Tips Menemukan Alat Bantu Dengar yang Bagus
Alat Bantu Dengar

Tips Menemukan Alat Bantu Dengar yang Bagus

No ratings yet.

Memilih alat bantu dengar yang bagus tidaklah mudah, terutama jika Anda adalah seorang calon pengguna baru. Alat bantu dengar kini hadir dalam berbagai ukuran, warna, dan tingkat teknologi. Sehingga semakin membuat kita memiliki banyak pilihan dan semakin membingungkan.  

Sebenarnya, faktor pertama untuk menentukan alat bantu dengar yang bagus adalah disesuaikan dengan kasus gangguan pendengaran Anda yang unik. Seperti yang kita tahu, tingkat gangguan pendengaran setiap orang sangat berbeda. Gangguan tersebut bisa sangat ringan hingga berat. Jadi apa yang terjadi selanjutnya? Apa yang Anda ingin alat bantu dengar pribadi Anda dapat lakukan – dan seperti apa bentuknya?

Cara Untuk Memilih Alat Bantu Dengar Terbaik

Seperti Apa Bentuk Alat Bantu Dengar Saya? 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 466 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan pendengaran. Alat bantu dengar akan disesuaikan dengan kebutuhan dan keunikan setiap orang. Beberapa orang lebih suka memperlihatkan alat dengar baru mereka. Sedangkan yang lain lebih suka untuk tidak terlalu menarik perhatian. Itu semua tergantung pada siapa Anda. Anda dapat memilih gaya, warna, dan ukuran Anda (tergantung pada gangguan pendengaran spesifik Anda). Jadi pikirkan tentang apa yang Anda ingin alat bantu dengar Anda katakan tentang Anda.

Apakah Anda Sering Keluar atau Tinggal di Rumah?

Lebih suka keluar makan malam di restoran, atau menonton TV di rumah? Gaya hidup tiap orang sangat berbeda, dan itu sebabnya alat bantu dengar juga. Jika Anda lebih suka keluar, Anda akan terpapar oleh banyak kebisingan latar belakang, yang sering kali merupakan masalah yang paling sering didengar orang. Jadi, pastikan Anda mendapatkan alat bantu dengar yang bagus yang dapat mengurangi kebisingan latar belakang dan meningkatkan kemampuan berbicara. Sedangkan bagi orang yang sering berada di rumah fitur alat bantu pengurang kebisingan mungkin tidak begitu penting.

Suka Mendengarkan Musik atau Suara TV Langsung ke Alat Bantu Dengar Anda?

Jika Anda pengguna smartphone, ada kemungkinan besar Anda akan menikmati alat bantu dengar yang bagus dengan fasilitas Bluetooth yang dibuat untuk konektivitas. Banyak alat bantu dengar hari ini menawarkan konektivitas Bluetooth 2.4GHz (Dibuat untuk iPhone) yang akan menghubungkan perangkat iOS Anda (produk Apple) langsung ke alat bantu dengar Anda. 

Ingin Menggunakan Smartphone Untuk Mengelola Alat Bantu Dengar Anda?

Alat bantu dengar yang bagus hari ini dapat melakukan lebih dari sekedar memperkuat suara. Bahkan, Anda bisa mendapatkan aplikasi untuk ponsel cerdas Anda yang akan membantu Anda mempersonalisasikan pengalaman mendengarkan Anda melalui Kecerdasan Buatan, atau melacak tingkat aktivitas Anda, misalnya. Jenis-jenis fitur ini biasanya dikelola melalui smartphone Anda. Jadi jika Anda memilikinya, dan Anda suka menggunakannya, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak fitur yang tersedia bagi Anda di atas fitur suara otomatis, yang bervariasi dari alat bantu dengar.

Apakah Anda Kesulitan Mendengar Suara Lembut? 

Suara keras biasanya tidak sulit untuk didengar, tetapi suara yang lebih lembut seperti kicauan burung, gemerisik surat kabar atau bahkan mungkin suara lembut anak-anak kecil kadang berkurang volumenya ketika Anda mengalami gangguan pendengaran. Mereka bahkan bisa menghilang sepenuhnya! Jika Anda merindukan kehadiran suara lembut tersebut, tidak ada keraguan Anda harus menemukan alat bantu dengar yang bagus dengan kapasitas yang baik untuk suara lembut dan ambient itu. 

Seperti Apa Lingkungan Kerja Anda?

Ada perbedaan besar antara bekerja di lokasi konstruksi atau di teater atau kantor.  Untuk memilih alat bantu dengar yang bagus Anda harus memikirkan bagaimana situasi tempat kerja Anda: apakah Anda memerlukan alat bantu dengar yang dapat mengurangi kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan? Apakah Anda memerlukan alat bantu yang bisa menangkap suara lembut, atau memiliki akustik yang bagus di tempat-tempat besar.

Dimana Anda Paling Sering Perlu Mendengar yang Terbaik?

Apakah Anda aktif dalam olahraga, atau apakah Anda sering menyelenggarakan kuliah besar, pergi ke layanan keagamaan atau berlayar di laut? Apa pun momen penting mendengarkan Anda, pastikan Anda menangkapnya dengan alat bantu dengar Anda. Beberapa alat bantu dengar yang bagus akan menawarkan fitur yang bagus untuk olahraga; yang lain mungkin lebih baik untuk konser. Dan beberapa alat bantu dengar hampir bisa melakukan semuanya! Pastikan saja alat bantu dengar baru Anda dapat memberi Anda dukungan sebaik mungkin di saat-saat favorit Anda. 

Sekarang, Bagaimana Anda Memulai?

Jika Anda belum mengikuti tes pendengaran, kami sarankan Anda melakukannya. Mulailah dengan mengambil tes online cepat dan gratis . Jika Anda memiliki pendengaran yang berkurang, seorang profesional perawatan pendengaran dapat membantu menjawab pertanyaan Anda dan menemukan solusi terbaik untuk Anda.  

Dapatkan Informasi tentang berbagai jenis alat bantu dengar mengunjungi website kami di sini.

Sumber : https://global.widex.com/en/blog/choosing-a-hearing-aid

Please rate this

and share :