Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Pendengaran
Pendengaran

Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Pendengaran

5/5 (1)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018 di Journal of Nutrition, terdapat tiga pola makan yang berkontribusi pada kesehatan pendengaran, serta risiko gangguan pendengaran sebesar kurang lebih 30%. Ketiga pola makan atau diet tersebut adalah pola makan mediterania alternatif, diet untuk menghentikan hipertensi, dan indeks makanan sehat alternatif. Pola makan ini menekankan asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi; dan menurunkan asupan natrium, gula tambahan, serta lemak jenuh. 

Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Pendengaran

Terdapat beberapa jenis makanan yang dipercaya dapat memelihara pendengaran kita. Diantaranya sebagai berikut :

  • Buah-buahan dan sayuran
  • Makanan tinggi beta-karoten dan folat atau makanan yang berwarna orange gelap seperti wortel atau blewah dan sayuran berdaun hijau seperti daun arugula, daun kale, dan bayam
  • Asam lemak omega-3, seperti ikan

Makanan-makanan ini mampu meningkatkan kesehatan pendengaran karena mereka dapat meningkatkan aliran darah ke koklea pada telinga bagian dalam. Dimana didalam koklea ini terdapat sel-sel rambut kecil yang bertugas mengirimkan impuls listrik yang telah ditafsirkan oleh otak sebagai suara. Mereka juga dapat membantu melindungi dari penurunan fungsi koklea terkait penambahan usia. 

Makanan yang Harus Dibatasi 

  • Karbohidrat. Seperti nasi putih, kentang, dan pasta
  • Gula tambahan

Makanan tinggi karbohidrat meningkatkan kadar glukosa darah yang dapat berdampak negatif pada pendengaran. Hal ini dapat merusak pembuluh darah kecil di telinga.

Penelitian menyarankan untuk mengisi setengah piring Anda dengan buah-buahan dan sayuran, terutama yang kaya akan beta-karoten atau folat. Setidaknya seperempat piring harus mengandung protein. Sebuah analisis yang diterbitkan pada tahun 2020 di jurnal Ear and Hearing menemukan bahwa protein yang cukup mengurangi risiko tinnitus atau dering di telinga yang mungkin menandakan gangguan pendengaran.

Ingin mengetahui lebih banyak? Ajukan pertanyaan Anda disini. Petugas kami akan memberikan informasi yang mungkin Anda butuhkan terkait kesehatan pendengaran Anda.

Sumber :

https://www.hearinghealthassoc.com/hearing-health-associates-va-blog/2021/9/14/hearing-helping-foods

 

Please rate this

and share :