kehilangan pendengaran
Alat Bantu Dengar

Mengenal Beberapa Masalah Terkait Alat Bantu Dengar

No ratings yet.

Seperti perangkat elektronik lainnya, alat bantu dengar terkadang mengalami kegagalan fungsi. Hal ini seringkali mengkhawatirkan karena tidak semua orang familiar dengan alat tersebut.

Namun saat ini Anda tidak perlu khawatir. Kami akan membantu Anda mengidentifikasi masalah-masalah kecil alat bantu dengar dan cara memecahkan masalah yang muncul. Informasi ini dapat menghemat waktu Anda dan membantu Anda memperbaiki sendiri beberapa masalah ini. Sehingga Anda dapat terus menerima manfaat dari alat bantu dengar.

Jika Anda mengalami salah satu masalah berikut:

  • Suara alat bantu dengar hilang total
  • Amplifikasi lemah
  • Terdengar suara internal atau suara yang terdistorsi

Maka Anda perlu menanyakan pada diri Anda empat pertanyaan dibawah ini untuk memecahkan masalah.

Apakah Alat Bantu Dengar Anda dapat Beroperasi?

Jika Anda tidak mendapatkan suara dari alat bantu dengar Anda, pastikan pintu baterai alat bantu dengar benar-benar tertutup dan alat bantu dengar dihidupkan. Jika Anda memiliki kontrol volume, pastikan volume tidak disetel pada mode bisu atau pada pengaturan minimum.

Apakah Ada Masalah dengan Baterai?

Baterai perlu ditempatkan ke dalam alat bantu dengar dengan cara yang tepat agar berfungsi (lihat instruksi manual untuk informasi tentang pemasangan baterai yang tepat). Seperti baterai lainnya, baterai alat bantu dengar terpolarisasi dan memiliki kutub “+” dan “-“. Sisi datar baterai alat bantu dengar adalah kutub positif. Periksa penempatan baterai yang tepat dalam alat bantu dengar Anda. Jika baterai terbalik, alat bantu dengar Anda tidak akan dapat menghasilkan daya.

Selanjutnya, pastikan baterai Anda tidak sedang dalam kondisi mati atau lemah. Keluarkan baterai baru dari kemasan dan lepaskan stiker/ tab dari baterai. Kami sarankan Anda menunggu 3-5 menit setelah melepas stiker sebelum menggunakan baterai. Waktu ini memungkinkan baterai terisi penuh sebelum siap digunakan. Masukkan baterai baru ke dalam alat bantu dengar. Jika Anda memiliki tester baterai, Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa tingkat daya baterai alat bantu dengar terlebih dahulu.

Apakah Alat Bantu Dengar Tersumbat?

Kotoran telinga, uap air, minyak dan bahan asing lainnya dapat menumpuk di mikrofon, port suara, dan tabung alat bantu dengar yang secara negatif mempengaruhi fungsinya.

Bersihkan alat bantu dengar dengan kain atau tisu yang bersih dan kering. Jika profesional pendengaran memberi Anda alat atau sikat pembersih, gunakan itu untuk membersihkan puing-puing dari komponen alat bantu dengar. Bersihkan atau ganti pelindung/ lilin pelindung jika sudah tidak layak untuk digunakan.

Apakah Anda Menggunakan Program yang Tepat?

Jika alat bantu dengar Anda memiliki banyak program, pastikan Anda menggunakan program yang paling tepat untuk lingkungan pendengaran Anda. Beberapa program yang ditujukan untuk telepon atau lingkungan tertentu mungkin terdengar tidak biasa jika Anda menggunakannya dalam situasi lain.

Biasanya untuk mengantisipasi hal ini, diskusikan dengan perawat profesional ketika Anda sedang melakukan pemeriksaan dan mencoba alat bantu dengar untuk pertama kali. Tenaga perawat profesional akan menanyakan aktivitas Anda dan menyesuaikan jenis dan setelan alat tersebut dengan kebutuhan Anda.

Temui Profesional Pendengaran

Penting untuk diingat bahwa beberapa jenis gangguan harus dirujuk ke profesional pendengaran untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada alat bantu dengar. Jika saran diatas tidak menyelesaikan masalah atau jika ada kerusakan fisik pada alat bantu dengar Anda, silakan hubungi profesional pendengaran. Mereka dapat melakukan perbaikan dan mengirim alat bantu dengar ke pabrik untuk diperbaiki.

ABDI sebagai penyedia alat bantu dengar no 1 di Indonesia, memberi kemudahan layanan terkait masalah pendengaran maupun alat bantu pendengaran. Anda cukup menghubungi no 0800-100-2234 atau kunjungi website kami di sini untuk menanyakan segala hal terkait masalah alat bantu dengar Anda.

Sumber : https://www.starkey.com/blog/2017/06/Problems-with-my-hearing-aids

Please rate this

and share :