Pentingnya Mengobati Gangguan Pendengaran Seiring Usia
Gangguan Pendengaran

Pentingnya Mengobati Gangguan Pendengaran Seiring Usia

No ratings yet.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan pendengaran kita berkurang. Memang benar bahwa gangguan pendengaran dapat dimulai pada usia berapapun. Penelitian menunjukkan bahwa pada kebanyakan kasus, gangguan pendengaran terjadi secara bertahap dan progresif. Mulai usia paruh baya dan terus meningkat seiring berjalannya waktu. Menurut National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD), sekitar satu dari tiga orang dewasa AS berusia antara 65 – 75 tahun memiliki gangguan pendengaran. NIDCD memperkirakan bahwa sekitar setengah dari orang berusia > 75tahun memiliki beberapa tingkat gangguan pendengaran.

Penuaan Tidak Bisa Dihindari

Tubuh manusia akan mengalami penuaan karena faktor genetik dan lingkungan mendatangkan pengaruh buruk pada sel, jaringan, dan fungsi organ. Itu sebabnya proses penuaan membawa perubahan degeneratif pada kulit, tulang, jantung, pembuluh darah, paru-paru, dan saraf. Penuaan juga berdampak pada organ yang paling terkait dengan pendengaran; otak dan telinga bagian dalam kita. Meskipun proses penuaan tidak bisa dihindari, penting untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga Anda dapat terus melakukan hal-hal yang Anda sukai dan memiliki kualitas hidup yang tinggi. Menjaga kebersihan lingkungan, mengkonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tetap terlibat dalam kehidupan sosial, dapat memperlambat efek penuaan.

Baca juga : Gangguan Pendengaran Rentan Menimpa Lansia

Pendengaran yang Sehat Berasal Dari Dalam Pikiran Anda

Otak memiliki peran penting dalam proses pendengaran. Dampak penuaan pada telinga kita berhubungan langsung dengan kesehatan otak. Peran otak adalah memproses informasi yang dideteksi telinga. Otak yang kuat dan waspada mampu melakukan tugas ini dengan cepat dan efisien. Sementara otak yang terganggu oleh efek penuaan dapat mempengaruhi kemampuan kita untuk mendengar, mendengarkan, dan memahami percakapan. Efek ini meningkat ketika dikelilingi oleh kebisingan latar belakang yang berlebihan.

Studi terbaru yang didukung oleh NIDCD menemukan bahwa berusaha keras dalam mengenali kata-kata di situasi yang bising adalah masalah umum seiring bertambahnya usia. Penelitian baru menunjukkan ini mungkin karena perubahan struktural pada otak yang berkaitan dengan usia.

Telinga Juga Mengalami Proses Penuaan

Apakah dilemahkan oleh gen, radikal bebas, faktor lingkungan atau penyebab lain yang belum ditemukan; proses penuaan mempengaruhi telinga kita sama seperti organ-organ lain. Kita dilahirkan dengan satu set sel sensorik yang berfungsi secara optimal di masa muda. Tetapi struktur telinga bagian dalam ini mulai memburuk seiring waktu. Ini adalah proses yang lambat dan bertahap. Mendengarkan suara keras di tempat konser atau di tempat kerja dapat mempengaruhi kesehatan pendengaran. Sebagian besar dari kita tidak merasakan perubahan pada pendengaran. Sehingga ketika disadari gangguan pendengaran sudah memasuki dalam tahap yang cukup berat.

Menghindari Gangguan Pendengaran

Meskipun tidak ada obat untuk gangguan pendengaran, menjaga kesehatan pendengaran Anda adalah bagian penting dari merawat kesehatan seiring bertambahnya usia. Berita baiknya adalah terdapat banyak cara untuk memerangi penuaan berkaitan dengan pilihan gaya hidup. Seperti mempertahankan nutrisi sehat yang kaya vitamin dan antioksidan, olahraga teratur, dan lingkungan yang bebas asap rokok. Agar otak Anda tetap lentur, tingkatkan kekuatannya dengan beberapa senam mental. Cobalah permainan kata-kata seperti teka-teki silang dan pencarian kata. Permainan catur adalah cara yang menyenangkan untuk menjaga otak tetap bugar saat bersosialisasi. Latihan dan Yoga adalah cara yang baik untuk menjaga otak Anda tetap bekerja optimal dan fokus. Mampu mendengar dengan jelas akan membantu Anda tetap aktif baik di tubuh maupun pikiran. Jadi jangan abaikan kesehatan pendengaran Anda.

Jika Anda menderita gangguan pendengaran, hubungi kami di website ABDI untuk melakukan tes pendengaran. Kami akan bekerja dengan Anda untuk menemukan opsi perawatan yang sempurna. Alat bantu dengar dapat membantu Anda tetap tajam dan berkomunikasi secara efektif seiring bertambahnya usia, juga membantu Anda keluar dari rumah lebih banyak, dan tetap aktif. Alat bantu dengar dengan pilihan teknologi tinggi kami dapat membantu menjaga keterampilan komunikasi Anda tetap segar dan bersemangat sepanjang tahun-tahun emas Anda.

Sumber : https://www.yourhearinghealth.com/blog/treating-hearing-loss-is-an-important-part-of-caring-for-your-health-as-you-age/

Please rate this

and share :