Mengenal Alat Bantu Dengar RIC (Receiver In The Canal)
Alat Bantu Dengar

Mengenal Alat Bantu Dengar RIC (Receiver In The Canal)

4/5 (1)

RIC adalah jenis alat bantu dengar terbuka yang menggunakan casing berupa tabung kecil yang memanjang. Ditempatkan di belakang telinga pada bagian atas telinga luar dan ke dalam saluran telinga. Sebuah ear-tip kecil dan lembut terletak di dalam saluran telinga. Dengan cara ini, udara dan suara dapat terus mengalir ke saluran telinga secara alami.

Alat bantu dengar Receiver-in-the-canal (RIC) — juga disebut sebagai receiver-in-the-ear (RITE) atau teknologi penerima kanal (CRT) —memiliki ukuran lebih kecil dari model BTE. Tetapi meskipun kecil, alat ini menawarkan kemudahan untuk bermanuver dan masih memiliki berbagai fitur. Seperti BTE standar, mereka dapat dikenakan dengan nyaman di belakang telinga. Namun, tidak seperti alat bantu dengar BTE biasa, pengeras suara atau “receiver” alat model ini terletak di luar telinga. Diposisikan di ujung kabel tipis, ditempatkan di dekat gendang telinga. Suara yang dihasilkan hanya akan menempuh jarak yang sangat pendek dengan kehilangan transmisi yang lebih rendah. Sehingga lebih sedikit energi suara (dan daya baterai) diperlukan untuk menghasilkan pengalaman mendengarkan yang unggul.

Kekurangan dan Kelebihan Alat Bantu Dengar RIC (Receiver-In-Canal)

Kelebihan

  • Berukuran kecil sehingga tidak terlihat saat digunakan.
  • Minimalkan suara Anda sendiri dengan memperjelas suara keluar dari saluran telinga.
  • Casing kecil, hampir tidak terlihat.
  • Tubing menggunakan kabel tipis dan hampir tak terlihat.
  • Baterai lebih besar untuk masa pakai baterai lebih lama.

Kekurangan

  • Ujung receiver rentan terhadap kelembaban.
  • Penempatan yang kurang teliti akan berpotensi untuk menghilangkannya tanpa disadari karena ukurannya yang sangat kecil.

Lebih dari setengah pasien perawatan pendengaran adalah kandidat yang baik untuk alat model ini. Jika kerugian Anda berada dalam kisaran ringan hingga sedang. Lalu Anda memiliki kemampuan untuk mengawasi benda kecil, alat bantu dengar ini mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Gangguan Pendengaran vs Gaya Hidup

Alat Bantu Dengar RIC adalah salah satu jenis alat bantu dengar yang paling fleksibel. Mereka yang mengalami gangguan pendengaran ringan hingga sedang dan yang aktif ringan hingga sedang dapat menggunakan RIC. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi kemajuan besar dalam fitur tambahan untuk alat bantu dengar RIC seperti konektivitas nirkabel dan streaming.

Alat Receiver In Canal yang Tersedia ABDI

ABDI sebagai pusat penyedia alat bantu dengar Indonesia memiliki pilihan alat bantu RIC yang dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan serta gaya hidup. Masing-masing produk sudah memiliki kelebihan dan memiliki aksesibilitas tinggi.

Anda tetap mendapatkan kebebasan untuk memilih apabila anda lebih menyukai perangkat yang tersembunyi untuk style, ukuran dan warna yang disukai. Beberapa alat bantu dengar RIC kami sekarang ini bahkan telah dilengkapi dengan sambungan wireless ke telepon seluler anda dan dapat menyalurkan suara secara jernih, mengamplifikasi dan memodifikasi berdasarkan gangguan pendengaran secara langsung ke telinga Anda. Pilihan ini beserta pilihan lainnya tersedia untuk anda dan untuk meningkatkan pengalaman mendengar dengan alat bantu dengar baru anda.

Ingatlah bahwa kunci pemasangan abd yang baik bukan hanya bergantung pada jenis alat yang Anda pilih saja, tetapi dengan adanya kerja sama yang baik Antara Anda dengan profesional yang Anda percayai dan yang dapat membantu Anda memilih dan menyesuaikan abd yang tepat untuk kebutuhan unik Anda.  Untuk menemukan profesional pendengaran di dekat Anda, hubungi 0800-100-2234 atau  klik di sini.

Sumber : https://www.connecthearing.com/hearing-aids/receiver-in-canal/

Please rate this

and share :