Auditory Processing Disorder APD Pada Anak Gejala Penyebab Dan Peran Orang Tua
Gangguan Pendengaran

Auditory Processing Disorder (APD) pada Anak: Gejala, Penyebab, dan Peran Orang Tua

5/5 (1)

Auditory Processing Disorder (APD) atau kelainan pemrosesan auditori juga dikenal sebagai Central Auditory Processing Disorder (CAPD) yakni gangguan pendengaran yang menimpa sekitar 5% anak usia sekolah. Anak-anak dengan kondisi ini tidak dapat memproses apa yang mereka dengar dengan cara yang sama seperti yang dilakukan anak-anak lain karena telinga dan otak mereka tidak sepenuhnya berkoordinasi. Ada sesuatu yang mengganggu jalannya otak dalam mengenali dan menafsirkan suara, terutama ucapan. Dengan terapi yang tepat, anak-anak yang mengalami APD bisa sukses di sekolah dandi kehidupannya. Oleh sebab itu, diagnosis dini itu penting karena jika APD terlambat dideteksi, seorang anak bisa mengalami keterlambatan bicara dan bahasa atau masalah belajar lain di sekolah.

Kesulitan Memahami Ucapan

Anak-anak dengan APD diperkirakan dapat mendengar secara normal karena biasanya mereka dapat mendengar suatu suara yang disampaikan di lingkungan yang sangat sepi. Masalahnya adalah mereka biasanya tidak mengenali perbedaan kecil antara suara dalam kata-kata yang hampir mirip, bahkan saat suaranya keras dan cukup jelas untuk didengar. Masalah seperti ini biasanya terjadi bila ada kebisingan sebagai latar belakang suara yang sering terjadi dalam situasi sosial. Sehingga, anak-anak dengan APD  mengalami kesulitan untuk memahami apa yang dikatakan kepada mereka saat berada di tempat yang bising seperti taman bermain, acara olahraga, kafetaria sekolah, dan pesta.

Gejala

Gejala APD bisa berkisar dari ringan sampai parah dan bentuknya juga bermacam-macam. Jika Anda berpikir anak Anda mungkin memiliki masalah dalam memproses suara, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

  • Apakah anak Anda mudah terdistraksi atau terganggu oleh suara keras yang terjadi secara tiba-tiba maupun tidak?
  • Apakah lingkungan yang bising mengganggu anak Anda?
  • Apakah perilaku anak Anda membaik dalam suasana yang lebih tenang?
  • Apakah anak Anda mengalami kesulitan mengikuti petunjuk baik yang sederhana maupun yang rumit?
  • Apakah anak Anda memiliki kesulitan membaca, mengeja, menulis, atau berbicara bahasa lainnya?
  • Apakah anak Anda sangat tidak rapi dan pelupa?
  • Apakah anak Anda kesulitan mengikuti percakapan?

Penyebab

Seringkali, penyebab APD anak tidak diketahui. Namun beberpa bukti menunjukkan bahwa trauma kepala , keracunan timbal , dan infeksi telinga kronis disebut-sebut sebagai penyebabnya. Terkadang, penyebabnyanya bisa lebih dari satu.

Diagnosa

Jika menurut Anda anak Anda mengalami gangguan pendengaran atau kesulitan dalam memahami orang yang berbicara, mintalah audiolog (spesialis pendengaran) memeriksa anak Anda. Hanya audiolog yang bisa mendiagnosis gangguan pendengaran. Audiolog mencari lima area masalah utama pada anak-anak dengan APD:

