Tips Melindungi Pendengaran Agar Terhindar Dari Gangguan Pendengaran
Pendengaran

Tips Melindungi Pendengaran Agar Terhindar Dari Gangguan Pendengaran

5/5 (1)

Gangguan pendengaran karena kebisingan (Noise Induced Hearing Loss/ NIHL) adalah satu-satunya jenis gangguan pendengaran yang dapat dicegah. Meskipun Anda mungkin dapat menyesuaikan diri dengan suara keras, sayangnya tidak dengan telinga dan otak Anda. Begitu Anda kehilangan pendengaran karena terpapar suara keras, pendengaran Anda tidak akan pernah pulih kembali seperti semula. NIHL biasanya terjadi secara bertahap. Pada saat Anda menyadarinya, seringkali sudah terlambat untuk mencegah kerusakan yang telah terjadi pada telinga.

Simak tips melindungi pendengaran dibawah ini yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tips Melindungi Pendengaran

  1. Gunakan pelindung telinga saat berada di lingkungan sekitar yang bising. Earplug yang terbuat dari busa mungkin dapat menjadi pilihan yang ekonomis, atau pertimbangkan untuk membeli penyumbat telinga khusus untuk mengurangi tingkat kebisingan suara.
  2. Kecilkan volume suara pada TV, radio, pemutar musik, dan lainnya.
  3. Hindari aktivitas atau tempat yang bising, jika memungkinkan.
  4. Batasi waktu Anda saat mendengarkan suara keras.
  5. Saat mendengarkan suara yang keras (contoh : suara musik, konser, kelas fitness, dll), luangkan waktu untuk menjauh dan beristirahat dari kebisingan tersebut.
  6. Menjauhlah dari sumber suara yang paling keras (contoh : speaker, kembang api, dll).
  7. Berikan telinga Anda waktu untuk beristirahat dan memulihkan dirinya setelah terpapar suara keras. Hindari suara keras yang terus menerus dan dalam waktu yang lama.
  8. Jangan memasukkan benda apapun yang ukurannya lebih kecil dari ukuran siku tangan Anda! Termasuk cotton bud, jepit rambut, kunci, penjepit kertas, atau apapun yang mungkin Anda gunakan untuk membersihkan atau menggaruk telinga.
  9. Teruslah bergerak aktif! Olahraga membuat darah terpompa ke seluruh tubuh, termasuk telinga. Ini membuat bagian dalam telinga tetap sehat.
  10. Periksakan pendengaran secara rutin, terutama jika Anda mengalami perubahan pada pendengaran, atau telinga Anda berdenging dan terasa penuh atau tersumbat selama 24 jam.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang pendengaran Anda maupun orang terdekat, hubungi profesional kesehatan pendengaran terdekat dengan menghubungi 0800 100 2234 atau klik disini.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2019/05/Hearing-Protection-Tips

 

Please rate this

and share :