Rekomendasi Alat Bantu Dengar Untuk Masalah Pendengaran Ringan
Alat Bantu Dengar Solusi Masalah Pendengaran

Rekomendasi Alat Bantu Dengar Untuk Masalah Pendengaran Ringan

No ratings yet.

Alat bantu dengar merupakan komponen penting bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran baik itu gangguan ringan maupun berat. Kehilangan pendengaran bagi orang dewasa yang tidak diatasi dapat mengakibatkan kesulitan komunikasi. Hal ini dapat menyebabkan isolasi sosial dan penarikan diri, depresi serta penurunan kualitas hidup. Gangguan pendengaran juga terkait dengan peningkatan risiko demensia.

Fakta Gangguan Pendengaran Menurut WHO

Menurut data dari World Health Organization (WHO 2008), gangguan pendengaran adalah beban penyakit global ke-13 yang paling umum diderita oleh semua masyarakat di seluruh dunia. Mengatasi gangguan pendengaran diperkirakan akan dapat membantu 360 juta orang secara global (5,3% dari populasi dunia) untuk hidup lebih baik. 

Mayoritas penderita gangguan pendengaran (92%) adalah mereka yang didefinisikan mengalami gangguan tingkat ringan atau sedang. Gangguan pendengaran ringan diindikasikan jika ambang batas pendengarannya sebesar 26 hingga 40 dB. 

Penanganan Gangguan Pendengaran Ringan

Tidak ada perawatan medis atau bedah yang efektif untuk gangguan pendengaran sensorineural ringan hingga sedang. Sehingga perawatan yang utama adalah penggunaan alat bantu dengar yang sesuai sedini mungkin. 

Perangkat pendengarab dikelompokkan berdasarkan tempat dimana mereka digunakan (misalnya di belakang telinga (BTE), di dalam telinga (ITE), di dalam liang telinga (ITC)). Atau diklasifikasikan oleh teknologi mereka (yaitu analog, semi analog yang dapat diprogram secara digital, atau alat bantu dengar digital). Alat ini biasanya dipasang oleh para profesional kesehatan yang telah dilatih sebagai audiolog atau ahli pendengaran dan alat bantu dengar.

Perangkat ini biasanya di program berdasarkan dari hasil pemeriksaaan pendengaran serta mengikuti kebutuhan pendengaran masing-masing pengguna.

Penggunaan perangkat ini tidak serta merta mengembalikan fungsi pendengaran. Dibutuhkan waktu untuk beradaptasi dan konsitensi dari pengguna untuk selalu menggunakannya setiap hari.

Penggunaan alat dengar yang konsisten sangat membantu bagi penderita gangguan pendengaran ringan untuk dapat hidup lebih baik. Paling tidak, dengan menggunakan perangkat pendengaran, maka gangguan pendengarannya tidak akan semakin memburuk di kemudian hari.

Dimana Dapat Memperoleh Alat Bantu Dengar yang Sesuai?

Jika Anda belum melakukan tes pendengaran atau belum menemukan tempat untuk melakukan konsultasi terkait gangguan pendengaran,  namun sudah merasa memiliki gejala gangguan ringan, maka Anda bisa menghubungi ABDI di sini.

Kami menyediakan berbagai model alat bantu dengar lengkap sesuai dengan kebutuhan pendengaran Anda yang unik. Para profesional pendengaran ABDI akan selalu siap membantu Anda menemukan solusi pendengaran terbaik.

Sumber : https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD012023/full

Please rate this

and share :