Mengenal Baterai Alat Bantu Dengar
Alat Bantu Dengar

Mengenal Baterai Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Bagi seseorang yang menggunakan alat bantu dengar, berolahraga di luar ruang dan banyak berkeringat merupakan hal yang cukup merepotkan untuk diatasi. Baterai alat bantu dengar mungkin terlihat tidak sepenting alat bantu dengar itu sendiri. Namun, situasi tertentu membuat keberadan baterai alat bantu dengar yang berkualitas menjadi sangat penting untuk dimiliki. Maka, akan lebih baik jika Anda mempelajari lebih lanjut seputar pilihan baterai terbaik untuk perangkat alat bantu dengar Anda.

Baterai sekali pakai untuk alat bantu dengar

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi alat bantu dengar sudah beralih dari analog ke digital. Namun beberapa konsumen merasa kecewa karena baterai alat bantu dengar tidak turut berkembang seiring dengan teknologi alat bantu dengar yang semakin canggih.  Masa pakai baterai tetap menjadi salah satu perhatian utama pengguna alat bantu dengar. Setelah baterai diaktifkan, baterai akan terus mengalir sampai semua daya habis.

Zinc-air baterai sekali pakai adalah tipe baterai yang paling banyak digunakan saat ini. Masa pakai baterai tergantung pada berbagai faktor termasuk ukuran baterai, daya yang dibutuhkan oleh perangkat itu sendiri, penggunaan alat bantu dengar oleh pemakai, tingkat gangguan pendengaran, dan kondisi lingkungan tempat baterai disimpan. Elemen seperti kelembaban, suhu, dan ketinggian dataran tempat tinggal dapat mempengaruhi daya tahan baterai. Dulu, konsumen diinstruksikan untuk menyimpan alat bantu dengar di lemari es. Namun saat ini,  baterain berbahan zinc saat ini harus ditempatkan pada suhu kamar karena voltase baterai akan berkurang jika berada pada tempat dengan suhu yang lebih dingin. Menggunakan alat penyimpan kering dan anti-lembab akan membantu melindungi alat bantu dengar dan baterainya sekaligus.

Masa baterai alat bantu dengar juga tergantung pada fitur perangkat yang dimilikinya. Julie Norin, AuD, direktur audiologis di Hearing and Speech Agency (HASA), mengaitkan masa pakai baterai yang singkat dengan bagaimana konsumen menggunakan alat bantu dengar mereka. “Jika seseorang menghubungkan alat bantu dengar mereka ke iPhone atau jika mereka bersekolah dan terhubung ke sistem FM, baterai tidak akan bertahan lama karena allat bantu dengartersebut digunakan lebih dari sekadar untuk mendengar suara dasar,” kata Norin. Popularitas alat bantu dengar yang  memiliki konektivitas ke iPhone dan Bluetooth membuat kebutuhan akan baterai alat bantu dengar yang kuat  juga meningkat.

Baterai alat bantu dengar yang dapat diisi ulang

Dibandingkan dengan baterai alat bantu dengar sekali pakai dan baterai bertenaga surya, baterai isi ulang mungkinadalah pilihan yang paling berguna dan efisien untuk pengguna alat bantu dengar. Baterai isi ulang dengan ion lithium-ion dan seng perak ini cukup populer dan diminati dalam beberapa tahun belakangan ini. Beberapa baterai isi ulang dapat bertahan hingga 24 jam namun mungkin perlu diganti setelah satu tahun. Fleksibilitas baterai ini dapat bermanfaat bagi pengguna alat bantu dengar yang memiliki masalah ketangkasan atau penglihatan yang rendah. Beberapa merek baterai alat bantu dengar yang dapat diiisi ulang juga memungkinkan konsumen untuk mengganti baterai isi ulang kosong dengan baterai sekali pakai agar konsumen dapat selalu menggunakan alat bantu dengarnya ketika baterai sedang diisi ulang.

Teknologi alat bantu dengar saat ini menawarkan konsumen dengan beragam tipe dan jenis baterai yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Namun demikian, konsumen masih berkeinginan memiliki baterai alat bantu dengar yang lebih canggih dari itu semua.  “Kadang-kadang, ketika saya sedang berolahraga dan keringat masuk ke alat bantu dengar saya, alat bantu dengar saya akan berhenti bekerja,” kata Micaiah Shako, seorang berusia 24 tahun dari Maryland yang telah memakai alat bantu dengar selama 20 tahun. Sementara alat bantu dengarnya bekerja lagi setelah mengering, dia mencatat bahwa merek lain mati begitu air atau keringat mengenai baterai. Sebagai pemakai alat bantu dengar seumur hidup, Shako percaya bahwa baterai alat bantu dengar banyak memerlukan pengembangan, termasuk dalam hal anti-air.  Tapi sambil menunggu kemajuan teknologi lebih lanjut, ada baiknya mengoptimalkan fitur dan manfaat dari teknologi yang ditawarkan oleh  baterai alat bantu dengar saat ini.

Please rate this

and share :