Apa itu Gangguan Pendengaran Sensorineural?
Gangguan Pendengaran

Apa itu Gangguan Pendengaran Sensorineural?

No ratings yet.

Gangguan pendengaran sensorineural adalah jenis masalah pendengaran yang jauh lebih umum. Mempengaruhi sekitar 9 dari 10 orang dengan gangguan pendengaran. Memiliki gangguan pendengaran sensorineural berarti ada kerusakan baik pada sel-sel rambut kecil di telinga bagian dalam Anda (dikenal sebagai stereocilia). Atau pada jalur saraf yang mengarah dari telinga bagian dalam Anda ke otak. Biasanya jenis gangguan pendengaran ini mempengaruhi kedua telinga. Setelah Anda mengalami gangguan jenis ini, Anda memilikinya selama sisa hidup Anda. Gangguan ini bisa ringan, sedang, berat atau sangat berat.

Penyebab Umum Gangguan Pendengaran Sensorineural

Penyebab gangguan pendengaran jenis ini umumnya diurutkan menjadi dua kategori:  didapat atau  bawaan. Kebanyakan orang mengalami gangguan pendengaran sensorineural yang didapat selama proses hidup. Penyebab dapat meliputi:

  • Penuaan : Salah satu kondisi paling umum dari bertambahnya usia adalah presbikusis, atau gangguan pendengaran terkait usia , mempengaruhi satu dari tiga orang Amerika antara usia 65-74 tahun. Karena jenis kehilangan ini terjadi seiring waktu, biasanya di kedua telinga, kadang-kadang sulit untuk diperhatikan.
  • Kebisingan : Gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kebisingan  (NIHL) dapat disebabkan oleh paparan suara keras satu kali, seperti ledakan atau tembakan , atau dari suara yang lebih keras dari 85 desibel (dB) selama periode waktu yang lama. Jika Anda harus berteriak agar didengar atau telinga Anda berdering setelah menghadiri konser langsung atau ballgame, kesehatan pendengaran Anda berisiko.
  • Penyakit dan infeksi : Infeksi virus — termasuk campak, meningitis, dan gondong — dapat menyebabkan gangguan pendengaran sensorineural. 
  • Trauma kepala atau akustik : Kerusakan pada telinga bagian dalam Anda juga dapat disebabkan oleh pukulan pada kepala atau paparan suara yang sangat keras, seperti ledakan. Banyak veteran mengalami ini karena waktu yang mereka habiskan di sekitar senjata api, artileri dan mesin jet.
  • Tumor : Contoh tumor umum yang dapat mempengaruhi pendengaran termasuk neuroma akustik  dan kolesteatoma, pertumbuhan kulit yang abnormal di telinga tengah.
  • Obat-obatan : Lebih dari 200 obat dan bahan kimia bersifat  ototoksik, atau merusak kesehatan pendengaran Anda. Beberapa yang diketahui menyebabkan kerusakan permanen termasuk beberapa jenis antibiotik, obat antiinflamasi dan obat kemoterapi kanker.

Gangguan Pendengaran Sensorineural Bawaan

Gangguan pendengaran sensorineural kongenital terjadi selama kehamilan. Kasusnya jauh lebih jarang terjadi. Beberapa penyebab termasuk prematuritas, diabetes ibu, kekurangan oksigen selama kelahiran, genetika, dan penyakit menular yang ditularkan dari ibu ke anak di dalam rahim, seperti rubella. 

Berkat skrining bayi baru lahir , beberapa anak yang lahir dengan gangguan pendengaran sensorineural segera didiagnosis dan dirawat dengan alat bantu dengar atau implan koklea sesegera mungkin untuk membantu perkembangan bahasa.  

Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Cara Anda Mendengar?

Gangguan pendengaran sensorineural mempengaruhi kenyaringan dan kejernihan suara yang Anda dengar. Anda juga dapat mengalami serangkaian suara yang dirasa kurang nyaman. Artinya, suara lembut dan normal terlalu lembut, tetapi suara keras sangat cepat menjadi terlalu keras dan mungkin benar-benar mengganggu Anda. (Dalam istilah audiologis, ini dikenal sebagai “perekrutan.”)

Gangguan pendengaran sensorineural dapat mempengaruhi semua rentang pendengaran. Namun, bagi orang dengan gangguan pendengaran terkait usia, biasanya mengalami apa yang dikenal sebagai gangguan pendengaran frekuensi tinggi , yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan untuk mendengar suara bernada tinggi.

Banyak orang dengan gangguan pendengaran sensorineural melaporkan bahwa mereka dapat mendengar tetapi kesulitan untuk memahami pembicaraan . Ini terutama benar di hadapan kebisingan latar belakang, dan itu bisa membuat frustasi dan melelahkan untuk dihadapi.

Perawatan yang Tepat

Paling sering,  perawatan yang disarankan adalah alat bantu dengar yang  diprogram untuk gangguan pendengaran unik Anda. Hanya memperkuat semua suara tidak akan membantu Anda mendengar lebih baik karena beberapa suara masih akan terdistorsi. Pengujian dan pemasangan yang tepat sangat penting. 

Dalam beberapa kasus — terutama jika gangguan pendengaran parah atau berat — implan koklea  mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. 

Jika Anda menduga Anda mengalami ini, langkah pertama adalah lakukan pemeriksaan pendengaran yang menyeluruh dari seorang profesional kesehatan pendengaran yang berkualifikasi. Mereka dapat bekerja dengan Anda untuk menentukan penyebab dan tingkat gangguan pendengaran Anda, serta mengembangkan rencana individual untuk mengobatinya. Untuk menemukan profesional pendengaran di klinik di wilayah Anda,  kunjungi direktori klinik ini.

Sumber : https://www.healthyhearing.com/report/50276-Common-causes-of-sensorineural-hearing-loss

Please rate this

and share :