  1. Masalah Auditory figure-ground: Ini adalah ketika anak tidak dapat memperhatikan jika ada kebisingan pada latar suara. Ruang kelas yang berisik dan berantakan juga dapat membuatnya sangat frustrasi. 
  2. Masalah Auditory memory: Ini adalah ketika anak mengalami kesulitan dalam mengingat informasi seperti petunjuk arah, daftar, atau bahan belajar. Ini bisa seperti: “Saya tidak ingat sekarang”.
  3. Masalah Auditory discrimination: Ini ketika anak mengalami kesulitan mendengar perbedaan antara kata atau bunyi yang serupa seperti “minum” dan “cium”. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak dalam membaca, mengeja, dan menulisnya.
  4. Masalah Auditory attention: Ini ketika anak tidak dapat fokus ketika mendengarkan cukup lama untuk menyelesaikan tugas seperti mendengarkan penjelasan guru di sekolah. Anak-anak dengan CAPD sering mengalami kesulitan menjaga perhatian mereka.
  5. Masalah Auditory cohesion: Kemampuan n kohesi auditori seperti menarik kesimpulan dari percakapan, menjawab teka-teki, atau memahami masalah matematika verbal – memerlukan pemrosesan pendengaran dan tingkat bahasa yang cukup tinggi.

Karena sebagian besar tes yang dilakukan untuk memeriksa APD mengharuskan seorang anak berusia minimal 7 atau 8 tahun, banyak anak tidak terdiagnosis sampai umur tersebut.

Membantu anak di rumah

Strategi yang diterapkan di rumah dan sekolah dapat membantu beberapa masalah perilaku anak yang terkait dengan APD. Anak-anak dengan APD sering mengalami kesulitan dalam mengikuti petunjuk, jadi beberapa saran berikut akan membantu anak Anda:

  • Sebisa mungkin kurangi kebisingan yang menjadi latar suara baik di rumah maupun di sekolah
  • Minta anak Anda melihat Anda saat Anda berbicara
  • Gunakan kalimat sederhana dan ekspresif
  • Bicara pada anak dengan sedikit lebih lambat dan pada volume yang sedikit lebih tinggi
  • Minta anak Anda untuk mengulangi petunjuk yang Anda sampaikan dengan lengkap
  • Ajarkan anak Anda untuk mengenali lingkungan yang bising dan pindah ke tempat yang lebih tenang jika diperlukan 
  • Pertahankan gaya hidup yang damai dan teratur
  • Tetapkan tugas secara rutin dan realistis, termasuk menjaga kamar dan meja agar selalu rapi

Membantu anak di sekolah

Sebagai orang tua, pastikan untuk memberi tahu guru dan pejabat sekolah lainnya tentang APD yang dialami anak Anda dan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pembelajarannya. Anak-anak dengan APD biasanya tidak dimasukkan ke dalam program pendidikan khusus, namun Anda mungkin mendapati bahwa anak Anda memenuhi syarat untuk mengikutsertakan anak Anda dalam sekolah bagi ‘anak  berkebutuhan khusus’. Beberapa hal yang mungkin bisa membantu anak Anda ketika berada di sekolah a ntara lain: 

  • Mengubah tatanan tempat duduk sehingga anak Anda bisa duduk di depan kelas atau dengan membelakangi jendela
  • Sediakan alat bantu belajar, seperti tape recorder atau catatan yang bisa dilihat secara online
  • Atur komputer yang ada dengan memasukkan program bantuan komputer yang dirancang untuk anak-anak dengan APD.

Selain itu, Anda juga harus tetap berhubungan teratur dengan pejabat sekolah tentang kemajuan anak Anda. Salah satu hal terpenting yang bisa dilakukan kedua orang tua dan guru adalah mengakui bahwa APD itu nyata.Gejala dan tingkah lakunya bukanlah sesuatu yang bisa dikendalikan anak. Apa yang dapat dikendalikan anak adalah mengenali masalah yang terkait dengan APD dan menggunakan strategi yang direkomendasikan di rumah dan di sekolah.  Anak-anak dengan APD bisa menjadi sama suksesnya dengan teman sekelas lainnya jika sebagai orang tua Anda tak lelah membantu dan bersikap realistis. 

Bantu anak Anda dengan mengkonsultasikan ADP ke audiologis terpercaya di kota Anda di sini

Please rate this

and share :