Barotrauma : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya
Gangguan Pendengaran Pendengaran

Barotrauma : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

5/5 (1)

Barotrauma telinga adalah suatu kondisi yang menyebabkan ketidaknyamanan telinga karena perubahan tekanan. Di setiap telinga ada tabung yang menghubungkan bagian tengah telinga ke tenggorokan dan hidung. Bagian ini juga membantu mengatur tekanan telinga. Tabung ini disebut tabung eustachius. Ketika tabung tersumbat, Anda mungkin mengalami barotrauma telinga.

Barotrauma telinga yang sesekali terjadi adalah umum, terutama di lingkungan di mana ketinggian berubah. Walaupun kondisi ini tidak berbahaya pada beberapa orang, kasus yang sering dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut. Penting untuk memahami perbedaan antara kasus akut (sesekali) dan kronis (berulang) sehingga Anda tahu kapan harus mencari perawatan medis.

Gejala Barotrauma Telinga

Jika Anda memiliki barotrauma telinga, Anda mungkin merasakan tekanan yang tidak nyaman di dalam telinga. Gejala umum, yang terjadi lebih awal atau dalam kasus ringan hingga sedang, dapat meliputi:

  • Pusing.
  • Ketidaknyamanan telinga secara umum.
  • Sedikit gangguan pendengaran atau sulit mendengar.
  • Rasa tersumbat atau penuh di telinga.

Jika berkembang cukup lama tanpa pengobatan atau kasusnya sangat parah, gejala dapat meningkat. Gejala tambahan yang mungkin terjadi dalam kasus-kasus ini termasuk :

  • Sakit telinga.
  • Merasakan tekanan di telinga, seolah-olah Anda berada di bawah air.
  • Mimisan.
  • Gangguan pendengaran sedang sampai berat atau kesulitan mendengar.
  • Gendang telinga terluka secara permanen.

Setelah dirawat, hampir semua gejala akan hilang. Kehilangan pendengaran dari telinga barotrauma hampir selalu bersifat sementara dan reversibel.

Penyebab Barotrauma Telinga

Penyumbatan tuba eustachius merupakan salah satu penyebab barotrauma telinga. Tuba eustachius membantu mengembalikan keseimbangan selama perubahan tekanan. Misalnya, menguap biasanya membuka tuba eustachius. Ketika tabung tersumbat, gejala timbul karena tekanan di telinga berbeda dari tekanan di luar gendang telinga Anda.

Perubahan ketinggian adalah penyebab paling umum dari kondisi ini. Salah satu tempat yang banyak orang alami telinga barotrauma adalah saat naik atau turun pesawat. Kondisi ini kadang-kadang disebut sebagai gangguan telinga di pesawat. Situasi lain yang mungkin menyebabkan masalah ini adalah scuba diving (menyelam), mendaki, mengemudi melalui pegunungan.

Faktor Risiko

Masalah apapun yang mungkin menghalangi tuba eustachius membuat Anda berisiko mengalami barotrauma. Orang yang memiliki alergi, pilek, atau infeksi aktif mungkin lebih mungkin mengalaminya.

Bayi dan anak kecil juga berisiko terhadap kondisi ini. Tuba eustachius anak lebih kecil dan posisinya berbeda dari tabung dewasa dan bisa tersumbat dengan lebih mudah. Ketika bayi dan balita menangis di pesawat terbang saat lepas landas atau mendarat, itu sering karena mereka merasakan efek dari barotrauma telinga.

Diagnosa

Meskipun barotrauma telinga mungkin hilang dengan sendirinya, Anda tetap harus menghubungi dokter jika gejalanya mencakup rasa sakit yang signifikan atau pendarahan di telinga. Pemeriksaan medis mungkin diperlukan untuk menyingkirkan infeksi telinga.

