Cara Merawat Alat Bantu Dengar Dengar Dengan Benar
Alat Bantu Dengar

Cara Merawat Alat Bantu Dengar Dengan Benar

5/5 (1)

Merawat alat bantu dengar sangat penting dilakukan untuk menjamin kinerjanya agar tetap optimal. Terdapat banyak langkah perawatan alat bantu dengar yang dapat Anda lakukan. Di bawah ini akan kami jelaskan seputar tiga penyebab utama masalah pada alat bantu dengar dan cara perawatan yang tepat.

Cara Merawat Alat Bantu Dengar

Bersihkan alat bantu dengar setiap pagi

Agar kotoran tidak menyumbat komponen penting alat bantu dengar, seperti mikrofon atau receiver, penting untuk membersihkan alat bantu dengar setiap pagi. Jangan pernah gunakan cairan apapun atau lotion untuk membersihkannya. Cukup gunakan kain bersih yang kering atau tisu kering secara teratur untuk menghindari adanya penumpukan kotoran telinga atau kotoran lainnya.

Hindari paparan air yang tidak disengaja

Lepaskan alat bantu dengar ketika akan berenang atau saat ingin berinteraksi dengan air. Simpan alat bantu dengar dalam wadah penyimpanannya. Kemudian letakkan di tempat yang dingin dan teduh untuk menghindari kelembaban dan panas berlebih.

Jaga rutinitas

Cobalah untuk membuat dan mematuhi aturan penyimpanan alat bantu dengar. Misalnya, jika Anda biasanya mandi di pagi hari, selalu tinggalkan alat bantu dengar di tempat penyimpanan atau di tempat yang sama setiap kali (bukan di kamar mandi). Hal ini untuk menghindari kemungkinan Anda mengalami lupa atau tanpa sengaja meninggalkannya di wastafel atau toilet.

Jaga alat bantu dengar agar tidak lembab

Kelembaban dapat terkumpul di bagian dalam alat bantu dengar serta tubing (selang) pada earmold. Hal ini terjadi karena udara lembab yang hangat dari saluran telinga berpindah ke dalam tubing yang terpapar dari udara lingkungan sekitar.

Buka penutup tempat baterai di malam hari

Di malam hari, penutup tempat baterai alat bantu dengar harus dibiarkan terbuka agar udara mengalir ke dalam perangkat. Hal ini memiliki manfaat tambahan untuk menghemat masa pakai baterai. Idealnya, alat bantu dengar harus disimpan dalam mesin pengering alat bantu dengar. Benda ini tidak hanya berfungsi sebagai wadah penyimpanan malam hari yang aman. Tetapi juga bertindak sebagai tempat penyerap kelembaban untuk membantu menarik uap air dari dalam perangkat ke dalam ‘kristal’ yang menyerap kelembaban. CATATAN: ikuti petunjuk penggunaan dan perawatan yang tepat dari perangkat pengering alat bantu dengar sebelum digunakan.

Hindari Kerusakan Fisik

Untuk mencegah kerusakan, alat bantu dengar harus disimpan secara konsisten dan aman setiap kali tidak digunakan. Mereka harus ditempatkan di luar jangkauan anak-anak kecil dan hewan peliharaan. Ketika kerusakan terjadi, kumpulkan semua komponen perangkat pendengaran dan jadwalkan janji temu dengan profesional sesegera mungkin.

Jika ada kerusakan pada kabel atau permukaan alat bantu dengar, maka perangkat tidak boleh digunakan. Karena ujung yang tajam dapat menyebabkan iritasi atau abrasi pada telinga dan daerah sekitarnya. Kerusakan pada tubing, harus ditangani secepat mungkin karena kerusakan tersebut dapat memiliki efek parah pada kualitas suara perangkat pendengaran.

Pastikan untuk menggunakan tips ini dan kunjungi website kami di sini untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan alat bantu dengar Anda. Untuk mendapatkan tips penting lainnya, Anda dapat membaca artikel kami : Merawat alat bantu dengar agar tetap berfungsi optimal. 

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2016/03/hearing-aid-cleaning-tips

Please rate this

and share :