Memprogram Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Memprogram Alat Bantu Dengar Sendiri, Bisakah ?

No ratings yet.

Untuk dapat  mengontrol lebih atas pendengaran mereka, beberapa pengguna alat bantu dengar mencoba memprogram alat bantu dengar mereka sendiri.

Namun jika Anda berpikir untuk melakukannya sendiri, Anda harus mengetahui kekurangan dan kelebihan memprogram alat bantu dengar sendiri. Meskipun dapat membawa beberapa keuntungan, itu jelas bukan keputusan yang tepat untuk setiap pengguna. Mengapa? Mari kita simak beberapa alasannya di bawah ini.

BAGAIMANA ALAT BANTU DENGAR DIPROGRAM SECARA NORMAL

Bagi kebanyakan orang, pemrograman alat bantu dengar merupakan proses yang mudah. Audiolog menangani program alat bantu dengar untuk sebagian besar pengguna alat bantu dengar. Audiologis akan mengambil alat bantu dengar Anda dan menghubungkannya ke komputer, kemudian mengajukan pertanyaan kepada anda tentang bagaimana kinerjanya. Bergantung pada jawaban Anda dan hasil tes, audiolog Anda kemudian akan mengubah pemrograman di dalam alat bantu dengar Anda.

Audiolog juga menggunakan peralatan khusus untuk membantu mereka memutuskan pengaturan mana yang akan diubah dan bagaimana mengubahnya. Misalnya, beberapa audiolog menggunakan mikrofon probe yang dikombinasikan dengan alat bantu dengar Anda. Untuk menentukan jenis suara apa yang sebenarnya mencapai telinga Anda. Yang lain menggunakan perangkat lunak khusus untuk secara otomatis menyesuaikan pemrograman alat bantu dengar Anda dengan audiogram Anda.

Baca juga : Audiolog Yang Tepat Untuk Pendengaran Anda

BISAKAH ANDA MEMPROGRAM ALAT BANTU DENGAR SENDIRI?

Dengan kemajuan terbaru dalam teknologi komputer, lebih memungkinkan bagi pengguna untuk memprogram alat bantu dengar mereka sendiri di rumah. Ada juga banyak tutorial dan sumber daya online untuk membantu orang yang ingin mencobanya, menjadikannya pilihan bagi lebih banyak orang daripada sebelumnya.

Bagi banyak pemilik alat bantu dengar, pemrograman mandiri terasa seperti ide bagus. Ini seperti memberdayakan properti pendengaran Anda sendiri. 

Namun, memprogram alat bantu dengar Anda sendiri tidak selalu merupakan ide yang baik. Anda  bisa salah ketika memprogram alat bantu dengar Anda sendiri, dan itu tidak selalu mudah untuk mulai dilakukan. Anda akan membutuhkan beberapa peralatan khusus dan kesabaran yang bagus – dan bahkan kemudian, mudah untuk membuat kesalahan.

KESULITAN PEMROGRAMAN DIRI

Meskipun ada banyak sumber untuk belajar memprogram alat bantu dengar Anda sendiri, tetapi mungkin akan banyak kendala yang Anda temui. Berikut adalah beberapa kendala yang akan Anda hadapi saat memprogram alat bantu dengar Anda sendiri:

  • Masalah perangkat lunak – Perangkat bantu dengar sangat khusus dan berisi ratusan pengaturan dan opsi yang berbeda . Jika Anda tidak tahu apa yang akan di lakukan, Anda dapat dengan mudah merusak alat bantu dengar.
  • Kebutuhan perangkat keras – Untuk memprogram alat bantu dengar Anda, Anda harus membeli perangkat khusus, termasuk antarmuka perangkat keras alat bantu dengar dan kabel koneksi khusus . Perangkat keras ini dapat menelan biaya puluhan juta, dan jika Anda pernah mengganti alat bantu dengar Anda mungkin perlu membeli antarmuka atau kabel baru yang cocok.
  • Kesulitan pemrograman – Sekalipun Anda membeli perangkat keras dan menghubungkannya ke komputer dengan benar, tidak ada jaminan Anda akan memiliki cukup pengalaman untuk meningkatkan alat bantu dengar Anda.  Anda bahkan dapat mengubah pengaturan ke titik di mana alat bantu dengar Anda dapat merusak pendengaran Anda .

MENGAPA SEORANG AUDIOLOG HARUS MEMPROGRAM ALAT BANTU DENGAR ANDA

Berbeda dengan kesulitan pemrograman mandiri , membiarkan program audiologis alat bantu dengar Anda hampir tidak menimbulkan risiko bagi Anda atau perangkat Anda. Audiolog terlatih dan berpengalaman dalam pemrograman alat bantu dengar, dan mereka memiliki semua sumber daya yang mereka butuhkan untuk membuat perubahan yang tepat untuk menguntungkan Anda. Saat Anda mengizinkan audiolog memprogram alat bantu dengar untuk Anda, Anda dijamin akan mendapatkan hasil yang bermanfaat tanpa perlu membeli perangkat keras yang mahal atau mempelajari program komputer yang rumit.

Pemrograman mungkin tampak seperti cara yang baik untuk melenturkan keterampilan DIY Anda dan mendapatkan kontrol lebih besar atas alat bantu dengar Anda, tetapi itu jelas bukan untuk kebanyakan orang . Sebagai gantinya, biarkan audiolog yang berkualifikasi dan berpengalaman seperti yang ada di ABDI (alat bantu dengar Indonesia) menanganinya untuk Anda. Kami akan membantu Anda menemukan pengaturan yang sempurna untuk alat bantu dengar Anda dan menjawab semua pertanyaan yang Anda miliki di sepanjang jalan yang Anda butuhkan. Hubungi 0800-100-2234 hari ini untuk memulai atau mengunjungi website  kami untuk informasi lebih lanjut.

Please rate this

and share :