10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

10 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Membeli alat bantu dengar baru adalah keputusan tepat yang berpotensi meningkatkan kualitas hidup Anda. Berikut adalah 10 tip yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan saat Anda akan membeli alat bantu dengar.

1. Temukan Ahli Pendengaran yang Berkualifikasi

Ada berbagai ahli kesehatan pendengaran yang dapat mendiagnosis dan membatu mengatasi gangguan pendengaran Anda. Carilah audilog atau konsultan pendengaran dengan kualifikasi profesional yang mempuni termasuk dari segi pendidikan, bersertifikasi, pengalaman, dan reputasi yang baik di masyarakat. Ingatlah bahwa harga bukanlah satu-satunya pertanyaan ketika Anda menemui audiolog atau konsultan pendengaran. Terlebih lagi, ketika Anda melihat iklan alat bantu dengar dengan menawarkan harga yang terjangkau, mungkin memang demikian.

2. Menjalani Evaluasi Menyeluruh

Tes dan evaluasi pendengaran yang komprehensif adalah langkah pertama untuk mengidentifikasi gangguan pendengaran Anda dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah pendengaran spesifik Anda. Evaluasi harus mencakup pemeriksaan visual, beberapa jenis tes pendengaran, dan pemeriksaan saluran telinga untuk menentukan apakah Anda cocok untuk model alat bantu dengar tidak terlihat seperti Inside The Ear (ITE)/ Inside The Canal (ITC) atau yang ditempatkan di dalam saluran seperti Completely Inside Canal (CIC)/ Invisible Inside Canal (IIC). Hasil pemeriksaan Anda harus dijelaskan dengan rinci. Hal ini untuk membantu Anda memahami apakah Anda mengalami gangguan pendengaran, dan jika ya, apa jenisnya dan seberapa parah gangguan pendengaran tersebut. Anda juga harus memahami jenis suara yang tidak dapat Anda dengar dengan kehilangan pendengaran Anda.

3. Pertimbangkan Investasi Anda Dengan Cermat

Tiap-tiap tipe alat bantu dengar mempunyai nilai dan juga harga. Saat Anda memutuskan apa yang Anda mampu, pastikan Anda mempertimbangkan manfaatnya bagi hidup Anda, saat ini dan di tahun-tahun mendatang. Saat Anda memilih model alat bantu dengar dan tingkat teknologinya, pastikan Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang apa saja yang termasuk dalam harga alat bantu dengar Anda. Anda harus mendapatkan penjelasan secara rinci yang menguraikan biaya alat bantu dengar serta layanan profesional yang termasuk dalam pembelian seperti kunjungan tindak lanjut untuk pelatihan dan penyesuaian alat.

4. Pastikan Pemasangan yang Benar

Saat Anda memesan alat bantu dengar custom-fit, cetakan liang telinga Anda akan dibuat. Kemudian cetakan liang telinga akan dibuat menjadi “shell” yang menggunakan bahan akrilik untuk medis.

Cetakan ini biasanya cukup akurat untuk mereplikasikan bentuk telinga Anda, namun dalam kasus yang jarang terjadi, prosesnya perlu diulang. Karena alat bantu dengar dipakai sepanjang hari, konsultasikan dengan konsultan pendengaran Anda untuk memastikan alat tersebut pas dan nyaman sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat penuh dari alat bantu dengar. Anda terutama harus berbicara dengan konsultan pendengaran Anda jika cetakan telinga yang disesuaikan tidak nyaman, atau jika cetakan telinga bergerak atau feedback saat Anda berbicara atau mengunyah.

5. Tindak Lanjuti Dengan Audiolog atau Konsultan Pendengaran

Pastikan untuk membuat janji tindak lanjut dengan Audiolog atau konsultan pendengaran, sehingga mereka dapat memastikan alat bantu dengar Anda berfungsi sebaik mungkin dalam setiap situasi. Diperlukan penyesuaian agar Anda terbiasa mendengar suara penuh lagi. Alat bantu dengar Anda pada awalnya mungkin di fitting untuk penggunaan pertama kali, dan penyesuaian akan dilakukan sesuai kesiapan dan kebutuhan Anda.

6. Tanyakan Tentang Aksesori dan Aplikasi

Sebagian besar alat bantu dengar saat ini dilengkapi dengan aksesori yang meningkatkan pendengaran di lingkungan yang bising seperti restoran atau tempat ramai. Atau Anda dapat streaming siaran TV secara langsung ke alat bantu dengar Anda. Alat bantu dengar juga dapat disinkronisasi dengan aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan streaming panggilan telepon, musik dan video dari smartphone, mengontrol alat bantu dengar dengan mudah, memantau kesehatan fisik dan mental Anda, dan banyak lagi.

7. Luangkan Waktu Untuk Beradaptasi

Ingatlah bahwa gangguan pendengaran Anda kemungkinan besar sudah terjadi selama bertahun-tahun. Butuh waktu untuk menyesuaikan diri mengguanakan alat bantu dengar dan mendengar suara lagi di sekitar Anda. Otak Anda akan terbiasa mendengar suara lagi yang sebelumnya pernah hilang, tapi mungkin melelahkan pada awalnya. Beri tahu teman dan anggota keluarga Anda bahwa Anda sedang menyesuaikan diri dengan alat bantu dengar. Anda mungkin juga perlu mengingatkan mereka bahwa mereka tidak perlu lagi berbicara dengan suara keras.

8. Pahami Kebijakan Uji Coba Alat Bantu Dengar

Pastikan untuk mengetahui secara pasti masa percobaan alat bantu dengar Anda, apakah ada biaya yang terkait dengan pengembalian alat bantu dengar atau tidak. Dan apakah Anda memiliki kesempatan untuk mencoba model lain jika model pertama tidak berfungsi dengan baik bagi Anda.

9. Pahami Garansi Alat Bantu Dengar Anda

Audiolog atau konsultan pendengaran Anda harus memberi Anda salinan garansi dan menjelaskan dengan rinci apa saja yang tercakup dan tidak tercakup selama masa garansi. Anda mungkin juga dapat membeli perpanjangan masa garansi atau asuransi kehilangan/kerusakan yang melindungi Anda setelah garansi berakhir. Tetapi perpanjangan masa garansi atau asuransi tidak berlaku untuk semua penyedia alat bantu dengar.

10. Mendengar dan Hidup Lebih Baik!

Orang-orang yang menggunakan alat bantu dengar selalu mengatakan kepada kita, “Saya harap saya bisa menggunakan alat bantu dengar lebih cepat” dan “Saya tidak percaya betapa banyak hal yang telah saya lewatkan”. Itu sebabnya langkah terakhir adalah memuji diri sendiri dan menikmati hidup dengan pendengaran yang lebih baik!

Sumber :
https://www.starkey.com/10-steps-to-buying-hearing-aids

Please rate this

and share :

Leave a Reply

Your email address will not be published.