Telinga Berdenging Setelah Menonton Konser
Tinnitus

Telinga Berdenging Setelah Menonton Konser

No ratings yet.

Kita semua memiliki pengalaman telinga berdenging setelah terpapar suara bising dalam waktu yang cukup lama. Seperti saat menonton pertunjukan kembang api atau konser rock. Dan memang setelah terpapar suara bising dalam waktu yang lama, akan ada beberapa gangguan pendengaran sementara. Biasanya setelah 16-18 jam, pendengaran akan kembali ke tingkat sebelum terpapar suara bising tersebut. Namun dering di telinga, juga dikenal sebagai tinitus, dapat berlangsung selama beberapa hari.

Gangguan pendengaran “sementara” seperti itu, juga dikenal sebagai “Pergeseran Ambang Batas Sementara” (temporary treshold shift) atau TTS. Hal ini merupakan efek samping dari paparan suara atau musik keras yang tidak berbahaya. Lagipula, hal tersebut juga dapat membaik dengan sendirinya. 

Namun meskipun TTS nampaknya akan membaik dengan sendirinya, para peneliti memutuskan untuk tetap mempelajarinya secara rinci. Dengan harapan bahwa itu bisa menjadi prediktor gangguan pendengaran permanen.

Jadi, Apakah Telinga Berdenging dan TTS Tidak Berbahaya?

Dengan adanya bukti dari badan penelitian saat ini, cukup adil untuk menyimpulkan bahwa TTS tidak jinak dan tidak menarik seperti yang pernah kita pikirkan. Walaupun benar bahwa tes pendengaran seseorang akan kembali ke tingkat pra-paparan dalam kebanyakan kasus setelah pergi ke konser rock, kita perlu menyadari kemungkinan bahwa saraf yang mengambil impuls suara ke otak mungkin akan  memiliki beberapa disfungsi .

Pencegahan kehilangan pendengaran, baik dengan cara menghindar dari  paparan yang moderat terhadap suara keras atau menggunakan perlindungan pendengaran, merupakan prinsip dasar untuk program kesehatan pendengaran.

Sebagai salah satu tindakan pencegahan lainnya, Anda bisa mencoba aplikasi “tes gangguan pendengaran sementara” yang saat ini telah dikembangkan. Dengan aplikasi ini seseorang dapat mengukur ambang pendengarannya pada 6000 Hz (tepat di atas nada teratas pada piano) sebelum paparan kebisingan atau musik, dan sekali lagi, setelah paparan. 

Namun jika masih memiliki keraguan dan ingin segera berkonsultasi mengenai kemungkinan tersebut, Anda bisa menghubungi ahli profesional perawatan pendengaran di area terdekat dari wilayah Anda tinggal dengan klik di sini. Paparan suara keras dalam konser berpotensi merusak pendengaran. Segala tindakan pencegahan gangguan pendengaran yang Anda lakukan akan sangat berguna bagi Anda.

Sumber : https://findhearing.com/concert-tinnitus-hidden-hearing-loss/

Please rate this

and share :