Mengenal Perbedaan Pada Alat Bantu Dengar Digital
Alat Bantu Dengar

Mengenal Perbedaan Pada Alat Bantu Dengar Digital

No ratings yet.

Alat bantu dengar digital maupun analog memiliki empat bagian atau komponen. Diantaranya adalah mikrofon, amplifier, receiver, dan baterai. Ketika kita berbicara tentang “digital” kita berbicara tentang amplifier. Komponen inilah yang membuat suara menjadi lebih keras. Dalam teknologi alat bantu dengar analog, yang bisa dilakukan oleh sebuah alat bantu dengar hanyalah membuat suara lebih keras.

Fitur Dalam Alat Bantu Dengar Digital

Dengan alat bantu dengar digital, amplifier atau penguat pada dasarnya dapat melakukan lebih dari sekadar memperkuat suara. Dimana hal ini memungkinkan lebih banyak fitur dalam alat bantu dengar yang sangat kecil untuk bekerja. Apa saja fitur yang bisa berada dalam alat bantu dengar digital? Mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Feedback Cancellation

Banyak orang yang terbiasa dengan alat bantu dengar yang mengeluarkan suara ‘ngiing’. Suara mengganggu ini disebut feedback atau umpan balik. Alat bantu dengar analog hanya bisa mengendalikan ini dengan menghilangkan suara keras pada suara percakapan frekuensi tinggi menjadi sedikit lembut. Sedangkan alat bantu dengar digital mampu menghilangkan feedback sebelum Anda mendengarnya. Selain itu juga memastikan agar suara percakapan selalu terdengar lembut di telinga Anda.

Directional Mikrofon

Ini adalah komponen pada alat bantu dengar yang membantu fokus pada suara yang ingin Anda dengar dan mengecilkan suara lain di sekitar. Dengan alat bantu dengar analog, Anda harus menekan tombol pada untuk mengaktifkan fitur ini. Alat bantu dengar digital dapat mengetahui kondisi lingkungan sekitar dan menyalakan mikrofon ini secara otomatis. Dalam beberapa kasus, bantuan digital dan mikrofon bahkan dapat mengetahui darimana suara itu berasal.

Program Musik

Suara percakapan sangat berbeda dengan suara musik. Alat bantu dengar analog – dan beberapa alat bantu digital generasi awal – menganggap semua suara sama. Alat bantu dengar digital teknologi terkini dapat membedakan antara suara percakapan dan suara musik serta memperlakukan kedua suara tersebut secara berbeda.

Noise Management

Ini dirancang untuk membantu orang menjadi lebih nyaman dalam berbagai lingkungan. Noise management sangat dibutuhkan di lingkungan yang sibuk dimana Anda ingin memahami dan mengikuti sebuah percakapan tanpa terganggu suara bising di sekitar.

Alat bantu analog tidak bisa berbuat banyak di kedua situasi ini. Alat bantu analog memperlakukan semua suara hampir sama. Suara lembut, rata-rata, dan keras semuanya diperkuat. Itu adalah persepsi yang dimiliki banyak orang tentang alat bantu dengar – mereka membuat segalanya lebih keras, bahkan menciptakan kebisingan.

Tetapi hal ini tidak berlaku bagi alat bantu dengar digital. Teknologi digital menawarkan lebih banyak kontrol dan penyesuaian yang cukup pintar untuk memahami suara tersebut. Alat bantu dengar dapat melakukan hal yang berbeda untuk suara yang berbeda. Ketika percakapan sedang berlangsung, alat bantu dengar digital dapat membuatnya lebih mudah untuk fokus pada percakapan.

Konektivitas

Ini adalah kata yang sering kita dengar hari ini. Konektivitas adalah kemampuan alat bantu dengar untuk terhubung ke perangkat lain. Alat bantu analog hanya memiliki beberapa cara untuk menghubungkan ke beberapa hal. Cara yang paling umum adalah dengan kabel yang terhubung ke alat bantu dengar dan jack headphone pada perangkat. Alat bantu dengar digital dapat terhubung ke banyak hal secara nirkabel, tanpa kabel apa pun. Anda dapat mendengar panggilan telepon secara langsung melalui alat bantu dengar. Kemampuan untuk mendengarkan TV, musik, dan media lain melalui alat bantu dengar Anda adalah keunggulan konektivitas lainnya.

Intinya, alat bantu digital adalah jenis alat bantu dengar terkini yang memiliki lebih banyak fungsi dan kelebihan. Anda bisa mendapatkan pengalaman untuk mendengarkan secara lebih mudah jika menggunakan alat tersebut.

Agar rasa penasaran Anda hilang, dan  mendapatkan pengalaman untuk mengetahui produk tersebut secara langsung, Anda bisa menghubungi ABDI di no 0800-100-2234 atau  mengunjungi website kami dengan klik di sini. Di ABDI Anda bisa menjumpai para profesional perawatan pendengaran dan mendapatkan layanan, tes pendengaran, konsultasi, solusi masalah pendengaran maupun pemilihan alat bantu dengar digital yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan ABDI dapatkan pengalaman mendengar terbaik untuk hidup yang lebih baik.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2018/05/Digital-hearing-aids

Please rate this

and share :