Mengenal Penyakit Otosklerosis
Pendengaran

Mengenal Penyakit Otosklerosis

No ratings yet.

Penyakit Otosklerosis adalah jenis gangguan pendengaran yang melibatkan telinga tengah. Kondisi gangguan ini didapat dari adanya hasil dari pertumbuhan tulang yang tidak normal pada tulang pendengaran telinga bagian dalam. Yang merupakan salah satu dari 3 tulang telinga bagian dalam (tulang pendengaran) yang terlibat dalam konduksi dan amplifikasi suara. Dalam keadaan normal, ketiga tulang ini bergerak dan memiliki kemampuan memperkuat suara hingga 3 kali lipat. Sedangkan dalam  kasus Otosklerosis tulang-tulang tersebut mengalami kemacetan secara bersamaan. Sehingga mencegah gerakan yang tepat untuk memperoleh sebuah pendengaran normal.

Gejala Penyakit Otosklerosis

Gejala paling umum yang terkait dengan penyakit otosklerosis adalah gangguan pendengaran. Jenis gangguan pendengaran konduktif dan sensorik dapat terjadi. Dalam beberapa kasus kedua jenis gangguan pendengaran hadir, ini disebut gangguan pendengaran campuran.

Hilangnya mungkin bertahap dan mungkin mulai dengan ketidakmampuan untuk mendengar suara bernada rendah. Dalam kasus otosklerosis, Anda dapat kehilangan pendengaran sebesar 60 desibel, yang dapat setara dengan beberapa tingkat percakapan normal. Anda bisa sangat sulit untuk mendengar percakapan ketika terdapat kebisingan latar belakang. Tinnitus atau pusing juga dapat terjadi dengan otosklerosis.

Diagnosa

Jika dokter mencurigai Anda menderita otosklerosis, pertanyaan yang sangat spesifik tentang riwayat keluarga akan diajukan. Karena penyakit ini dapat diturunkan.

Audiogram dan timpanogram dapat digunakan oleh audiolog atau otolog untuk menentukan tingkat sensitivitas dan konduktivitas pendengaran. Sebuah CT scan dapat memberikan diagnosis definitif otosklerosis dengan menunjukkan tingkat pertumbuhan berlebih tulang yang akan membedakan gangguan ini dari penyebab lain dari gangguan pendengaran.

Dokter Anda mungkin melakukan tes lain untuk mengesampingkan kondisi serupa yang dapat menyebabkan gejala Anda sebelum mendiagnosis otosklerosis.

Pengobatan

Jika gejala otosklerosis Anda ringan, maka Anda bisa dapat menggunakan metode “tunggu dan lihat” sebagai salah satu  pilihan terbaik di mana Anda tidak melakukan apa-apa selain melakukan pemeriksaan pendengaran secara teratur.

Akan tetapi, jika gejala Anda berlanjut, pengobatan otosklerosis dapat bersifat suportif (mengobati gejala) atau menyembuhkan.  Adapun terapi suportif yang bisa Anda jalani jika mengalami gangguan pendengaran akibat otosklerosis meliputi:

  • alat bantu dengar – penguatan suara dapat membantu mengurangi tingkat gangguan pendengaran, alat bantu dengar lebih efektif dalam mengobati tipe gangguan pendengaran konduktif yang disebabkan oleh otosklerosis tetapi dapat membantu beberapa orang dengan gangguan pendengaran sensorik.
  • kalsium, fluoride dan vitamin D mungkin memiliki beberapa efek dalam mengurangi gangguan pendengaran, namun, penelitian ini kurang didukung dan tidak direkomendasikan untuk terapi suportif. Biasanya paling efektif pada tahap awal penyakit.

Meskipun tidak ada jaminan untuk penyembuhan dalam prosedur bedah, stapedektomi atau stapedotomi dapat menyembuhkan gangguan atau membantu mengurangi gejalanya. Operasi ini melibatkan pengangkatan tulang yang sakit (stapes) dan menggantinya dengan implan sintetis. Ketika pendengaran yang sukses dapat ditingkatkan selama bertahun-tahun setelah operasi.

Dalam kasus yang jarang terjadi, prosedur dapat memperburuk gejalanya, sehingga  ahli THT harus berkonsultasi tentang risiko versus manfaat dari prosedur bedah ini. Perawatan bedah biasanya hanya efektif untuk tipe gangguan pendengaran konduktif yang berhubungan dengan otosklerosis.

Jenis perawatan yang mungkin bermanfaat bagi Anda tergantung pada jenis spesifik gangguan pendengaran Anda dan tulang atau struktur telinga mana yang telah dipengaruhi oleh otosklerosis.

Jika Anda diharuskan untuk menggunakan alat bantu dengar sebagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan pendengaran akibat otosklerosis tersebut, Anda bisa menghubungi tenaga profesional pendengaran di kota Anda untuk melakukan perawatan dan memilih alat bantu yang sesuai.

Faktor Risiko

Penelitian lain menyebutkan bahwa faktor genetika juga menjadi penyebab otosklerosis, karena memainkan peran dalam pewarisan kelainan ini. Ada beberapa bukti bahwa mutasi gen yang mempengaruhi kolagen Anda dapat berkontribusi pada pengembangan otosklerosis. Penyebab genetik otosklerosis masih sedang dipelajari tetapi penelitian menunjukkan bahwa jika satu orang tua menderita otosklerosis, masing-masing anak yang mereka miliki akan mewarisi kemungkinan 50% untuk mengembangkan kondisi tersebut.

Penyebab lain tanpa pemahaman yang jelas adalah bahwa hormon yang terlibat dalam kehamilan juga dapat menyebabkan munculnya gangguan pendengaran akibat otosklerosis. Biasanya otosklerosis yang ada sering menjadi lebih buruk selama kehamilan dan berdasarkan hal ini ada teori bahwa estrogen tambahan harus dihindari atau bahwa dalam kasus dimana ada kelebihan hormon estrogen maka menggunakan penghambat estrogen mungkin bermanfaat untuk mencegah munculnya gangguan pendengaran karena otosklerosis.

Sumber : https://www.verywellhealth.com/otosclerosis-hearing-loss-1191946

Please rate this

and share :