Telinga Berdenging Secara Tiba-Tiba, Apa Penyebabnya?
Tinnitus

Telinga Berdenging Secara Tiba-Tiba, Apa Penyebabnya?

No ratings yet.

Kondisi telinga berdenging secara tiba-tiba mungkin sering dikaitkan dengan hal-hal supranatural seperti suatu pertanda tertentu. Namun tahukah Anda, telinga berdenging itu merupakan kondisi medis yang biasa disebut tinnitus. 

Penyebab utama kondisi ini adalah karena telah mendengar suara yang terlalu keras dalam waktu lama. Selain itu denging di telinga bisa menjadi pertanda dari penyakit ringan seperti infeksi telinga, banyaknya kotoran di telinga, hingga rasa cemas atau stres. Penyakit serius yang ditandai dengan telinga yang sering berdenging adalah adanya tumor di kepala atau leher, tekanan darah tinggi, hingga penyempitan pembuluh darah.

Penyebab Telinga Berdenging Secara Tiba-Tiba

Tekanan Darah Tinggi

Gangguan seperti tekanan darah tinggi, stres, ataupun gaya hidup yang kurang sehat dapat menimbulkan adanya masalah pada organ pendengaran. Dimana orang yang mengalami gangguan pada organ pendengarannya akan mengalami beberapa gejala seperti denging di telinga ataupun pendengaran yang mulai menurun. Sehingga kebanyakan orang yang menderita tekanan darah tinggi akan mengalami penurunan kinerja pada organ pendengarannya termasuk telinga yang berdenging.

Penyumbatan Kotoran Telinga

Telinga berdenging sebelah kanan bisa disebabkan oleh menumpuknya kotoran telinga. Sebenarnya ini berfungsi untuk melindungi saluran telinga. Keberadaannya dapat memperlambat pertumbuhan bakteri sehingga mengurangi resiko infeksi yang dapat terjadi di telinga bagian dalam. Namun jika kotoran telinga terus menumpuk, tentu kondisi ini dapat menimbulkan adanya penyumbatan pada saluran telinga itu sendiri. Akibatnya bisa saja terjadi gangguan pendengaran, iritasi, hingga masalah seperti tinnitus.

Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah gangguan yang terjadi pada organ telinga yang diakibatkan adanya penumpukan zat atau kelebihan kolesterol di dalam aliran darah yang dekat dengan telinga sehingga elastisitas tulang lunak pada telinga bagian dalam menjadi berkurang. Kondisi seperti ini biasanya dialami oleh mereka yang sudah memasuki usia lanjut. Dimana struktur tulang dalam telinga menjadi kaku sehingga menimbulkan beberapa gejala yang salah satunya telinga kiri ataupun kanan berdenging.

Tinnitus

Tinnitus adalah persepsi kebisingan atau dering di telinga kiri maupun kanan. Masalah umum tinnitus mempengaruhi sekitar 15 – 20% orang. Meskipun mengganggu, tinnitus biasanya bukan pertanda sesuatu yang serius. Meskipun dapat memburuk dengan bertambahnya usia, bagi banyak orang, tinnitus dapat membaik dengan pengobatan. Mengobati kemungkinan adanya penyakit yang menjadi penyebab dasar terjadinya tinnitus terkadang cukup membantu.

Pengobatan Untuk Telinga Berdenging

Obat telinga berdenging sebelah kanan maupun kiri tergantung pada penyebab terjadinya kondisi tersebut.

Jika disebabkan kotoran telinga yang menumpuk, maka dokter akan membuang kotoran telinga sehingga denging di dalam telinga Anda akan teratasi.

Jika disebabkan oleh infeksi, dokter akan meresepkan obat untuk meredakan infeksinya. Anda juga mungkin harus menjalani operasi jika memang terdapat tumor yang menjadi penyebab tinnitus Anda.

Perubahan gaya hidup untuk meredakan stres, juga bisa mencegah kondisi ini. Selain itu, hindari juga aktivitas yang membuat Anda terpapar suara bising yang terus menerus.

Alat bantu dengar juga bisa membantu penderita tinnitus dengan beberapa fitur yang terdapat didalamnya.

Kadang kala, Anda tidak perlu mengkonsumsi obat apapun untuk menyembuhkan tinnitus ini. Denging yang Anda rasakan setelah menghadiri satu konser, misalnya, akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan apapun.

Sayangnya, tidak semua penyebab tinnitus ini ada obatnya. Telinga berdenging yang diakibatkan paparan suara terlalu keras, misalnya, hanya bisa ditangani dengan terapi atau alat bantu dengar. Sekali pendengaran sudah rusak, maka kondisi itu tidak akan bisa normal kembali.

Jika Anda membutuhkan arahan khusus, informasi atau perawat profesional kesehatan pendengaran untuk masalah telinga berdenging, pastikan Anda menghubungi kami di sini.

Sumber : https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinnitus/symptoms-causes/syc-20350156

Please rate this

and share :