Penyebab berkali-kali mengalami barotrauma di  telinga dapat dideteksi melalui pemeriksaan fisik. Pandangan yang dekat ke dalam telinga dengan otoskop seringkali dapat mengungkapkan perubahan pada gendang telinga. Karena perubahan tekanan, gendang telinga mungkin didorong sedikit ke luar atau ke dalam dari tempat biasanya. Dokter Anda mungkin juga memasukkan sedikit udara (insufflation) ke dalam telinga untuk melihat apakah ada cairan atau penumpukan darah di belakang gendang telinga. Jika tidak ada temuan signifikan pada pemeriksaan fisik, seringkali situasi yang Anda laporkan yang mengelilingi gejala Anda akan memberikan petunjuk menuju diagnosis yang benar.

Perawatan

Sebagian besar kasus barotrauma telinga umumnya sembuh tanpa intervensi medis. Ada beberapa langkah perawatan diri yang dapat Anda ambil untuk bantuan segera. Anda dapat membantu meringankan efek tekanan udara pada telinga Anda dengan:

  • Menguap.
  • Mengunyah permen karet.
  • Latihan pernapasan.
  • Mengambil antihistamin atau dekongestan.

Dalam kasus yang parah, dokter Anda mungkin meresepkan antibiotik atau steroid untuk membantu dalam kasus infeksi atau peradangan.

Dalam beberapa kasus, barotrauma telinga menyebabkan gendang telinga pecah . Gendang telinga yang pecah bisa memakan waktu hingga dua bulan untuk sembuh. Gejala yang tidak berespons pada perawatan diri mungkin memerlukan pembedahan untuk mencegah kerusakan permanen pada gendang telinga.

Operasi

Pada kasus barotrauma yang parah atau kronis, pembedahan mungkin merupakan pilihan terbaik untuk perawatan. Kasus kronis telinga barotrauma dapat dibantu dengan bantuan tabung telinga. Silinder kecil ini ditempatkan melalui gendang telinga untuk merangsang aliran udara ke tengah telinga. Tabung telinga, juga dikenal sebagai tabung tympanostomy atau grommet, paling sering digunakan pada anak-anak dan mereka dapat membantu mencegah infeksi dari barotrauma telinga. Ini juga umum digunakan pada mereka yang memiliki barotrauma kronis yang sering mengubah ketinggian, seperti mereka yang perlu sering terbang atau bepergian. Tabung telinga biasanya akan tetap di tempatnya selama enam hingga 12 bulan.

Pilihan bedah kedua melibatkan celah kecil yang dibuat ke gendang telinga untuk lebih memungkinkan menyamakan tekanan. Proses bedah ini juga bisa menghilangkan cairan apa pun yang ada di telinga tengah. Celah akan sembuh dengan cepat, dan mungkin bukan solusi permanen.

Pemulihan

Ada berbagai tingkat keparahan dan jenis spesifik dari barotrauma telinga yang memengaruhi bagaimana seseorang pulih dan seperti apa proses pemulihan itu. Sebagian besar dari mereka yang mengalami barotrauma telinga akan membuat pemulihan penuh, tanpa gangguan pendengaran permanen.

Saat pulih, pasien harus menghindari perubahan tekanan yang signifikan (seperti yang dialami saat menyelam atau di pesawat terbang). Banyak kasus barotrauma akan sembuh secara spontan dan tanpa pengobatan apa pun.

Jika barotrauma disebabkan oleh alergi atau infeksi pernafasan, maka hal tersebut akan hilang  seiring diatasinya penyebab yang mendasarinya. Kasus ringan hingga sedang membutuhkan rata-rata waktu hingga dua minggu untuk pemulihan penuh. Kasus yang parah bisa memakan waktu enam hingga 12 bulan untuk pemulihan penuh setelah operasi.

Namun ketika barotrauma mengarah ke infeksi atau jika rasa sakitnya hebat dan gejalanya tidak sembuh atau memburuk, sehingga menyebabkan gangguan pendengaran secara permanen, maka Anda harus menghubungi audiolog atau tenaga profesional perawatan pendengaran utuk menemukan solusi atas hilanganya pendengaran Anda.

Sumber : https://www.healthline.com/health/ear-barotrauma#treatment

Please rate this

and share :