Tempat Umum Penyebab Masalah Pendengaran - ABDI Blog
Gangguan Pendengaran

Penyebab Masalah Pendengaran – ABDI Blog

No ratings yet.

Penyebab masalah pendengaran paling umum adalah karena adanya paparan suara bising yang berlebihan. Gangguan pendengaran merupakan kondisi kesehatan kronis yang dihadapi orang dewasa. Dan satu dari setiap empat orang memiliki masalah pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. 

Anda dapat mengukur tingkat kekerasan suara tertentu dengan tingkat desibel (dB). Tingkat suara <85 dB dapat menyebabkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Semakin keras suaranya, semakin singkat waktu yang dibutuhkan untuk menyebabkan gangguan pendengaran.

Lingkungan sehari-hari dapat berkontribusi terhadap masalah pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan. Penting untuk mengetahui tingkat desibel rata-rata yang mengelilingi Anda setiap hari. Anda bahkan mungkin tidak tahu beberapa tempat bisa membahayakan pendengaran Anda.

Lingkungan Penyebab Masalah Pendengaran

Berikut adalah daftar beberapa lingkungan sehari-hari yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran karena kebisingan. Serta beberapa tips tentang bagaimana melindungi pendengaran Anda :

Kota yang sibuk

Jika Anda tinggal atau bekerja di kota, Anda dapat terpapar suara bising dimana saja. Dari 60 dB hingga 110 dB suara. Suara bising kendaraan bermotor, mobil polisi dan sirene ambulans adalah penyebab umum.  

Tempat Kerja

Gangguan pendengaran dari pekerjaan adalah salah satu penyakit terkait pekerjaan yang paling umum di Amerika Serikat. Bahkan, hampir satu dari lima pekerja AS telah terpapar kebisingan di tempat kerja yang berbahaya. Pekerjaan sebagai pekerja konstruksi atau sopir angkutan umum biasanya akan selalu terpapar suara bising yang sangat sulit diterima oleh telinga secara terus menerus. Bahkan para musisi atau pekerja seni dapat terkena level  suara diatas desibel yang terlalu tinggi dalam waktu yang lama.

Solusinya? Kenakan perlindungan pendengaran yang benar, seperti sumbat telinga atau sarung tangan kelas industri , dan cobalah untuk membatasi paparan kebisingan keras di luar hari kerja Anda.

Restoran

Survei telah mengidentifikasi kebisingan berlebihan sebagai salah satu keluhan utama pengunjung. Satu artikel dari The Atlantic menyatakan bahwa tingkat kebisingan berkisar antara 86 dB di food court saat makan siang .

Masalah Pendengaran Karena Kebisingan Dapat Dicegah

Kabar baiknya adalah bahwa gangguan pendengaran yang diinduksi oleh kebisingan dapat dicegah, tetapi  semua terserah Anda untuk melindungi pendengaran Anda dengan membatasi paparan suara keras, menggunakan alat pelindung pendengaran, dan menggunakan alat untuk menavigasi zona keselamatan pendengaran dan menemukan tempat yang lebih tenang untuk menjalani hidup Anda.

Jika gangguan pendengaran karena faktor kebisingan sudah sangat mengganggu Anda, maka jangan menunggu waktu terlalu lama, segera hubungi layanan audiolog maupun profesional perawatan pendengaran terdekat di kota Anda. Ingatlah selalu, memeriksakan pendengaran lebih awal akan membuat gangguan pendengaran Anda tidak semakin memburuk dari waktu waktu, jadi bergegaslah!

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2019/10/Protect-your-hearing-month

Please rate this

and share :