jika Anda merasa memiliki penumpukan kotoran telinga, disarankan untuk menggunakan obat tetes pelunak kotoran telinga atau minyak zaitun sebagai pilihan pertama. Jangan gunakan cotton bud atau benda lain untuk mencoba membersihkan kotoran telinga.

Jika penumpukan terus berlanjut, kunjungi dokter THT, yang akan memberi tahu apakah diperlukan ekstraksi kotoran telinga dan jenis prosedur apa yang paling tepat untuk Anda.

Apa itu kotoran telinga?

Kotoran telinga adalah sekresi penting dan alami yang terdapat di dalam telinga. Fungsi dari kotoran telinga membuat saluran telinga terlumasi dan melindungi telinga dari debu, kotoran dan bakteri, dan membantu mencegah infeksi.

Kotoran telinga atau yang dikenal sebagai serumen, terdiri dari epitel (sel kulit), debu dan sekresi berminyak dari kelenjar di saluran telinga. Sekresi ini yang melumasi saluran telinga dan mencegahnya menjadi terlalu kering. Jenis kotoran telinga setiap orang bervariasi tergantung pada diet, usia, etnis dan lingkungan.

Bagaimana kotoran telinga terkait dengan tinnitus?

Orang-orang yang mengalami tinnitus, beberapa dari mereka melaporkan bahwa tinnitus lebih terasa ketika telinga mereka penuh dengan kotoran. Hal ini karena penumpukan kotoran telinga secara efektif menghalangi suara eksternal mencapai gendang telinga, sehingga membuat suara internal lebih terdengar. Ketika kotoran telinga dibersihkan, kebanyakan orang merasa persepsi mereka tentang tinnitus berkurang. Dan sangat jarang, orang yang mengalami tinnitus melaporkan bahwa setelah kotoran telinga yang menumpuk dibersihkan membuat tinnitus mereka lebih mengganggu. Ini bisa jadi karena prosedurnya tidak menyenangkan atau tidak nyaman. Efeknya biasanya bersifat sementara. Mempertimbangkan bahwa membersihkan kotoran telinga yang menumpuk adalah prosedur yang sangat umum, komplikasinya sedikit dan jarang terjadi.

Apa yang harus saya lakukan tentang penumpukan kotoran telinga?

Jika kotoran telinga tidak menimbulkan masalah, sebaiknya dibiarkan saja. Telinga membersihkan dirinya sendiri dan kotoran telinga akan bersih secara alami. Jika kotoran telinga terlihat di telinga luar, lap/ bersihkan dengan kain bersih mungkin sudah cukup.

Terkadang kotoran telinga bisa menumpuk. Ini dapat terjadi jika kotoran telinga Anda sangat kering atau jika saluran telinga Anda sempit atau berbulu. Kotoran telinga juga dapat menumpuk jika telah didorong ke saluran telinga oleh cotton bud, alat bantu dengar atau ear bud, misalnya.

Jika penumpukan kotoran telinga menyebabkan tinnitus, masalah dengan alat bantu dengar Anda, vertigo, penurunan kemampuan mendengar, atau membuat tidak nyaman, kotoran tersebut mungkin perlu dibersihkan.

Sumber:

Tinnitus and ear wax

Please rate this

and share :