Mengatasi Tinnitus Melalui Latihan dan Terapi
Tinnitus

Mengatasi Tinnitus Melalui Latihan dan Terapi

5/5 (1)

Perawatan tinnitus atau telinga berdenging dapat melibatkan intervensi medis atau pengobatan alami. Meskipun tidak ada obat untuk tinnitus, ada beberapa cara untuk mengelola kondisi ini dengan lebih baik.

Tinnitus dapat terjadi secara permanen pada sekitar 25% penderitanya. Dalam banyak kasus, mengatasi penyebabnya dapat membantu meringankan gejala. Metode perawatan mungkin termasuk konsumsi antibiotik, menghilangkan kotoran telinga, mengganti obat-obatan atau dosis, mengobati penyakit neurologis tertentu. Kemudian bisa juga melakukan pembedahan untuk memperbaiki masalah persendian, pergi untuk konseling stres atau depresi, dan mengatasi masalah pada gigi. Tinnitus dapat diatasi sesuai dengan penyebab itu sendiri. Latihan juga telah terbukti menjadi pilihan perawatan yang efektif.

Baca juga : Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tinnitus

Terapi Untuk Mengatasi Tinnitus

  • Terapi suara. Tujuan terapi suara adalah untuk mengisi keheningan dengan suara-suara netral untuk mengalihkan perhatian pasien dari tinnitus. Ini bisa sesederhana membuka jendela atau membiarkan TV atau radio menyala.
  • Cognitive behavioral therapy (CBT). Sering digunakan untuk kegelisahan atau depresi. Jenis terapi ini berfungsi untuk melatih pikiran yang diyakini dapat mengubah cara berperilaku. Pada tinitus, tujuannya adalah melatih kembali pikiran Anda untuk mengurangi stres dan kecemasan tentang tinitus.
  • Terapi pelatihan ulang tinnitus (TRT). Ini adalah jenis terapi khusus yang membantu melatih otak dalam merespons tinnitus. Sehingga Anda bisa lebih mampu mengabaikan suara denging.
  • Terapi musik. Khususnya musik klasik, dapat menenangkan dan meredakan reaksi pasien terhadap tinnitus.
  • Terapi akustik. Enam jenis utama terapi akustik adalah: generator suara, instrumen tinitus, alat bantu dengar, tablet atau generator suara portabel, dan terapi musik.
  • Biofeedback dan neurofeedback. Teknik ini menghubungkan pasien dengan elektroda yang mengirim sinyal ke komputer. Kemudian menampilkan sinyal visual atau pendengaran yang menunjukkan stres, tekanan darah, detak jantung, dan gelombang otak. Pasien kemudian didorong untuk mengatur tubuh mereka berdasarkan sinyal-sinyal ini untuk mengurangi stres dan faktor lainnya. Seiring waktu, ini mengajarkan pasien untuk mengontrol fungsi tubuh mereka.

Latihan Khusus untuk Menghilangkan Gejala Tinnitus

Latihan 1: Duduk tegak dan turunkan dagu ke dada. Jalin jari-jari Anda dan letakkan tangan di belakang kepala. Lalu tarik kepala ke belakang sambil membiarkan jari-jari mencegah gerakan. Jangan terlalu memaksakan diri dan ulangi latihan ini tiga hingga lima kali sehari untuk membantu merileksasikan sumsum tulang belakang.

Latihan 2: Buka rahang selebar mungkin, dan saat dalam posisi ini, sentuh langit-langit mulut dengan ujung lidah. Gerakkan ujung lidah ke belakang ke arah amandel dan tahan selama beberapa detik. Kemudian julurkan lidah sejauh mungkin dan tahan. Ulangi latihan ini empat atau lima kali.

Latihan 3: Duduk tegak dan gerakkan dagu ke atas dan ke bawah 20 kali dengan gerakan mengangguk. Kemudian gerakkan dagu ke sisi seolah-olah menggelengkan kepala sebanyak 20kali. Ulangi latihan ini tiga kali dan berhati-hatilah agar leher tidak tegang.

Latihan 4: Berdiri di depan cermin dan pegang dagu di kedua tangan. Buka mulut lebar-lebar dan sentuh ujung lidah ke atas mulut. Perlahan-lahan gerakkan rahang ke atas dan ke bawah. Tambahkan sedikit perlawanan ke rahang dengan menggunakan tangan. Ulangi gerakan selama satu menit berturut-turut. Latihan ini dapat diulangi tiga kali sehari.

Latihan 5: Duduk tegak dan buka rahang lebar-lebar, tetapi pertahankan agar rileks. Dengan mulut terbuka, miringkan kepala ke belakang sampai Anda menatap langit-langit. Tarik napas dalam-dalam, lalu buang napas perlahan sebelum kembali ke posisi awal.

Masih ada dua latihan yang bisa Anda lakukan, yaitu latihan Rahang dan Latihan Leher. Jika semua latihan dan terapi masih belum membuat tinnitus Anda semakin membaik, Anda bisa mulai mencari tenaga perawatan profesional pendengaran di tempat terdekat di kota Anda untuk memperoleh solusi dan melakukan tes pendengaran. Ingatlah selalu bahwa pendengaran yang baik akan mempengaruhi kualitas Anda untuk hidup lebih baik. Jangan menunda untuk melakukan pemeriksaan jika gejala telinga berdenging ini sudah mulai mengganggu.

Sumber : https://www.belmarrahealth.com/tinnitus-treatment-therapies-exercises-manage-ringing-ears/

Please rate this

and share :