Gejala Gangguan Pendengaran Pada Anak
Pendengaran Anak

Gejala Gangguan Pendengaran Pada Anak

No ratings yet.

Jika anak Anda memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala berikut yang akan djelaskan dibawah ini, mungkin anak Anda menderita gangguan pendengaran.

Orang tua, kakek dan nenek hampir selalu menjadi orang pertama yang curiga bahwa seorang anak memiliki masalah pendengaran. Jika ada gejala-gejala yang disebutkan dibawah ini pada anak, Anda harus segera menghubungi dokter / audiolog / konsultan pendengaran untuk memeriksakan pendengaran anak Anda.

Penting untuk diketahui bahwa setiap anak berkembang dan tumbuh dengan kecepatan masing-masing anak. Juga, anak Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran ringan dan hanya menunjukkan beberapa gejala ringan yang sulit untuk diperhatikan. Tetapi jangan khawatir, karena gangguan pendengaran ringan akan selalu terdeteksi dalam tes pendengaran.

Gejala-gejala Gangguan Pendengaran

  • Bicara anak tidak berkembang dan tetap monoton (kemampuan bicara tidak sesuai usia).
  • Pengenalan ucapan yang tertunda dan/atau tidak tepat.
  • Tidak terkejut, tidak menoleh atau tidak bangun saat terdapat suara keras.
  • Sulit untuk meniru suara.
  • Ketidakmampuan untuk menemukan suara (bayi atau anak tidak menoleh ke arah suara seperti suara Anda pada saat memanggil namanya).
  • Ketidakmampuan untuk menanggapi suara dari ruangan lain.
  • Melamun dan menarik diri dari interaksi sosial.
  • Anak sering mengalami infeksi telinga.

Gangguan pendengaran pada bayi mungkin akan sulit dideteksi. Tetapi semakin cepat gangguan pendengaran terdeteksi dan ditangani, semakin baik kesempatan anak Anda untuk bersosialisasi, berkomunikasi, belajar, menerima gangguan pendengarannya, dan belajar bagaimana menghadapinya. Gangguan pendengaran dapat diidentifikasi sejak dini, bahkan dari bayi setelah lahir. Alat bantu dengar dapat sangat bermanfaat sejak usia dini.

Anak saya mungkin mengalami gangguan pendengaran

Jika Anda mencurigai bahwa anak Anda mungkin mengalami gangguan pendengaran, kami sangat menyarankan agar Anda segera memeriksakan pendengaran anak Anda ke tenaga kesehatan pendengaran.

 

Sumber:
https://www.hear-it.org/symptoms-of-hearing-loss-1

Please rate this

and share :