Solusi Masalah Pendengaran

Kelebihan dan Kekurangan Alat Bantu Dengar Behind-The-Ear (BTE)

5/5 (1)

 

Kemajuan zaman membuat alat bantu dengar tidak hanya berfungsi untuk mengeraskan volume suara yang ada di sekitar penggunanya, namun juga memungkinkan penggunanya dapat mendengar suara atau bunyi dengan jelas meskipun dalam keadaan ramai tanpa memerlukan usaha maksimal. Hal tersebut terjawab dengan solusi yang ditawarkan oleh alat bantu dengar digital. Alat bantu dengar digital saat ini hadir dalam berbagai gaya dan model yang berbeda, disertai berbagai tingkatan teknologi yang inovatif.  Cara kerja alat bantu dengar digital adalah dengan menggunakan basis komputer. Alat bantu dengar digital ini mampu mengubah suara menjadi sinyal digital berupa kode numerik yang selanjutnya diproses komputer atau ‘chip’ untuk menguatkan frekuensi suara tertentu. Setelah itu, alat akan memproduksi tiruan suara dengan akurasi yang tinggi, dan tidak hanya sekadar mengeraskan volume suara seperti yang dilakukan oleh alat bantu dengar analog. Dengan teknologi digital yang dimiliki, gelombang suara yang diterima mikrofon alat bantu dengar akan dipisahkan secara digital dan hanya menguatkan sinyal suara yang dibutuhkan. Dengan alat bantu dengar digital ini diharapkan bukan hanya suara yang bisa terdengar lebih jelas, tetapi juga dapat menekan kebisingan internal yang dihasilkan alat bantu dengar itu sendiri.

Alat bantu dengar Behind-The-Ear (BTE) adalah salah satu jenis solusi gangguan pendengaran yang dapat membuat Anda tetap terhubung dengan dunia sekitar. Tipe BTE ini sudah ada sejak lama, hingga saat ini tipe ini telah mengalami peningkatan mulai dari bentuknya yang semakin kecil sehingga membuatnya semakin tidak terlihat, semakin canggih, dan semakin kuat. Sesuai dengan namanya, alat bantu dengar tipe BTE ini digunakan di bagian belakang telinga yang dihubungkan dengan cetakan telinga (earmold) dan tubing yang terpasang di telinga luar. Suara atau bunyi yang ada di sekitarnya akan disalurkan melalui earmold untuk diteruskan ke dalam telinga.

Kelebihan tipe BTE

Tipe BTE ini adalah alat bantu dengar yang paling banyak digunakan karena sesuai untuk segala usia dan derajat gangguan pendengaran. Baik untuk derajat gangguan pendengaran ringan, sedang, maupun berat. Apalagi saat ini sudah tersedia mini BTE dengan ukuran yang lebih kecil sehingga memberikan kenyamanan yang lebih saat digunakan. Dapat dikatakan, tipe BTE adalah tipe alat bantu dengar yang paling banyak digunakan di seluruh dunia karena modelnya yang sangat variatif, mudah untuk didapatkan, dan sangat jarang sekali mengalami kerusakan pada komponennya. Hal ini dikarenakan semua komponen dalam tipe BTE ini terbungkus dalam alat  bantu dengar yang dipakai di belakang telinga, sehingga hanya sedikit atau bahkan hampir tidak terpapar kotoran atau kelembaban. Ketika ada kerusakan pada tipe BTE ini biasanya terjadi pada mikrofonnya. Meskipun demikian, industri alat bantu dengar telah memperkenalkan beragam penutup mikrofon terbaru yang menutupi hampir seluruh permukaan mikrofon.

Kekurangan tipe  BTE

Diantara kelebihan yang ada, tipe BTE juga memiliki kelemahan seperti menimbulkan distorsi atau feedback saat menelepon. Hal ini terjadi akibat sinyal yang ditimbulkan. Selain itu alat ini juga mudah lepas atau jatuh saat digunakan ketika melompat atau berlari.

Untuk mencari tahu lebih banyak soal tipe BTE, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan audiologis terpercaya yang akan menjelaskan secara detail tentang cara kerja tiap-tiap model alat bantu dengar dan fitur-fitur yang dimiliki. Hal ini akan semakin memudahkan Anda dalam memahami berbagai solusi yang tersedia untuk gangguan pendengaran yang Anda yang alami.

Selanjutnya, berbagai macam pilihan alat bantu dengar tipe BTE tersedia di sini

Please rate this

and share :