Mengatasi Masalah Pada Alat Bantu Dengar di Rumah
Alat Bantu Dengar

Mengatasi Masalah Pada Alat Bantu Dengar di Rumah

5/5 (3)

Seperti perangkat berteknologi tinggi lainnya, alat bantu dengar terkadang bisa menjadi rewel. Tidak perlu khawatir – sebagian besar masalah dapat Anda selesaikan sendiri di rumah dengan mudah. Di bawah ini adalah beberapa masalah paling umum dan cara mengatasi masalah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperbaikinya sendiri di rumah.

Jika Anda mengalami satu dari masalah berikut ;

  • Alat bantu dengar tidak menghasilkan suara.
  • Amplifikasi lemah atau terputus-putus.
  • Suara internal atau suara terdistorsi / berantakan.

Tanyakan Pada Diri Anda Empat Pertanyaan Ini Untuk Memecahkan Masalah Alat Bantu Dengar

1. Apakah Alat Bantu Dengar Saya Dalam Keadaan Menyala?

Jika tidak mendengar suara apapun dari alat bantu dengar Anda, pastikan pintu baterai alat bantu dengar telah tertutup sepenuhnya dan kemudian nyalakan alat bantu dengar. Jika Anda memiliki kontrol volume, pastikan volume ABD tidak pada mode sunyi atau pada setelan suara minimum.

2. Apakah Ada Masalah Pada Baterai?

Baterai harus diletakkan di dalam alat bantu dengar dengan cara tertentu agar dapat berfungsi (lihat kembali buku petunjuk ABD Anda untuk informasi tentang cara penempatan yang benar). Seperti baterai lainnya, baterai alat bantu dengar terpolarisasi dan memiliki tanda “+” dan “-”. Sisi datar baterai alat bantu dengar adalah kutub positif. Periksa penempatan yang benar dari baterai di alat bantu dengar. Jika baterai dalam keadaan terbalik, alat bantu dengar Anda tidak akan bisa menyala.

Selanjutnya, pastikan Anda tidak menggunakan baterai yang mati atau lemah. Keluarkan baterai baru dari kemasannya dan lepaskan stiker dari baterai. Kami menyarankan Anda menunggu 3-5 menit setelah melepas stiker sebelum menggunakan baterai. Hal ini memungkinkan baterai terisi penuh sebelum siap digunakan. Masukkan baterai baru ke alat bantu dengar. Jika Anda memiliki penguji baterai, Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa tingkat daya baterai alat bantu dengar.

3. Apakah Alat Bantu Dengar Tersumbat?

Kotoran telinga, kelembapan, minyak, dan bahan asing lainnya dapat menumpuk di mikrofon, port suara, dan tubing alat bantu dengar, yang dapat berdampak negatif terhadap fungsinya.

  • Bersihkan alat bantu dengar dengan kain atau tisu yang bersih dan kering.
  • Jika ahli pendengaran Anda memberikan alat atau sikat pembersih, gunakan alat tersebut untuk membersihkan kotoran dari komponen alat bantu dengar.
  • Bersihkan atau ganti pelindung / pelindung kotoran telinga. 

4. Sudahkah Anda Menggunakan Program yang Sesuai?

Jika alat bantu dengar Anda memiliki beberapa program, pastikan Anda menggunakan program yang paling sesuai untuk lingkungan sekitar. Beberapa program yang ditujukan untuk telepon atau lingkungan tertentu mungkin terdengar tidak biasa jika Anda menggunakannya dalam situasi lain.

Hubungi Profesional Pendengaran Anda

Penting untuk diingat bahwa beberapa masalah tertentu pada alat bantu dengar harus dirujuk ke ahli pendengaran untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Jika saran pemecahan masalah di atas tidak menyelesaikan masalah atau jika ada kerusakan fisik pada alat bantu dengar Anda, silakan hubungi kami disini. Atau kunjungi outlet terdekat ABDI agar ahli pendengaran kami dapat menyelidiki masalah tersebut lebih lanjut.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/articles/2020/04/diy-hearing-aid-home-fixes

Please rate this

and share :