Lingkungan Bising Membuat Kesulitan Mendengar? Ini Solusinya!
Alat Bantu Dengar Solusi Masalah Pendengaran

Lingkungan Bising Membuat Kesulitan Mendengar? Ini Solusinya!

2/5 (1)

Ada banyak tanda kesulitan mendengar — tetapi salah satu tanda pertama bahwa pendengaran Anda berkurang adalah jika Anda dapat mendengar dengan baik di lingkungan yang tenang namun kesulitan mendengar dalam kebisingan.

Bahkan untuk orang dengan pendengaran normal, mengabaikan suara bising bisa jadi sulit untuk dilakukan saat mencoba memahami percakapan ditengah kebisingan tersebut. Itu karena kita semua menggunakan isyarat kontekstual selama percakapan — atau petunjuk dari kata-kata yang kita pahami — untuk mengisi celah yang kita lewatkan karena kebisingan latar belakang.

Kebisingan di sekitar akan menutupi suara percakapan yang lebih halus, terutama konsonan bernada tinggi yang merupakan kunci dari banyak kata. Dengan menutupi suara percakapan yang penting ini — seperti “S, F, Th, Sh, Ch, K, dan P” — kebisingan akan mempersulit kita untuk mendengar di lingkungan yang ramai dan bising.

Apalagi jika Anda mengalami gangguan pendengaran. Mendengarkan dalam kebisingan tentu menjadi tugas yang sangat berat. Karena otak akan kesulitan memisahkan suara percakapan dari kebisingan latar belakang. Meski bisa, kelelahan kognitif akibat bekerja begitu keras untuk “memahami” bisa melelahkan bagi Anda.

Bagaimana Alat Bantu Dengar Dapat Membantu Dalam Kesulitan Mendengar

Teknologi pemrosesan sinyal canggih pada alat bantu dengar saat ini memanfaatkan kemampuan utama yaitu untuk membedakan antara suara ucapan atau percakapan dan kebisingan untuk memisahkan dua jenis stimulus pendengaran (suara) satu sama lain.

Kebisingan biasanya lebih stabil, artinya tidak memiliki banyak fluktuasi dalam frekuensi (pitch) atau amplitudo (kenyaringan). Percakapan, bagaimanapun, cenderung sangat bervariasi baik dalam frekuensi dan amplitudo.

Alat bantu dengar saat ini berfungsi untuk menganalisis dan membedakan semua suara yang masuk ke mikrofon — hingga 55 juta kali setiap jam dalam alat bantu dengar Evolv AI. Kemudian memperlakukan kebisingan dan ucapan secara berbeda sehingga sinyal target (ucapan) diperkuat dan diprioritaskan. Sedangkan kebisingan latar belakang dikompresi dan tidak ditingkatkan.

Semua kerumitan ini menghasilkan pendengaran yang lebih mudah dan pendengaran yang lebih nyaman — yang akan mengurangi rasa takut berkomunikasi saat berada di lingkungan yang bising dan lebih merasa nyaman dalam mengikuti kegiatan sosial.

Alat Bantu Dengar yang Tepat Membuat Perbedaan

Tidak semua perangkat pendengaran mampu melakukan pemisahan suara ini. Personal Sound Amplifier (PSAP), misalnya, membuat semua suara lebih keras, suara apapun itu. Itulah salah satu alasan mengapa PSAP lebih murah daripada alat bantu dengar dan, seperti yang dapat Anda bayangkan. Mendengar di lingkungan yang bising dengan PSAP tentu akan membuat pendengaran menjadi lebih buruk, bukan lebih baik.

Sebagai gantinya, penting untuk menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar yang berkualitas. Alat yang memiliki sistem operasi canggih dan tenaga internal yang mampu membuat perbedaan suara seketika. Alat bantu dengar seperti itu bisa membuat mendengar menjadi mudah kembali.

Untuk mencoba salah satu alat bantu dengar berkualitas ini, cukup klik di sini. Anda akan mendapatkan lokasi outlet kami dengan profesional kesehatan pendengaran terdekat di daerah Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2021/09/hard-hearing-in-noise

 

Please rate this

and share :